Beranda
Microsoft
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office
Cara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office

Berikut ini adalah cara lengkap print amplop di word microsoft office. Dengan tutorial ini anda akan memahami setting atau pengaturan lengkap di microsoft word untuk print ke kertas amplop seperti yang sering digunakan oleh perusahaan - perusahaan.

Cara print amplop di word ini bisa diterapkan di Microsoft Word 2013, 2007, 2015, 2016 (atau lebih baru). walaupun ada perbedaan tampilan di Ms word jadul seperti 2007 namun pada prinsipnya sama saja, hanya beda posisi menu nya saja.

Cara mencetak di amplop ini bisa diterapkan di printer - printer umum seperti printer CANON, printer HP, dll. Tetapi ada hal yang perlu diingat, hasil cetak tergantung dari jenis amplop, kualitas tinta dan jenis printer yang digunakan.


Cara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office

Dalam tutorial atau cara print amplop di word ini kami membagi kedalam 2 tahap. Tahap pertama adalah pengaturan ukuran kertas didalam program microsoft word, tahap kedua adalah pengaturan di printer sebelum mencetak di amplop.

  1. Pilih menu >Layout
  2. kemudian buka pilihan >Size
  3. Lanjutkan dengan memilih >More Paper Sizes.. Jendela pengaturan halaman (page setup) akan terbuka
  4. Silahkan masukan ukuran amplop atau map yang akan digunakan pada kolom width (lebar) dan height (tinggi). Untuk panduan ukuran yang pas silahkan lihat di panduan ukuran amplop di bagian akhir artikel atau mengukur manual dengan penggaris. Kemudian klik tombol >OKCara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office
  5. Jika hasil memanjang kebawah silahkan ganti orientasi menjadi >Landscape di bagian Layout atau tukar ukuran lebar ke tinggi dan sebaliknya.

Baca juga: Cara Merubah Satuan Ukuran ke CM /MM /Inch di Microsoft Word 

Setelah mengatur ukuran amplop di halaman kerja, silahkan masukan desain, kop surat, atau tulisan lain yang ingin anda cetak diatas amplop. Jika sudah siap di print silahkan lanjutkan ke Proses print ke amplop dibawah.

Proses print ke amplop

Dibawah ini adalah proses pengaturan (settings) printer sebelum melakukan pencetakan ke amplop. Disini saya mempraktekannya di printer Canon, jika anda menggunakan printer lain seperti HP, Xerox, dll silahkan disesuaikan masing - masing ya. 

Akan ada perbedaan tampilan tentunya di tampilan printer lain (jika berbeda merek), namun pada dasarnya pengaturan yang harus dirubah pasti sama, beda di tampilan saja.

  1. Silahkan buka halaman print seperti biasa >File >Print (ctrl+P)
  2. Klik menu >Printer PropertiesCara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office
  3. Pada Media Type silahkan pilih >Envelope (jika tidak menemukan pengaturan ini silahkan dilewati saja, langsung ke langkah selanjutnya)
  4. Pada kolom Pinter Paper Size (ukuran kertas) silahkan pilih >Custom
  5. Masukan ukuran amplop seperti ukuran yang telah anda atur diatas (perhatikan pilihan satuan ukuran cm /mm /inch)
  6. Atur Orientation menjadi >Landscape /Portrait (tergantung posisi amplop di printer)
  7. Silahkan lanjut >print di kertas biasa / kertas bekas untuk percobaanCara Lengkap Print Amplop di Word Microsoft Office
  8. Jika sudah pas silahkan print dengan kertas amplop
Pastikan amplop yang digunakan dalam keadaan rapih dan bersih agar proses print lancar dan agar kertas tidak 'nyangkut' didalam printer.

Lakukan percobaan dan jangan lupa si simpan >Save

Untuk pengaturan pertama kali biasanya tidak akan benar - benar pas sesuai keinginan, biasanya ada saja yang tidak pas atau terbalik. Terus lakukan percobaan dengan pengaturan yang dirubah sedikit - sedikit sampai benar - benar pas.

Selain mengatur posisi kertas dan ukuran kertas di pengaturan printer, jangan lupa juga untuk melihat pengaturan lainnya seperti pengaturan warna, jumlah, dll, seperti biasanya.

Jika anda telah mendapatkan pengaturan yang pas, jangan lupa untuk menyimpan file tersebut agar tidak ribet lagi melakukan pengaturan yang sama. Jika perlu silahkan catat dibuku catatan anda apa saja yang harus dirubah agar benar - benar pas.

Dibawah ini adalah panduan ukuran untuk setiap jenis amplop yang ada di pasaran saat ini. Jika anda bingung silahkan tentukan dahulu ukuran kertas yang ingin anda masukan kedalam amplop tersebut kemudian silahkan cari jenis amplop yang sesuai dari daftar dibawah ini.

Panduan ukuran amplop sesuai tipe

Contoh: Jika anda ingin memasukan surat dengan ukuran kertas A4 di amplop putih panjang silahkan lihat ukuran amplop C6 atau C5.
  • Amplop C7: 81 x 114 mm / 3.2 x 4.5 inch. (bisa masuk kertas A7 atau kertas A6 yang dilipat dua)
  • Amplop C7/C6: 81 x 162 mm / 3.19 x 6.4 inci. (bisa masuk kertas berukuran 1/3 A5)
  • Amplop C6: 114 × 162 mm / 4.5 x 6.4 inch. (bisa masuk kertas A6 atau kertas A4 yang dilipat dua sebanyak dua kali)
  • Amplop C6/C5: 114 × 229 mm / 4.5 x 9 inch. (bisa masuk kertas berukuran 1/3 A4)
  • Amplop C5: 162 × 229 mm / 6.4 x 9 inch. (bisa masuk kertas A5 atau kertas A4 yang dilipat dua)
  • Amplop C4: 229 × 324 mm / 9 x 12.8 inci. (bisa masuk kertas A4)
  • Amplop C3: 324 × 458 mm (12.8 x 18 inci). (bisa masuk kertas A3)
  • Amplop B6: 125 × 176 mm (4.9 x 6.9 inci). (bisa masuk kertas C6)
  • Amplop B5: 176 × 250 mm (6.9 x 9.8 inci). (bisa masuk kertas C5)
  • Amplop B4: 250 × 353 mm (9.8 x 13.9 inci). (bisa masuk kertas C4)
  • Amplop E4: 280 × 400 mm (11 x 15.75 inci). (bisa masuk kertas B4)

Semoga tulisan mengenai cara lengkap print amplop di word microsoft office ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!