Memanfaatkan Fungsi 'Filetype' Dalam Melakukan Pencarian Data di Google

Rindi Putra
2 Komentar
Beranda
Google
Internet
Tutorial
Memanfaatkan Fungsi 'Filetype' Dalam Melakukan Pencarian Data di Google
Memanfaatkan Fungsi 'Filetype' Dalam Melakukan Pencarian Data di Google

File Type digunakan untuk mencari data atau file yang lebih spesifik dalam mesin – mesin pencari seperti Google. Akan sangat membantu bila anda sedang mencari contoh - contoh file presentasi, program khusus, ataupun file yang tidak umum.

bila anda sedang mencari bahan untuk presentasi di sekolah, kuliah, ataupun di kantor dan menginginkan presentasi yang menarik dan tidak membosankan anda tidak perlu mencari bahan – bahan mentah di internet, anda dapat melihat – lihat hasil presentasi yang telah di upload dengan memasukan kata kunci filetype berikut:

  • Powerpoit: .ppt
  • MS Word: .doc/docx/rtf/dll
  • Notepad: .txt
  • Musik: .mp3
  • Video: .flv/.3gp/mp4/avi/dll
  • Program: .exe
  • AdobeReader: pdf
  • Excel: xls
  • Dll…

Baca juga: Cara Mengaktifkan Semua Port Kabel LAN di Modem Telkom Indihome

Berikut kita lihat contoh di bawah, saya mencoba untuk mencari resep masakan dengan type file .pdf dan di bawah ini hasil pencariannya:

contoh+hasil+pencarian+filetype+format+pdf

Pada Gambar di atas menunjukan hasil pencarian yang berkaitan dengan 'resep masakan'  tetapi berupa file .pdf,, dan seperti yang kita tahu bahwa setelah file .pdf di download kita masih dapat membuka file tersebut walaupun dalam keadaan offline (tidak ada akses internet).

Jadi bila kita ingin melihat resep masakan yang kita dapat dari internet kita tidak harus susah payah terhubung lagi ke internet dan membuka website tempat kita melihat resep masakan, cukup dengan membuka file .pdf yang telah kita download tadi.

Untuk file type yang lain silahkan anda melihat dari nama belakan dari contoh file yang ada contoh seperti presentasi kimia.ppt berarti file type nya adalah .ppt (power point)

Contoh bila saya sedang mencari contoh – contoh presentasi tentang pemasaran maka saya akan ketik di mesin pencari (Google) : pemasaran filetype:ppt . Maka dengan sekejap saya akan mendapatkan list presentasi – presentasi yang telah di upload ke internet yang berhubungan dengan pemasaran..

Enjoy..! selamat mencoba..

Update: menurut beberapa artikel yang pernah saya baca, cara ini terdapat dalam buku panduan tentara amerika dalam mencari dokumen-dokumen rahasia  yang oleh pemiliknya di unggah ke internet.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. anak gadis
    anak gadis
    Rabu, November 24, 2021
    pengertian File Type itu apa ya secara definisinya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, November 25, 2021
      Kalau untuk pengertian secara formalnya bisa dicari di google atau wikipedia. Tapi sepemahaman saya file type itu dipakai untuk pengelompokan jenis file yang dibuat dan menentukan juga aplikasi / program apa yang bisa membuka file tersebut.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!