Beranda
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
XBOX
Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth
Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth

Berikut ini adalah cara pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth. Sekarang anda dapat bermain game XBOX di PC dengan menggunakan controller XBOX tanpa menggunakan kabel alias wireless.

Pastikan PC atau laptop anda telah menggunakan Windows 10 64-bit dengan update terbaru. Jika belum, silahkan update windows anda terlebih dahulu. Jika anda masih menggunakan Windows 7 atau Windows 8, kami sarankan untuk segera melakukan update ke Windows 10.

Agar dapat melakukan pairing atau menghubungkan XBOX Controller ke PC atau komputer secara wireless pastikan anda menggunakan OS dan alat dibawah ini.

  • Windows 10 64-bit (dengan update terbaru)
  • Bluetooth versi 4.0

Jika anda menggunakan bluetooth external seperti bluetooth dongle, pastikan bluetooth dongle tersebut telah menggunakan generasi terbaru atau bluetooth 4.0. Jika anda ingin membeli di toko online silahkan ketik "bluetooth 4.0" di kolom pencarian.


Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth

Berikut ini adalah langkah - langkah atau tutorial untuk pairing XBOX Controller ke PC Wireless menggunakan koneksi bluetooth. Pastikan anda menggunakan Windows 10 64-bit dengan update terbaru dan untuk PC menggunakan bluetooth versi 4.0.
  1. Pastikan baterai terpasang
  2. Nyalakan XBOX Controller anda dengan menekan tombol power (tombol dengan logo XBOX) Sampai berkedip pelan
  3. Tekan tombol pairing yang terletak di bagian depan controller (diantara LB dan RB) hingga lampu XBOX berkedip cepatCara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth
  4. Pada PC Silahkan buka pengaturan Bluetooth dengan menekan tombol Start >Settings >Devices Bluetooth atau bisa jiga dengan menekan tombol >start /Windows kemudian ketik '"Bluetooth" di kolom pengacian.
  5. Pastikan bluetooth di PC dalam keadaan menyala (ON)
  6. Kemudian klik tombol >Add bluetooth or other deviceCara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth
  7. Pilih bagian >Bluetooth hingga sistem melakukan pencarian
  8. Di PC akan muncul device baru bernama "XBOX Wireless Controller" yang siap dipairing /dihubungkan. Silahkan >Klik device XBOX yang muncul tersebut.
  9. Tunggu hingga proses connecting /pairing selesai dan notifikasi "Your device is ready to go!". Kemudian klik >DoneCara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth
  10. Pastikan lampu di XBOX Controller berhenti berkedip (still).
  11. Selesai. Anda telah berhasil melakukan pairing XBOX Controller wireless ke PC via bluetooth  

Untuk memastikan controller tersebut sudah benar - benar terhubung silahakn tekan tombol XBOX satu kali untuk memunculkan menu khsusus controller XBOX di layar PC. Jika menu tersebut muncul maka dapat dipastikan proses pairing sukses.

Bagaimana pairing selanjutnya?

Setelah anda selesai bermain dan PC dimatikan apakah harus melakukan pairing lagi seperti diatas? Jawabannya Tidak. Jika sebelumnya anda telah berhasil menghubungkan atau pairing XBOX Controller ke PC, maka controller anda akan otomatis terhubung dengan PC.

Sebelum menyalakan controller XBOX, pastikan bluetooth di PC anda telah aktif. Kemudian anda hanya perlu menekan tombol power di XBOX Controller satu kali dan stik XBOX atau controller anda akan otomatis terhubung.

Tanda XBOX Controller anda telah terhubung dengan PC bisa dilihat dari lampu di controller, jika tidak berkedip maka stik XBOX anda telah terhubung. Untuk memastikannya silahkan pencet atau tekan tombol XBOX satu kali lagi untuk memunculkan menu khusus controller di layar.

Test semua tombol

Untuk memastikan semua tombol yang ada di controller anda berfungsi dengan baik silahkan lakukan pengujian dengan langkah - langkah dibawah ini:

  1. Tekan tombol >Start
  2. Pada kolom pencarian silahkan ketik "set up usb game controllers" atau "controller"
  3. Pilih menu >Set up USB Game Controller
  4. Pada jendela Game Controllers silahkan klik >Properties. Jendela pengujian akan muncul
  5. Pada tab >Test Silahkan coba tekan tombol di Controller XBOX anda satu persatu, pastikan semua berfungsi dengan kalibrasi yang benar.Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth
  6. Jika anda memerlukan kalibrasi ulang, silahkan klik tab >Settings kemudian klik tombol >Calibrate.
  7. Jika tidak ingin melakukan kalibrasi silahkan tutup saja jendela pengujiannya dan lanjutkan bermain game.

Cara pairing XBOX Controller ke PC ini tergolong mudah karena anda tidak memerlukan software tambahan seperti emulator agar dapat menggunakan controller di PC. Hal ini memungkinkan karena Microsoft selaku pemilik XBOX telah menanamkan driver controller XBOX di Windows 10 secara default.

Semoga tulisan mengenai cara pairing XBOX controller ke PC wireless via bluetooth ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!