Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Lengkap Mengisi Sensus Penduduk Online
Cara Mengisi Sensus Penduduk Online

Berikut ini adalah cara mengisi sensus penduduk online dari HP ataupun dari komputer. Dengan cara ini anda akan dapat mengisi/mengubah data kependudukan anda langsung di pusat data nasional secara instant dan tanpa perantara.

Umumnya sensus kependudukan dilakukan dengan cara wawancara oleh tim sensus dengan masyarakat. Biasanya tim sensus mendatangi rumah satu per satu dan mengajukan beberapa pertanyaan seputar kondisi keluarga.

Sekarang Pemerintah Indonesia mulai mengubah cara sensus tersebut dengan cara yang lebih modern, yaitu dengan sensus penduduk online. Walaupun nantinya sensus dengan cara wawancara akan tetap disediakan, sensus penduduk online lebih dianjurkan. Terutama bagi warga yang sudah memiliki akses internet.

Sempat ditutup sampai akhir Maret 2020 kemarin, waktu pengisian sensus penduduk online diperpanjang lagi sampai 29 Mei 2020. Selain karena ada bencana nasional saat ini, sepertinya jumlah penduduk yang mengisi secara online masih belum sebanyak yang ditargetkan. Oleh karena itu pemerintah mengaktifkannya kembali.

Baca juga: Pantau seluruh CCTV di Jalur Mudik Dengan Cara Ini

4 Tahap pengerjaan mengisi sensus penduduk online

  1. Daftar Akun di website BPS
  2. Mengisi sensus penduduk online
  3. Melengkapi data anggota keluarga
  4. Kirim & Print bukti pengisian 

Pada tutorial ini saya bagi kedalam 4 tahap pengerjaan agar mudah dipahami. Silahkan ikuti dengan baik langkah langkah tersebut dan jangan terburu - buru.

Baca juga: Cara Melihat Seluruh CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live)

1. Daftar Akun Sensus Penduduk Online di website BPS

  1. Pastikan HP/komputer anda memiliki koneksi internet.
  2. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll)
  3. Silahkan buka halaman resmi sensus penduduk dari BPS berikut ini: https://sensus.bps.go.id/login
  4. Di bagian kanan/bawah halaman terdapat kolom "Isikan NIK" dan "Isikan Nomor KK". Silahkan masukan NIK dan nomor KK anda. (Tidak wajib, tapi disarankan untuk menggunakan data NIK dan KK kepala keluarga terlebih dahulu)
  5. Jangan lupa tuliskan kode keamanan yang muncul di kolom "isikan kode". Kemudian klik >Enter atau klik tulisan >Cek Keberadaan. Halaman pop up akan muncul dan meminta anda membuat password.
  6. Silahkan buat password baru yang susah ditebak oleh orang lain namun mudah diingat oleh anda. Masukan lagi password yang sama di kolom "Ulangi password"
  7. Selanjutnya pilih satu pertanyaan keamanan yang disediakan, kemudian tuliskan jawabannya di kolom jawaban dibawahnya.
  8. Catat password dan jawaban pertanyaan keamanan yang telah dibuat (untuk jaga - jaga jika lupa). Selanjutnya klik tombol >Buat password kemudian ikuti langkah mengisi sensus penduduk online dibawah ini.
  9. Silahkan klik tombol dengan tulisan >Mulai mengisi. Halaman keterangan keluarga secara umum akan muncul.
    Cara Mengisi Sensus Penduduk Online

Setelah membuat password biasanya akan muncul pop-up dari browser (chrome) untuk menyimpan data login dan password di browser, demi keamanan data anda kami sarankan untuk tidak menyimpannya.

2. Cara Mengisi Sensus Penduduk Online

Setelah anda menyelesaikan langkah pendaftaran, anda akan otomatis masuk (login) ke akun keluarga sensus keluarga anda. Selanjutnya anda hanya perlu melengkapi data - data tentang seluruh anggota keluarga yang ada didalam satu kartu keluarga.

Umumnya data dari setiap anggota keluarga sebagian sudah terisi, data yang sudah masuk tersebut diambil dari data yang sudah tercatat di sistem pemerintah. Jadi jika data KK anda tidak berubah setidaknya satu tahun terakhir ini, maka anda hanya perlu memeriksa dan melengkapinya saja.

