Tiktok versi Youtube ini bernama Shorts, Mampukah bersaing?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
News
YouTube
Tiktok versi Youtube ini bernama Shorts, Mampukah bersaing?
Tiktok versi Youtube ini bernama Shorts, Mampukah bersaing?

Youtube dikabarkan sedang membuat aplikasi yang akan 'berhadapan' langsung dengan Tiktok. Kabar ini sudah tersebar di kalangan pengamat teknologi bahwa Tiktok versi Youtube ini sedang serius dikembangkan dan telah mempunyai nama, Shorts.

Youtube sepertinya mulai terganggu dengan keberadaan aplikasi asal China ini yang terus mendapatkan pengguna baru. Youtube dan Tiktok memang tidak bisa dibandingkan karena memiliki jenis layanan yang berbeda. Tetapi dengan pesatnya pertumbuhan pengguna baru di Tiktok tampaknya Youtube menganggap perlu melakukan 'sesuatu'.

Perusahaan sosial media Facebook juga sebelumnya dikabarkan sedang membuat aplikasi yang juga mirip Tiktok. Aplikasi tersebut bernama Lasso dan kabarnya sekarang sedang dilakukan uji coba di negara seperti Brazil.

Baca juga: Youtuber ini Mengusut Tuntas Jaringan Penipuan Online Internasional


Tiktok versi Youtube ini bernama Shorts, Mampukah bersaing?

Tidak aneh jika Youtube juga 'ikut - ikutan' membuat aplikasi berbagi video singkat seperti Tiktok. Secara umum, Youtube juga memang berkaitan erat dengan industri hiburan dan membuat aplikasi 'mirip' Tiktok pastinya sudah ditebak.

Tiktok versi Youtube sepertinya akan menyediakan lebih banyak pilihan backsound yang mereka dapatkan dari lisensi Youtube Musik yang sebelumnya telah mereka miliki. Dengan begitu, akan lebih banyak pilihan lagu di aplikasi 'shorts' jika dilihat dari galeri lagu atau musik yang telah dimiliki oleh Youtube.

Seperti yang kita tahu, layanan Youtube Musik masih menjadi 'bunde' atau paket yang bisa didapatkan dari layanan Youtube Premium. Namun seperti hal itu bukan masalah yang besar jika memang harus membagi lisensi dengan aplikasi Shorts.

Baca juga: Cara Membuat Status di Youtube - Syarat Posting, Polling, dan Video

Tiktok semakin tak terbendung

Mungkin sampai saat ini anda belum pernah menginstall aplikasi Tiktok di smartphone yang anda miliki, tetapi saya yakin anda pasti sering mendengar kata 'Tiktok' dimana - mana. Mulai dari anak - anak sekolah, artis ibu kota, sampai pada perusahaan - perusahaan media sekarang sudah ramai menggunakan Tiktok.

Dalam dua tahun terakhir Tiktok telah mengalami pertumbuhan pengguna sebanyak 125 persen, dan tampaknya angka ini akan terus bertambah seiring banyaknya pengguna baru dari kalangan artis dan media - media besar.

Bagaimana menurut anda? apakah langkah Youtube ini akan efektif membendung pertumbuhan Tiktok?

Semoga tulisan mengenai Tiktok versi Youtube ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kategori Video Youtube

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!