Daftar Website Resmi Tentang Virus Corona COVID-19 di Indonesia

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Internet
News
Daftar Website Resmi Tentang Virus Corona COVID-19 di Indonesia
Daftar Website Resmi Tentang Virus Corona COVID-19
Berikut ini adalah daftar website resmi tentang virus corona atau disebut juga COVID-19. Banyak sekali informasi yang bersebaran di dunia maya atau bahkan di group whatsapp keluarga tentang virus corona ini, namun apakah semua informasi itu benar?

Selain website - website berita yang membahas seputar informasi terkini mengenai wabah penyakit ini, anda juga disarankan untuk membuka website - website berikut ini agar tidak terjadi miss-informasi seputar virus corona ini.

Baca juga: Video Google untuk para Petugas Medis yang Menyentuh Hati



Daftar Website Resmi Tentang Virus Corona COVID-19

Dibawah ini kami rekomendasikan 5 buah website yang bisa anda gunakan sebagai rujukan dan informasi terkini mengenai virus corona atau COVID 19 di Indonesia dan juga dunia. Anda akan mendapatkan informasi seperti data penyebaran, cara penanganan, dan informasi penting lainnya.

#1 Website Resmi Pemerintah Pusat Indonesia

https://www.covid19.go.id/situasi-virus-corona/

Dari data whois website ini baru didaftarkan pada tanggal 14 Maret 2020, jadi termasuk yang paling baru jika dibandingkan dengan website - website yang dibuat oleh pemerintah daerah seperti Jakarta dan Jawa Barat.

Walaupun telat, sepertinya website ini akan menjadi rujukan utama data perkembangan penanganan wabah COVID 19 ini. Pada halaman ini anda akan melihat update seperti jumlah pasien positif, pasien yang dirawat, pasien yang telah sembuh dan pasien yang telah meninggal.

Data tersebut tentunya diambil diambil dari data di seluruh daerah di Indonesia. Disana juga anda dapat melihat data kasus per Provinsi, berikut dengan tren penambahan kasus per hari. Dilengkapi dengan tabel (chart) yang dapat memudahkan kita untuk membaca pergerakan kasus secara umum.

#2 Website Resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

https://corona.jakarta.go.id/

Webiste yang pertama kami sarankan adalah website resmi pemerintah provinsi DKI Jakarta. Selain tentunya menggunakan bahasa indonesia, didalam website ini anda akan mendapatkan informasi - informasi penting seputar virus corona atau COVID 19 ini.

Website ini merupakan rujukan nomor satu menurut kami, walaupun sebenarnya ini website khusus mengenai wilayah DKI Jakarta jasa tetapi informasi yang ada didalamnya sangat lengkap. Mulai dari penjelasan singkat seputar virus, cara pencegahan dan juga penanganannya pun ada.

Tidak lupa juga nomor telepon atau call center tanggap COVID 19 juga selalu disebutkan. Jadi anda, jika sedang berada di wilayah jakarta tahu harus menghubungi kemana.

Baca juga: Website Resmi Corona Milik DKI Jakarta Sempat Diretas?

#3 Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat

https://pikobar.jabarprov.go.id/

Hari ini (15/03/2020) Pemprov Jawa Barat mengumumkan website pusat informasi tentang virus corona di Jawa Barat. DIdalamnya berisi data lengkap penyebaran virus korona di daerah Jabar, termasuk ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan), dan juga yang Positif.

Dituangkan dalam bentuk peta sehingga memudahkan kita untuk melihat pola penyebarannya. Selain itu, terdapat juga daftar rumah sakit rujukan, infografis, dan juga rilis pers yang berhubungan dengan kasus penyebaran virus korona ini.

#4 Website Resmi Kementerian Kesehatan

https://infeksiemerging.kemkes.go.id/

Website kedua yang bisa dijadikan rujukan adalah website resmi milik Kementerian Kesehatan. Website ini juga berisi seputar informasi mengenai virus corona dan juga penyebarannya.

Didalam website ini anda akan mendapatkan informasi - informasi resmi seperti jumlah kasus yang sedang dihadapi, berapa yang sudah sembuh, berapa orang yang telah meninggal dan data - data resmi lainnya.

Selain itu, informasi mengenai cara penanganan dan daftar rumah sakit rujukan juga tersedia di halaman website ini. Silahakan eksplorasi saja segala macam informasi yang ada, tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita.

#5 Website Resmi WHO (World Health Organization)

https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

Website terakhir yang kami anggap bisa digunakan sebagai rujukan tentunya adalah website resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Didalam website ini anda akan mendapatkan berbagai macam informasi tentang virus corona ini dalam skala global, atau seluruh dunia.

Sangat disayangkan karena website resmi WHO ini belum menyediakan versi Bahasa Indonesia, yang ada saat ini adalah versi bahasa Inggris, Spanyol, China, Arab, dll. Semoga kedepannya website WHO ini menyediakan website versi Bahasa Indonesia.

Bagi anda yang mengerti bahasa inggris tentunya ini akan memberikan anda manfaat lebih karena pengetahuan anda seputar virus corona anda dapatkan langsung dari pusat kesehatan dunia.

Baca juga: Cara Daftar Menjadi Relawan Menghadapi COVID-19 di Jawa Barat

Bagaimana dengan website lainnya?

Sebenarnya ada banyak website resmi yang bisa digunakan sebagai rujukan, namun sepertinya 5 website diatas sudah cukup ya. Adapun nantinya pemerintah daerah masing - masing membuat website serupa, silahkan gunakan sebaik mungkin.

Semoga tulisan mengenai daftar website tentang virus corona atau COVID 19 ini bermanfaat.

Ingat! Ini adalah website rujukan versi rinditech.com , jika anda memiliki website rujukan lain silahkan informasikan kepada kami di kolom komentar seperti biasa. Tetap jaga kesehatan dan tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga: Razer Akan Produksi Masker Dan Mendonasikannya ke Berbagai Negara

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!