Solusi Error print spooler service is not running di PC

Rindi Putra
8 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Solusi Error print spooler service is not running di PC

Solusi Error print spooler service is not running di PC

Berikut ini adalah Solusi untuk Error print spooler service is not running di PC atau komputer. Notifikasi error ini muncul biasanya pada saat kita akan menggunakan printer untuk mencetak dokumen atau foto dari PC. Pada cara ini praktekan saat menggunakan printer Canon type MP237 di Windows 10.

Masalah atau error ini saya dapatkan setelah menginstall beberapa sistem tambahan dan sepertinya terjadi 'conflict' sehingga membuat driver atau sistem untuk menjalankan printer tidak berjalan. Padahal sebelumnya printer bisa digunakan dengan lancar dan tanpa ada masalah.

Jadi sebelum mengikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini pastikan dulu bahwa printer anda sebelumnya pernah bisa digunakan di komputer/PC yang bermasalah ini. Jika ini penggunaan pertama, pastikan dulu driver printer telah terinstall sempurna ya.

Tidak ada jaminan cara ini akan berhasil 100% mengatasi masalah printer di PC anda. Tetapi ketika ada masalah error print spooler service is not running, cara dibawah ini selalu saya gunakan dan selalu berhasil menghilankan error tersebut. Semoga anda juga bisa berhasil mengatasi masalah/error ini dengan yang sama. 

Baca juga: Cara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office

Solusi Error print spooler service is not running di PC

  1. Pastikan printer masih dalam keadaan aktif dan terhubung ke PC
  2. Silahkan buka mode Run dengan tekan tombol: Windows + R
  3. Setelah jendela Run muncul silahkan ketik: "services.msc" kemudian klik >Enter. Halaman pengaturan services akan terbuka
    Solusi Error print spooler service is not running di PC

  4. Selanjutnya silahkan cari dan pilih pengaturan dengan nama "Print Spooler
  5. Pada menu print spooler silahkan >klik kanan kemudian pilih >Properties untuk membuka pengaturan lanjutan.
    Solusi Error print spooler service is not running di PC

  6. Pada jendela Print Spooler Properties pastikan pengaturan startup type berada di "Automatic". Jika masih berada di "disabled" atau "manual" silahkan ganti ke "Automatic" seperti gambar dibawah.
  7. Pada kolom Service status silahkan klik dulu tombol >Stop kemudian klik tombol >Start untuk memastikan bahwa sistem telah melakukan restart dan berjalan dengan normal. Jika berhasil service status akan kembali pada posisi "Running".
  8. Jika sudah kembali dalam status Running silahkan klik tombol >Apply kemudian klik tombol >OK
    Solusi Error print spooler service is not running di PC

  9. Selesai. Silahkan coba lagi print dokumen seperti biasa.

Tombil STOP Tidak Bisa di Klik?

Jika di bagian Properties tombil "Stop" gelap atau tidak bisa di klik, silahkan klik dulu tombol "Start" yang ada di sebelahnya. Dengan begitu nanti tombol Stop akan aktif, silahkan klik tombol "Stop" nya kemudian klik tombol Start lagi.

Jika masih tidak bisa di klik, coba di bagian Startup type ganti dulu pilihannya jangan di Automatic, ganti ke pengaturan selain Automatic (bebas), kemudian kembalikan lagi ke pengaturan Automatic. Seharusnya pengaturan dibawahnya juga ikut berubah. Jika masih tidak bisa silahkan beritahu saya di kolom komentar.

Lakukan restart komputer jika perlu

Sebenarnya pengaturan ini tidak memerlukan restart komputer karena sistem baru akan langsung berjalan otomatis. Tapi jika setelah melakukan perubahan masih muncul error print spooler service seperti sebelumnya, maka restart PC atau komputer sangat disarankan.

Jika perlu lakukan juga restart pada printer dengan cara nonaktifkan printer dan cabut kabel dari simber listriknya. Tunggu beberapa detik kemudian hidupkan kembali dan hubungkan ke PC seperti biasa.

Seharusnya setelah melakukan restart semua sistem akan berjalan normal di pengaturan baru.

Semoga tutorial atau solusi error print spooler service is not running ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

8 komentar

  1. rakhman
    rakhman
    Selasa, Desember 20, 2022
    sore gan, saya sudah coba cari print spooler nya tapi tidak ada di Services, di extended dan di standard nya tidak ada. yang ada Power dan Printer extension nya, untuk Print Spooler nya tidak ada, kalau tidak ada gitu gimana ya gan untuk memperbaiki nya ? terimakasih sebelumnya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 20, 2022
      Coba install ulang driver printer nya. Uninstall dulu terus install ulang driver printer nya. Sepertinya ada yang hilang atau tidak lengkap kalau gak ada bagian print spooler nya.
  2. Kirandra COMPUTER & CCTV
    Kirandra COMPUTER & CCTV
    Kamis, Agustus 26, 2021
    ga ada STOP nya, cm START aja
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Agustus 26, 2021
      Yasudah berarti langsung klik tombol Start, terus klik stop, terus klik Start lagi.
  3. Unknown
    Unknown
    Jumat, Mei 28, 2021
    Makasih gan.. ilmu nya sangat brmanfaat...
    Lapang rezeki dan selalu mudah urusan gan..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Mei 28, 2021
      Aamiin. Semoga agan juga dilapangkan rezekinya dan dimudahkan urusannya..
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!