Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website

Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website

Berikut ini adalah cara mudah mengetahui link Do Follow atau No Follow di Website atau blog manapun. Dengan cara ini kita bisa melihat apakah outbond link tersebut merupakan link do follow atau no follow. Lalu apa perbedaan antara link do follow dan no follow? apakah berpengaruh terhadap SEO (Search Engine Optimization)?.

Bagaimana cara mengetahui apakah ini link do follow atau no follow?  Pertama kita harus melakukan inspeksi halaman (Inspect) kemudian melihat detail link dari bagian HTML, jika disana terlihat tulisan rel=nofollow maka link tersebut no follow, jika tidak ada tulisan "nofollow" berarti link tersebut bersifat do follow.

Dari sisi pembaca, kedua link ini tidak memiliki perbedaan, keduanya sama - sama akan membuka halaman/webiste sesuai link yang dituliskan. Namun dari sisi pemiliki website, kedua jenis link ini sangat berbeda apalagi jika kita kaitkan dengan performa website di mesin pencari atau biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimization).

Baca juga: Cara Menampilkan Profil Author (penulis) di Blogger

Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website

  1. Buka halaman website/blog yang ingin anda ketahui jenis link nya
  2. Arahkan mouse ke link/tautan yang ingin diketahui jenis link nya 
  3. Klik kanan hingga muncul menu popup
  4. Pilih > Inspect . Jika berhasil halaman HTML website akan muncul di samping atau bawah layar (tergantung pengaturan browser).
  5. Di halaman HTML, lihatlah detail penulisan link. Jika setelah penulisan link ada tulisan: rel="nofollow" berarti link tersebut bersifat No Follow, jika tidak ada tulisan 'nofollow' berarti link tersebut Do Follow
    Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website
    Contoh perbedaan antara link Do-Follow dan No-Follow

  6. Jika ingin melihat status dari link yang lain di halaman yang sama, silahkan arahkan kursor/mouse ke link yang baru dilanjutkan dengan langkah yang sama seperti diatas.

Perbedaan link Do Follow & No Follow dan pengaruhnya terhadap SEO (Search Engine Optimization)

Untuk pembaca atau pengunjung website, kedua jenis link ini memiliki fungsi yang sama yaitu mengarahkan user ke halaman atau website yang lain. Namun dari sisi mesin perambah (crawler) kedua jenis link ini sangat berbeda kedudukannya dan akhirnya akan mempengaruhi optimasi di mesin pencari (SEO).

Setiap mesin pencari seperti Google, pastinya memiliki semacam robot perambah (crawler) untuk menjelajah setiap website. Tujuannya adalah agar selalu mendapatkan konten terbaru di setiap website dan untuk dimasukan kedalam sistem bernama Google Index.

Semakin banyak artikel yang terindeks semakin besar pula kesempatan sebuah website untuk mendapatkan pengunjung dari hasil pencarian Google.

Dari setiap konten yang masuk kedalam index akan mendapatkan penilaian/rating dari Google. Salah satu faktor penilaiannya adalah kualitas dari link yang ada di halaman tersebut. Semakin tinggi kualitas link maka semakin tinggi juga rating sebuah halaman dan akan semakin direkomendasikan di halaman pencarian.

Umumnya, link yang berkualitas berasal dari website - website yang sudah memiliki authority yang tinggi seperti website - website pemerintah, website perusahaan - perusahaan dunia seperti Google, Facebook, Amazon, dll. Dan website dengan ranking tinggi lainnya.

Di sisi lain ada juga website yang dianggap memberikan link yang tidak berkualitas seperti website yang berisi spam/penipuan, konten tidak original/plagiat, konten judi dan sejenisnya, dan website - website yang berisi konten negatif lainnya. Jika kita memiliki link dari atau ke website - website tersebut, secara tidak langsung website kita juga akan ditandai sebagai website yang serupa.

Maka dari itu, diperkenalkanlah fitur "No Follow" dimana kita sebagai pemilik website bisa menandai link tertentu agar mesin penjelajah (crawler) tidak melanjutkan penelusuran ke link tersebut dan kita jadi terhindar dari cap "tidak terpercaya".

Silahkan pelajari lebih lanjut mengenai link berkualitas dan tidak berkualitas di website lain juga. Masih banyak hal yang tidak saya sebutkan di pembahasan di atas. Pembahasan diatas sengaja saya sederhanakan agar tidak terlalu panjang.

