Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint

Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Excel, Word, PowerPoint
Berikut adalah cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, dan PowerPoint di komputer atau laptop. Dengan cara ini Anda dapat menggunakan aplikasi atau program Microsoft Office dengan mode gelap yang diklaim lebih nyaman untuk dipandang.

Pada langkah - langkah atau tutorial ini kami menggunakan versi Microsoft Office 2016 (Word 2016, Excel 2016, PowerPoint 2016, dll). Namun jangan khawatir, menurut Chris Hoffman (kontributor howtogeek.com) mode gelap atau dark mode ini juga tersedia di Microsoft Office 2013, Office 365, Microsoft Office 2019 dan versi - versi lebih baru.

Dark Theme atau dark mode ini juga dapat diterapkan di berbagai versi windows seperti Windows 7, 8, 10 dan versi terbaru. Pengaturan ini baru tersedia untuk platform atau OS Windows, untuk pengguna Mac OS dengan Microsoft Office sepertinya harus lebih bersabar ya.


Bagaimana dengan warna kertas dan font (jenis huruf)

Lalu jika kita telah menggunakan pengaturan dark mode atau grey mode (bagi yang ingin) apakah warna kerja juga akan berubah? bagaimana dengan hasilnya jika di print?. lalu bagaimana jika file tersebut dikirim ke pengguna lain?

Pada dasarnya yang berubah setelah menggunakan setting dark mode di microsoft office adalah semua bagian kecuali halaman kertas (termasuk tulisan diatasnya). Walaupun kita menggunakan mode gelap atau dark mode atau grey mode, warna kertas akan tetap dengan warna bawaan (default) yaitu putih.

Begitu juga dengan hasil cetak, karena tidak ada yang dirubah pada bagian kertas dan juga warna tinta tulisan, maka hasilnya tidak akan ada yang berubah. Begitu juga jika dikirim ke pengguna lain, di komputer lain, file akan terbuka dengan settings sesuai pengaturan di komputer masing - masing.

Lalu bagaimana cara agar kita dapat mengatur tampilan microsoft office menjadi gelap atau dark mode? silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini:

Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint

  1. Buka salah satu aplikasi Microft Office (Excel, Word, Powerpoint, dll)
  2. Buat halman baru atau buka file yang telah tersimpan (bebas, yang penting halaman utama terbuka)
  3. Buka menu >File (kiri-atas)
  4. Klik pada menu >Account
  5. Login (jika belum) dengan akun Microsoft Anda (Jika belum punya akun silahkan buat baru)
  6. Pada bagian Office Theme silahkan buka (dropdown) dan pilih Dark Grey atau Black (sesuai selera). Dark Grey akan lebih dekat ke warna tema abu - abu sedangkan untuk Black akan terlihat lebih gelap seperti tema dark mode di komputer windows.
  7. Kembali ke menu >File kemudian pilih >Options
  8. Pada bagian "General" cari kelompok "Personalize your copy of Microsoft Office"
  9. Silahkan rubah bagian Office Theme ke >Dark Grey atau >Black
    Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Excel, Word, PowerPoint
  10. Selesai. Lakukan juga pada aplikasi office lainnya.
Jika telah selesai dengan seluruh langkah diatas, silahkan terapkan cara yang sama pada aplikasi - aplikasi lainnya yang termasuk Micosoft Office.

Mengatur lembar kerja tetap putih atau ikut hitam

Pada update terbaru, windows memberikan pengaturan agar lembar kerja (kertas) juga ikut menjadi hitam jika mengaktifkan tema hitam (dark mode). Dengan lembar kerja hitam sistem juga otomatis membuat tulisan menjadi warna putih menyesuaikan dengan tema di lembar kerja.

Jika ingin merubah lembar kerja menjadi putih silahkan ikuti langkah dibawah ini.

  1. Buka menu >View
  2. Kemudian klik tombol dengan tulisan >Switch modes. lembar kerja akan berubah menjadi putih
  3. Jika ingin kembali menggunakan lembar kerja hitam silahkan klik lagi tombol >Switch modes

Tetapi jangan khawatir, warna lembar kerja hitam dan tulisan putih hanya di tampilan saja. Jika di print, tetap akan normal dengan tinta hitam dan lembar kerja putih. Jadi jika kita menggunakan dark mode dengan lembar kerja hitam, saat di print tetap akan normal seperti biasa (kertas putih, tulisan hitam).

