Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat
Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat
Berikut ini adalah cara daftar menjadi relawan untuk menghadapi COVID-19 di Jawa Barat. Ingin ikut berkontribusi dan menjadi relawan tapi bingung caranya gimana? Silahkan simak baik - baik langkah - langkah dibawah ini.

Pemerintah provinsi Jawa Barat melalui Gubernur Ridwan Kamil saat ini telah membuka lowongan untuk relawan yang ingin berkontribusi aktif membantu pemerintah daerah Jawa Barat dalam menghadapi wabah penyakit virus corona ini.

Jangan tiba - tibah hilang!

Perlu diingatkan, penerimaan relawan ini tidak serta merta menerima semua aplikasi yang masuk, tetapi akan disesuaikan juga dengan kemampuan dan kebutuhan yang ada. Jadi jika anda nantinya diterima dan diminta untuk datang, jangan tiba - tiba jadi malas atau hilang (susah dihubungi).

Dalam situasi darurat seperti ini, mari kita hilangkan rasa iseng - iseng atau coba - coba. Jika anda rasa sulit untuk membagi waktu, lebih baik jangan dulu mendaftar. Apalagi kita belum tahu sampai kapan situasi darurat ini akan berakhir.

Baca juga: Daftar Website - website Resmi Informasi Covid-19 Di Indonesia


Akun Indorelawan

Sebelum daftar menjadi relawan menghadapi Covid-19 di Jawa Barat anda harus mempunyai akun Indorelawan. Jika sudah memiliki akun di Indorelawan silahkan lewati paragraf ini dan langsung ke tutorial dibawahnya.


  1. Bagi anda yang belum memiliki akun, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini:
  2. Buka website indorelawan.org 
  3. Klik tombol >Buat akun >Akun Relawan
    Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat
  4. Silahkan isi formulir yang disediakan. Pastikan anda mengisi dengan data diri yang benar dan lengkap agar mudah dihubungi.
  5. Klik tombol >Daftar
  6. Sistem akan mengirim email untuk aktivasi akun. Silahkan periksa Inbox di email anda dan lakukan konfirmasi. Biasanya anda akan disuruh klik link yang ada di email untuk konfirmasi.
  7. Selesail. Silahkan login ke halaman website indorelawan kemudian lengkapi profil dan data diri anda.

Baca juga: Cara Lengkap Mengisi Sensus Penduduk Online

Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat

Jika anda telah memiliki akun indorelawan silahlan dilanjutkan ke langkah - langkah dibawah ini untuk daftar menadi relawan menghadapi Covid-19 di Jawa Barat.

  1. Jika belum, silahkan login ke akun indorelawan anda
  2. Buka halaman khusus COVID-19 Jawa Barat di website Indorelawan dengan klik link berikut ini: https://indorelawan.org/p/pikobar
  3. Silahkan scroll atau lihat - lihat dahulu pos yang disediakan seperti Relawan Medis atau Non-Medis, dan pos - pos lainnya.
    Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat
  4. Silahkan Baca deskripsi pekerjaan dan persyaratan di setiap pos.
  5. Silahkan pilih dan buka lowongan yang sesuai dengan kemampuan anda.
  6. Klik tombol >Jadi Relawan. Halaman Pop-up berisi pertanyaan - pertanyaan akan muncul
  7. Silahkan Isi kolom - kolom pertanyaan dengan jawaban yang benar, gambarkan diri anda sebaik mungkin.
  8. Di bagian akhir silahkan masukan nomor telepon dan alamat email anda yang aktif.
  9. Pada beberapa lowongan anda diharuskan untuk mengisi Volunteering Resume,  Silahkan download, isi, kemudian upload lagi ke halaman tersebut.
  10. Setelah semua pertanyaan diisi dan persyaratan lainnya terpenuhi, silahkan klik tombol >Kirim Formulir Pendaftaran
    Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat


Sambil Menunggu pengumuman

Setelah anda mendaftar silahkan tunggu saja koordinator relawan menghubungi anda atau silahkan tetap aktif memantau halaman relawan di indorelawan untuk informasi selanjutnya.

Sambil menunggu, tetaplah 'bergerak' membantu orang - orang disekitar anda yang membutuhkan. Aktif memberikan informasi bermanfaat dan tidak menyebarkan berita - berita yang masih belum pasti kebenarannya.

Semoga tulisan cara daftar menjadi relawan menghadapi Covid-19 di Jawa Barat ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Video Google untuk para Tenaga Medis yang Sangat Menyentuh Hati

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!