Baca juga: Cara Ganti ke Bahasa Indonesia di Semua Akun Google

Cara Membuat Link Menjadi No-Follow di Blogger

Untuk membuat link menjadi no follow di blogger silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

  1. Saat menulis di halaman blogger silahkan tulis teks yang akan dirubah menjadi link (biasa disebut dengan anchor text)
  2. Selanjutnya blok tulisan yang ingin dirubah menjadi link tersebut
  3. Klik menu "Insert or Edit Link"  yang ada di daftar menu blogger.
  4. Silahkan masukan atau paste link tujuan di kolom kedua yang ada tulisan "Paste or search for a link"
  5. Selanjutnya silahkan aktifkan atau checkbox pada bagian Add 'rel=nofollow' attribute
  6. Terakhir silahkan klik tombol Apply. Selesai.
Untuk memastikannya silahkan coba cek link yang telah dibuat ini dari mode preview atau cek setelah artikel selesai ditulis dan sudah di publikasikan dengan cara diatas. Pastikan setelah link ada tulisan rel=nofollow saat diperiksa melalui metode inspect element. 

Cara Membuat Link Menjadi No-Follow di Wordpress

Ada dua cara, pertama melakukan editing manual dan cara kedua adalah dengan menggunakan plugin. Khusus disini saya hanya akan menggunakan cara pertama, untuk cara dengan plugin silahkan cari tutorialnya sendiri ya di google atau di YouTube.
  1. Saat sedang menulis di halaman wordpress silahkan ketik teks yang ingin digunakan untuk dirubah menjadi link (anchor text)
  2. Selanjutnya silahkan blok tulisan tersebut
  3. Klik menu > Insert/edit link yang ada di menu utama halaman penulisan.
  4. Silahkan masukan atau paste link yang ingin digunakan kemudian klik tombol Apply.
  5. Selanjutnya silahkan klik tombol dengan tulisan Text (pojok kanan-atas halaman menulis) untuk merubah tampilan dari mode Visual ke Text.
  6. Silahkan tambahkan kode rel="nofollow" setelah tulisan link. Contohnya: <a href=https://www.rinditech.com" rel="nofollow" > Rindi Tech </a>
  7. Selesai. Rubah kembali tampilan ke mode Visual seperti sebelumnya dan silahkan lanjutkan menulis seperti biasa.

Kenapa link Do-Follow tidak perlu dituliskan di detail HTML?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, awalnya atau secara default, semua link yang digunakan didalam sebuah website bersifat do-follow. Artinya link apapun yang kita tuliskan akan selalu ditelusuri oleh mesin crawler, baru setelah itu munculah fitur pengaturan no-follow.

Jadi jika ada link yang tidak ingin di catat oleh mesin crawler maka kita sebagai pembuat konten wajib menuliskan atau menambahkan format nofollow untuk link tersebut. 

Tetapi jika kita ingin mesin perambah tetap menghubungkan link tersebut dengan website milik kita, maka tidak usah ditambahkan pengaturan tambahan karena secara default semua link bersifat do-follow.

Semoga tulisan mengenai cara mudah mengetahui link do follow dan no follow di website ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar di bawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,3,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,18,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,51,Formula 1,8,Formula E,2,Games,45,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,70,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,251,OPPO,1,Peraturan,8,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,286,Toko Online,51,Tutorial,323,Virtual Reality,1,WhatsApp,29,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,18,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website
Cara Mudah Mengetahui Link Do Follow atau No Follow Di Website
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEGlMWHKQ-76HvfwlZ2Tx_sFmFcmQbkO-P6zOWgUZIZLiGrDKZw2nJA70XtU3uDbtSFjhdLyGguW74Ar7ulHetoaTkG2k5CPwklgSYOayA_tfwfMkSTorp_w8lk2HNt300wR_NWWE6_7rmgn5nmZnM48uWqrt3pAEFlaDGGxQEYWkrwMmbIXztRIhiiQ/w640-h360/Mengetahui%20Link%20Do%20Follow%20dan%20No%20Follow%201.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEGlMWHKQ-76HvfwlZ2Tx_sFmFcmQbkO-P6zOWgUZIZLiGrDKZw2nJA70XtU3uDbtSFjhdLyGguW74Ar7ulHetoaTkG2k5CPwklgSYOayA_tfwfMkSTorp_w8lk2HNt300wR_NWWE6_7rmgn5nmZnM48uWqrt3pAEFlaDGGxQEYWkrwMmbIXztRIhiiQ/s72-w640-c-h360/Mengetahui%20Link%20Do%20Follow%20dan%20No%20Follow%201.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/05/cara-mudah-mengetahui-link-do-follow-no-follow.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/05/cara-mudah-mengetahui-link-do-follow-no-follow.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content