Tidak ada pilihan Black (Hitam)

Pada beberapa akun ditemukan bahwa sebagian pengguna microsoft office tidak bisa menemukan pilihan Black (hitam) pada menu tema yang tersedia. Menurut beberapa sumber hal ini dikarenakan versi Microsoft Office yang digunakan tidak terdaftar di akun Microsoft Office 365.
Ada beberapa cara yang disarankan oleh tim IT dari Microsoft tetapi berdasarkan pantauan tim rinditech.com hampir semuanya tidak menemukan hasil (berdasarkan testimoni).
Semoga hal ini dapat segera diperbaiki di update software selanjutnya oleh tim Microsoft. Sambil menunggu, Anda masih dapat menggunakan mode Dark Grey sebagai pengganti Black, masih lebih baik jika dibandingkan dengan tetap menggunakan mode putih terang (colorful /white).

Apalagi jika dipergunakan pada malam hari, sangat membantu.

Semoga tulisan ini membantu Anda khususnya yang sedang mencari cara settings dark mode di microsoft office seperti Word, Excel, PowerPoint, dll. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa! Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. Kemarin kemarin MS word saya sudah saya setting black, terus saya iseng iseng buka seeting pilih tema dark grey d an warnna black gaada hilang sndiri, itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek lisensinya full atau tidak. Ada beberapa lisensi yang hanya bisa dark gray, belum black.

      Delete
    2. iya nih punya saya juga gaada blacknya cuma, itu karena wordnya tidak asli atau bagaimana ya?

      Delete
    3. Bisa karena word nya tidak original, bisa juga original tetapi belum dapat giliran update ke black.

      Delete
    4. Saya juga mengalami hal yang sama, office saya asli. namun tema Black hilang ketika saya iseng ganti ganti tema yang lain

      Delete
  2. Halo kak, kalo temanya black tapi lembar kerjanya tetap putih bisa tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lembar kerja tidak akan berubah, akan selalu putih walaupun tema nya diganti jadi dark mode.

      Delete
    2. punya saya kok jadi hitam juga ya kertas nya, risih banget

      Delete
    3. Sepertinya di update terbaru pengaturannya semua hitam (termasuk lembar kerja). Kalau mau tetap putih lembar kerjanya bisa dirubah di bagian View, caranya sudah saya tuliskan juga diatas ya.

      Delete
    4. Halo kak, sebelumnya saya gitu juga, temanya black tetapi lembar kerjanya hitam juga, nah cara ngatasinya gampang kak, itu disebelah kanan office themenya kan ada disable dark mode, dinyalain aja kak, terima kasih

      Delete
  3. halo kak, temanya udah hitam tapi kenapa lembar kerjanya juga ikut hitam,kalo sya sedang mengedit yang membutuhkan warna pun ikut hitam,tidak ad warna nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bawaan settingan terbaru. Kalau mau lembar kerjanya tetap putih klik tombol "Switch modes" di bagian View

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,27,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,38,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,246,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,35,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,46,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,266,Toko Online,46,Tutorial,294,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,11,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint
Cara Settings Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint
Pada dasarnya yang berubah setelah menggunakan setting dark mode di microsoft office adalah semua bagian kecuali halaman kertas (termasuk tulisan diatasnya). Walaupun kita menggunakan mode gelap atau dark mode atau grey mode, warna kertas akan tetap dengan warna bawaan (default) yaitu putih.
https://1.bp.blogspot.com/-kD2_W1M4-iM/XT8Uik4-QnI/AAAAAAAAGio/gyRshXQsNmElY8I9CJsPxZp-lkE8b8mwgCLcBGAs/s640/Cara%2BSettings%2BDark%2BMode%2Bdi%2BMicrosoft%2BOffice%2BExcel%252C%2BWord%252C%2BPowerPoint%2B2-min.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kD2_W1M4-iM/XT8Uik4-QnI/AAAAAAAAGio/gyRshXQsNmElY8I9CJsPxZp-lkE8b8mwgCLcBGAs/s72-c/Cara%2BSettings%2BDark%2BMode%2Bdi%2BMicrosoft%2BOffice%2BExcel%252C%2BWord%252C%2BPowerPoint%2B2-min.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/07/cara-settings-dark-mode-di-microsoft-office.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/07/cara-settings-dark-mode-di-microsoft-office.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content