Beranda
Facebook
News
Tips 'n Trick
Tutorial
Begini Tampilan Dark Mode di Facebook - Caranya?
Begini Tampilan Dark Mode di Facebook - Caranya?
Facebook baru saja mengeluarkan update baru terkait desain yang digunakan. Jika dilihat dari perubahannya, ini merupakan update besar karena hampi seluruh aspek mendapat polesan baru. Termasuk mode gelap atau dark mode di facebook juga sudah disiapkan.

Saat tulisan ini dibuat, tampilan baru di facebook masih terbatas ke beberapa pengguna saja. Beruntungnya, akun facebook saya termasuk salah satu yang ditawari untuk mencoba tampilan baru tersebut, termasuk mode gelap atau dark mode di facebook.

Jika anda juga mendapat kesempatan untuk mencoba tampilan baru facebook ini, silahkan dicoba - coba juga tampilan lainnya selain fitur dark mode di facebook. Jika anda belum mendapat kesempatan, tenang saja, sepertinya tidak lama lagi fitur ini akan diberikan kepada semua pengguna.

Baca juga: Cara Dark Mode di Youtube HP dan Komputer


Begini Tampilan Dark Mode di Facebook - Caranya?

Cara untuk merubah tampilan dark mode di Facebook sangat mudah, silahkan ikuti cara singkat dibawah ini:


  1. Silahkan buka >Menu akun (Jika di PC berada di kanan-atas layar)
  2. Kemudian aktifkan menu >Dark Mode
    Begini Tampilan Dark Mode di Facebook - Caranya?
  3. Selesai. Tampilan akan otomatis berubah menjadi mode gelap atau dark mode. 


Tampilan dark mode di facebook menurut saya terasa aman - aman saja, walaupun tidak menggunakan background yang benar - benar hitam, tetapi warna gelap yang digunakan saya rasa sudah cukup. Lebih nyaman di mata, apalagi saat membukanya di tempat gelap.

Ditambah lagi, tampilan baru yang dibuat menjadi lebih sederhana membuat pengalamannya cukup berbeda. Jika dilihat dari tampilan PC, memang menu - menu yang ada terlihat lebih besar tetapi terlihat pas karena setiap menu dibuat lebih sedikit tampilannya.

Contohnya pada tab group yang diikuti, facebook hanya menampilkan 4 group saja, sisanya 'disembunyikan' di tombol 'drop down'. Begitu juga menu lainnya, semua dibuat lebih sederhana dengan menampilkan menu - menu yang inti saja.

Jika dibandingkan dengan tampilan dark mode di whatsapp, tampilan dark mode di facebook terasa lebih baik. Walaupun memang satu kepemilikan, sepertinya 'desainer' whatsapp perlu melihat contoh warna yang dipilih seperti Facebook.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp

Mobile User Oriented

Begini Tampilan Dark Mode di Facebook - Caranya?

Dengan ikon dan tulisan yang lebih besar, pihak facebook sepertinya mulai fokus kepada pengguna smartphone. Jika pada tampilan PC atau komputer dengan layar yang besar memang perbedaannya tidak terlalu terasa, namu jika anda membuka tampilan baru ini di HP maka akan terasa sekali perbedaannya.

Menu utama pun disimpan pada bagian header 'atas' layar, untuk pengguna smartphone tampilan ini sangat familiar dan seperti standar tampilan menu mobile. Begitu juga dengan menu - menu lainnya yang dibuat sederhana, agar navigasi lebih mudah.

Bagaimana Menurut Anda? Semoga tulisan ini bermanfaat. Jika anda memiliki saran atau pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Cara Melaporkan Postingan di Facebook

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!