3 Produk Elektronik yang Paling Mudah Diperbaiki versi iFixit

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
News
Productivity
3 Produk Elektronik yang Paling Mudah Diperbaiki versi iFixit
3 Produk Elektronik yang Paling Mudah Diperbaiki versi iFixit
Credit: iFixit
Berikut ini adalah 3 Produk Elektronik yang Paling Mudah Diperbaiki versi iFixit. Dalam daftar ini ada 3 produk gadget /elektronik yang mudah diperbaiki secara mandiri, tanpa bantuan teknisi atau "tukang service".

iFixit adalah produk peralatan bongkar - pasang alat elektronik seperti obeng, penjepit, dll. Uniknya iFixit tidak hanya untuk para 'tukang service' tetapi lebih kepada konsumen awam yang ingin memperbaiki gadget atau alat elektroniknya sendiri.

Jadi didalam daftar ini adalah standar untuk pengguna awam seperti kita - kita, bukan untuk tukang service yang memang ahli dibidangnya. Jadi jika produk dianggap mudah diperbaiki maka mudah juga bagi kita yang belum berpengalaman.

Yang belum pernah bongkar - pasang alat elektronik pun seperti HP atau laptop, kemungkinan besar juga dapat melakukannya juga. Tentunya dengna mengikuti tutorial atau petunjuk yang ada tentang semua produk elektronik yang paling mudah diperbaiki versi iFixit ini.


3 Produk yang Paling MUDAH Diperbaiki versi iFixit

FairPhone 3

Produk pertama yang mendapat nilai sempurna adalah smartphone FairPhone 3 yang mendapatkan nilai sempurna, yaitu 10. Brand smartphone FairPhone memang masih belum familiar di Indonesia tetapi nampaknya layak menjadi perbandingan untuk produk - produk lain seperti Samsung, Apple, Xiaomi, OPPO, VIVO, dll.

Produk gadget atau smartphone ini dianggap paling mudah karena untuk melakukan bongkar - pasang HP atau smartphone ini tidak membutuhkan berbagai jenis obeng (obeng standard HP) dan juga pada bagian pemasangan produsen tidak menggunakan lem ataupun jenis perekat lain yang umumnya akan rusak saat melakukan bongkar - pasang.

Dengan kemudahan bongkar - pasang seperti diatas, maka kita sebagai pengguna akan mudah juga untuk melakukan pergantian spare part atau hal - hal lain. Minimal, kita sebagai pengguna dapat melakukan pembersihan rutin setiap tahun atau mungkin setiap bulan agar performa HP tetap terjaga.

Didalam website resminya, anda juga dapat membeli spare parts secara terpisah jika anda ingin menggantinya seperti kamera, speaker, touchscreen, dll.

Apple New MacPro

Selanjutnya ada produk terbaru dari Apple yaitu Apple New MacPro yang baru diperkenalkan akhir tahun 2019 kemarin. Desktop PC atau komputer ini dikenal karena tampilannya mirip parutan keju dan juga harga yang mahal, ternyata mendapatkan nilai 9 /10 dari sisi kemudahan bongkar - pasang.

Dibalik tampilannya yang sempat viral tersebut, ternyata perusahaan yang juga memproduksi iPhone itu, memberikan kemudahan untuk pengguna jika ingin melakukan bongkar - pasang. Terlihat dari casing luar yang sangat mudah untuk dibuka, hanya dengan memutar satu pegangan, seluruh isi dari PC tersebut akan terlihat.

Sehingga jika anda ingin melakukan upgrade atau mengganti spare part tidak perlu ribet dengan baut dan obeng seperti di casing PC lainnya. Nilai 9 dari sepuluh tentunya sangat tinggi ya untuk produk elektronik yang paling mudah diperbaiki.

XBOX One S (Digital Edition)

Di posisi ketiga ada konsol game dari Microsoft, yaitu XBOX One S yang ternyata juga tidak menggunakan baut untuk merekatkan bagian casing utama. Microsoft lebih memilih type clip untuk menyatukan bagian casing luar. iFixit memberikan nilai 8 /10 untuk XBOX One S dalam hal kemudahan bongkar - pasang.

Dengan type clip yang ada di casing, anda dapat membuka casing tersebut dengan merenggangkan setiap clip yang terhubung. Dengan meregangkan atau sedikit mencungkil untuk membuka casing, iFixit menilai hal ini lebih baik daripada menggunakan baut.

Tidak wajib!

Walaupun produk - produk diatas memiliki nilai yang cukup mudah untuk diperbaiki sendiri, namun anda juga perlu memperhatikan kondisi anda. Jika memang anda tidak ada waktu dan tidak mau mengambil resiko gagal, sebaiknya tetap pergi ke service center ataupun 'teknisi lokal di sekitar rumah anda.

Apalagi jika anda memang ada dana lebih untuk membayar biaya service, anda bisa membayar biaya service dan anda dapat kembali fokus ke pekerjaan anda tanpa terganggu waktu service jika dilakukan sendiri.

Namun jika anda ingin menghemat pengeluaran dan menyukai tantangan, maka kami sarankan untuk mencoba melakukan perbaikan sendiri. Tentunya dengan mengumpulkan berbagai informasi dan juga tutorial yang sudah banyak tersebar di internet.

Semoga tulisan mengenai 3 produk elektronik yang paling mudah diperbaiki ini bermanfaat. Jika anda mempunyai pendapat lain silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:
OnePlus Concept One Kamera Hilang dengan Teknologi Sunroof Mobil

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!