  1. Silahkan isi alamat tempat tinggal utama yang sekarang ditempati. Termasuk menuliskan nama jalan dan nomor rumah.
  2. Di kolom selanjutnya silahkan isi keterangan tempat tinggal keluarga. Silahkan pilih sesuai kondisi keluarga anda saat ini, atau yang mendekati.
  3. Periksa kembali data yang dimasukan. Kemudian klik tombol >Simpan Sementara di bagian atas halaman.
  4. Jika sudah disimpan sementara silahkan kembali ke akhir halaman dan klik tombol >Lanjut di bagian kanan-bawah halaman.
    Cara Mengisi Sensus Penduduk Online
  5. Pada halaman daftar anggota keluarga anda dapat menambah anggota keluarga baru dengan klik tombol >Tambah yang terletak dibawah daftar keluarga yang ada. Kemudian Silahkan masukan data diri sesuai KTP/Akta lahir (jika ada). Jika tidak ada penambahan anggota baru silahkan lewati langkah ini.
  6. Selanjutnya pada halaman daftar anggota keluarga klik tombol >Lanjut  untuk melengkapi data diri setiap anggota keluarga.
    Cara Mengisi Sensus Penduduk Online


3. Melengkapi dan Memperbaharui data anggota keluarga

Setelah menekan tombol >Lanjut pada langkah sebelumnya sistem akan melanjutkan pada halaman data diri setiap anggota keluarga, dimulai dari kepala keluarga. Pada halaman ini sebenarnya anda hanya perlu memeriksa dan melengkapi data yang belum dicantumkan.

  1. Pertanyaan pertama adalah tentang keberadaan anggota keluarga tersebut. Ada/Meninggal/Tidak diketahui keberadaannya. Silahkan pilih sesuai keadaan anggota keluarga tersebut.
  2. Nomor KK dan NIK tidak dapat dirubah, jika tidak sesuai silahkan segera lapor ke ketua RT/RW di wilayah anda.
  3. Silahkan isi jenis kelamin, tempat tanggal lahir, suku, status perkawinan, aktivitas yang biasa dilakukan, dll seperti biasa.
  4. Pada kolom pekerjaan utama silahkan ketik dan cari jenis pekerjaan yang sesuai seperti Karyawan, PNS, Pedagang, dll. Jika profesinya tidak ada didalam daftar silahkan pilih "Lainnya"
  5. Pada kolom selanjutnya (deskripsi pekerjaan), silahkan tuliskan jenis pekerjaan yang dilakukan dengan lengkap termasuk tempat kerja atau tempat usahanya. Contoh. "Berdagang di pasar kramat jati" atau "Bekerja sebagai PNS di Provinsi Jawa Barat", dll.
  6. Pada Status pekerjaan silahkan pilih yang paling sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.
  7. Periksa kembali data - data yang telah dimasukan. Jika sudah tidak ada yang salah silahkan klik tombol >Simpan sementara (kanan-atas) seperti biasa. Kemudian klik tombol >Lanjut (kanan-bawah) untuk melanjutkan mengisi/melengkapi data anggota keluarga lainnya.
    Cara Mengisi Sensus Penduduk Online
  8. Ulangi langkah diatas sampai seluruh data anggota keluarga terisi dengan lengkap dan membuka halaman Ringkasan Pengisian Sensus.

4. Kirim dan Print bukti pengisian

Setelah anda mengisi seluruh data anggota keluarga, halaman ringkasan pengisian sensus akan terbuka. Silahkan klik tombol >Simpan sementara agar data yang diisikan tidak hilang.

  1. Jika perlu, silahkan periksa kembali satu persatu data yang telah diisikan untuk setiap anggota keluarga. Jika sudah yakin terisi dengan benar, silahkan klik tombol >Kirim
  2. Halaman konfirmasi pengiriman akan muncul, silahkan klik kembali tombol >Kirim
  3. Pastikan notifikasi pop-up Berhasil muncul. Kemudian klik tombol >OK.
  4. Halaman terimakasih akan muncul. Silahkan klik tombol dengan tulisan "Unduh bukti pengisian" untuk mengunduh (download) bukti resmi pengisian sensus penduduk online dari BPS.
    Cara Mengisi Sensus Penduduk Online
  5. Silahkan simpan file/bukti tersebut di tempat yang mudah dicari di HP/komputer anda. Jika perlu silahkan langsung di print bukti tersebut.

Selesai. Anda telah berhasil mengisi sensus penduduk online langsung dari HP atau komputer anda. Simpan bukti pengisian dengan baik dan jangan lupakan password yang telah dibuat di langkah pertama.

Semoga tulisan mengenai cara mengisi sensus penduduk online ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Terimakasih. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!