Dituduh mengadakan giveaway palsu, tim Esports US ARMY disemprot Twitch

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Games
News
Dituduh mengadakan giveaway palsu, tim Esports US ARMY disemprot Twitch
Dituduh mengadakan giveaway palsu, tim Esports US ARMY disemprot Twitch
Tim Esports US ARMY beranggotakan tentara aktif | Gambar: US ARMY
Dituduh mengadakan giveaway palsu, tim Esports US ARMY disemprot Twitch. Sebelumnya Twitch telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah meminta US ARMY untuk menghentikan promosi mereka di channel twitch tim esports nya karena dianggap penipuan.

Giveaway biasanya diadakan oleh youtuber atau streamer sebagai bentuk rasa terimakasih atau promosi channel nya. Tapi bagaimana kalau program giveaway juga diadakan oleh Lembaga pertahanan suatu negara? Yup! Tentara Amerika juga ternyata mengadakan giveaway dengan hadiah menarik, tapi kenapa dituduh palsu?

Sebelumnya tim marketing dari US ARMY (tentara Amerika Serikat) dituduh mengadakan giveaway palsu. Halaman giveway tersebut mengarahkan para peserta untuk mengisi formulir pendaftaran menjadi tentara amerika tanpa informasi apapun mengenai program giveaway.

Tentara Amerika punya tim Esports???

Yup! sepertinya banyak juga yang belum tahu kalau tentara Amerika memiliki tim Esports dan dibiayai oleh pemerintah Amerika. Tim Esports US ARMY ini termasuk kedalam program "marketing and engagement" dari lembaga resmi tentara Amerika Serikat.

Tim Esports US ARMY ini beranggotakan marinir atau tentara Amerika yang masih aktif bertugas. Dan mereka fokus bermain game - game perang atau battle royale seperti Call of Duty, Counter-Strike: Global Offensive, Fortnite, League of Legends, Overwatch dan Magic the Gathering.

Dituduh mengadakan giveaway palsu, tim Esports US ARMY disemprot Twitch

Karena banyak sekali laporan yang menuduh program giveaway yang diadakan tidak memiliki kejelasan, akhirnya pihak US ARMY pun diperingatkan oleh Twitch karena kegiatan giveaway itu tidak sejalan dengan peraturan dan kebijakan perusahaan (Twitch). 

Dalam promosinya memperkenalkan profesi tentara ke berbagai kalangan, termasuk para anak muda yang hobi bermain game, pihak tentara amerika mengadakan giveaway. Namun alih - alih mendapatkan hadiah, ternyata para peserta yang tertarik mengikuti program giveaway tersebut tidak mendapatkan informasi apa - apa setelah melakukan pendaftaran.

Menurut The Nation, pihak US ARMY mempromosikan landing page atau halaman utama mereka dengan menuliskan "kamu akan mendapat kesempatan memenangkan Controller Xbox Elite Series 2". Namun setelah mereka masuk ke link yang diberikan mereka hanya masuk ke halaman pendaftaran saja, dan tidak ada informasi apa - apa tentang giveaway yang dijanjikan.

Tidak ada informasi mengenai giveaway seperti sudah berapa orang yang mengikuti undian, kapan undian akan dilaksanakan, kapan pengumuman pemenang, dll. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan, terutama bagi orang - orang yang sangat mengharapkan memenagkan giveaway tersebut.


Melanggar Terms and Conditions di Twitch

Pihak Twitch juga telah mengkonfirmasi bahwa kegiatan 'giveaway' tersebut telah melanggar peraturan dan kebijakan yang ada di Twitch. 

“This promotion did not comply with our Terms, and we have required them to remove it.”

"Promosi ini tidak sejalan dengan peraturan (perusahaan) kami, dan kami telah meminta mereka untuk menghentikan (promosi) itu." -Twitch

Dari pernyataan pihak Twitch diatas, menunjukan bahwa promo 'giveaway' yang diadakan oleh pihak tentara amerika memang tidak sesuai peraturan. Dengan begitu pihak tentara amerika harus menghentikan program giveaway yang diadakan.

Bagaimanapun juga program promosi ini patut diapresiasi, ini adalah salah satu usaha lembaga pemerintah untuk mempromosikan karir sebagai marinir atau tentara. Tinggal diperbaiki saja program giveaway nya, agar orang - orang yang mendaftar tidak merasa ditipu ya.

Semoga informasi mengenai tim Esports US ARMY yang dituduh mengadakan giveaway palsu ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!