Beranda
Microsoft
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Microsoft Office
Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Microsoft Office

Berikut ini adalah cara mengganti atau merubah ukuran kertas di word microsoft office 2007, 2010, 2013, 2016, atau lebih baru. Dengan tutorial atau langkah ini anda akan dapat merubah ukuran kertas di word ke F4, Folio, A4, A5, dll. Termasuk ukuran khusus seperti kertas undangan atau amplop.

Selain mengatur jarak (spacing) atau kerapatan baris dan ukuran huruf, hal yang tidak kalah pentingnya yaitu mengubah atau mengatur ukuran kertas yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk mengatur atau merubah ukuran kertas di word terlebih dahulu sebelum mulai mengetik laporan, menulis buku, dll.

Mengganti atau merubah ukuran kertas di word memang sangat mudah jika ukuran kertas yang diinginkan ada di pilihan utama. Namun bagaimana jika ukuran kertas yang dicari tidak ada di pilihan utama? Nah dibawah ini juga dijelaskan caranya mengatur atau merubah ukuran kertas secara manual sesuai keinginan.


Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Microsoft Office

  1. Klik menu >Layout
  2. kemudian klik tombol >Size
  3. Pilih ukuran yang diinginkan seperti A4, Legal, Letter, dll ( sampai langkah ini sebenarnya sudah selesai jika anda menemukan ukuran yang dicari, namun jika tidak ada ukuran yang diinginkan seperti F4, Folio, amplop, dll.. silahkan ikuti langkah lanjutan dibawah ini)Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Microsoft Office
  4. Untuk mengganti ukuran secara manual silahkan klik pilihan >More Paper Sizes.. (halaman 'page setup' akan terbuka)
  5. Pada tab "Paper" silahkan ganti ukuran Width (lebar) dan Height (tinggi) sesuai kebutuhan atau lihat panduan ukuran dibawah.
  6. Jika telah selesai mengatur ukuran silahkan klik tombol >OKCara Merubah Ukuran Kertas di Word Microsoft Office

Silahkan ikuti panduan ukuran dibawah ini untuk jenis kertas yang tidak ada di pilihan utama. Pada saat merubah ukuran kertas di word, perhatikan satuan ukuran yang digunakan (cm, mm, inch). Cocokan dengan pengaturan satuan yang anda gunakan di program Microsoft Office (Word) anda.

Panduan ukuran kertas yang umum digunakan

  • Ukuran kertas F4: 21 cm x 33 cm / 210 mm x 330 mm / 8.27 inch x 13.0 inch 
  • Ukuran kertas Folio: 30.4 cm x 48.2 cm / 304.8 mm x 482.6 mm / 12 inch x 19 inch
  • Ukuran kertas Letter: 21.59 cm x 27.97 cm / 215.9 mm x 279.7 mm / 8.5 inch x 11 inch
  • Ukuran kertas Legal: 21.59 cm x 35.56 cm / 215.9 mm x 355.6 mm / 8.5 inch x 14 inch
  • Ukuran kertas A4: 21 cm x 29.7 cm / 210 mm x 297 mm / 8.27 inchi x 11.69 inch
  • Ukuran Amplop Besar C6: 11.4 cm x 16.2 cm / 114 mm x 162 mm / 4.5 inch x 6.4 inch 
  • Ukuran kertas lainnya: silahkan masukan ukuran sesuai kebutuhan di kolom Width dan Height dengan mengukurnya secara manual dengan penggaris (tidak dikira - kira ya..)

Untuk ukuran amplop yang dicantumkan diatas adalah ukuran amplop putih besar yang sering digunakan perusahaan - perusahaan untuk mengirim surat resmi. Karena ukuran amplop sangat beragam kami sarankan untuk memastikannya terlebih dahulu dengan mengukur secara manual dengan penggaris ya.

Semoga tulisan mengenai cara mengganti atau merubah ukuran kertas di word microsoft office ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!


Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!