Beranda
Blogging
SEO
Tutorial
Cara Menampilkan Profile Author (penulis) di Blogger
Cara Menampilkan Profile Author (penulis) di Blogger

Berikut ini adalah cara menampilkan profile author di Blogger. Didalam artikel ini kita akan mempelajari cara agar profile author (penulis) artikel di website muncul dan dapat terlihat oleh seluruh pembaca.

Sebenarnya artikel ini tidak terlalu penting jika kamu memang tidak suka profile mu muncul di artikel yang telah kamu tulis. Namun jika kamu merasa memunculkan atau menampilkan profil author penulis itu penting maka artikel ini mungkin akan membantu.

Layanan Google Plus (G+) ditutup

Umumnya para penulis menggunakan profil mereka yang ada di Google plus untuk ditampilkan pada kolom penulis "author". Jarang sekali yang menggunakan profil Blogger sebagai pilihan utama untuk ditampilkan.

Karena Google Plus atau G+ sudah tidak lagi mendukung layanan profile untuk blogger maka salah satu alternatifnya adalah kembali menggunakan profile di akun blogger, agar profile kita tetap muncul di artikel yang kita tulis di blogger.

Ada 2 tahap tutorial yang wajib dikerjakan. Namun pada beberapa kasus atau mungkin kamu juga salah satunya, baik tahap 1 ataupun tahap 2 secara tidak sadar sudah dilakukan sejak dulu. Jika sudah, berarti tinggal lengkapi langkah yang belum dilakukan.

Tahap 1 Menampilkan Profile Author (penulis) di Blogger 

  1. Login ke akun blogger seperti biasa
  2. Buka menu >Settings
  3. Kemudian pilih subMenu >User settings
  4. Pada pilihan User Profile pilih >Blogger
  5. berikan konfirmasi dengan klik tombol >Alihkan ke profil Blogger
  6. kemudian pilih tombol >Edit Profil atau klik link berikut ini: www.blogger.com/edit-profile.g 
  7. Silahkan rubah dan perbaharui kolom dan isian yang tersedia (sesuaikan dengan apa yang ingin Anda tampilkan untuk dilihat secara umum)
  8. Simpan perubahan >Save profile.
  9. Tahap 1 Selesai.

Yang wajib diisi saat edit profil agar dapat muncul di pada kolom author (penulis).

  • box "Share my profile" wajib diaktifkan (dicentang)
  • Email wajid diisi
  • Display name wajid diisi
  • Introduction wajid diisi
Cara Menampilkan Profile Author (penulis) di Blogger

Selain isian diatas (yang wajib diisi) maka boleh untuk tidak diisi atau dikosongkan. Namun kami menyarankan untuk tetap diisi, minimal data - data seperti foto profil, alamat website dan gender.

Tahap 2 Menampilkan Profile Author (penulis) di Blogger 

  1. Masih di halaman blogger. Buka menu >Layouts
  2. klik >Edit pada kolom Blog posts
  3. Aktifkan (centang) box >Show Author Profile Below Post kemudian jangan lupa disimpan >Save.
  4. klik tombol >Save arrangement (kanan-atas)
  5. Tahap 2 Selesai.
Cara Menampilkan Profile Author (penulis) di Blogger

Setelah menyelesaikan langkah - langkah lengkap di tahap 1 dan 2 maka kita dapat langsung melihat hasilnya.

Silahkan buka salah satu postingan atau artikel yang telah dibuat oleh Anda, di akhir tulisan akan muncul box "Author" atau penulis dan memunculkan keterangan - keterangan yang telah Anda masukan pada tahap 1.

Usahakan foto profil yang Anda upload pada pembuatan profil berukuran kotak (square) karena jika ukuran yang lain akan terlihat aneh dan tidak proporsional jika sudah menjadi profil.

Semoga artikel mengenai cara menampilkan profile author atau penulis di artikel blogger ini dapat membantu. Jika ada pertanyaan atau pendapat yang ingin kamu utarakan silakan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

6 komentar

  1. admin ruangbelajar
    admin ruangbelajar
    Senin, Oktober 18, 2021
    bermanfaat gan
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Oktober 18, 2021
      Terima kasih gan. Semoga membantu.
  2. sufyan Yaan
    sufyan Yaan
    Minggu, September 08, 2019
    Itu kalau dibawah ya, bagaimana supaya profile penulis muncul diatas konten atau postingan...ada sih template default blogger (4 varian terbaru) yaitu notable, tinggal edit CSS agar frame dan border profile tampak bulat.

    Tapi pada template varian lain apalagi yang masih layout versi 2 tidak ada terdapat opsinya secara default

    Terimakasih!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 09, 2019
      Untuk posisi sepertinya masih dibatasi oleh blogger secara default. Seperti yang mas sofyan bilang, alternatifnya bisa dari edit CSS atau dari template.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!