Beranda
Security
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Cancel Automatic Payment di Paypal
Cara Cancel Automatic Payment di Paypal
Berikut ini adalah cara untuk cancel Automatic Payment di Paypal. Baik untuk pembayaran otomatis yang sudah berjalan ataupun yang akan berjalan. Dengan cara ini saldo kita tidak akan berkurang 'diam - diam' jika sudah melakukan cancel automatic payment di PayPal.

langkah - langkah Cancel Automatic payment harus Anda ketahui jika Anda sudah atau akan mengaktifkan pembayaran otomatis dari akun PayPal Anda. Karena jika tidak, akan susah untuk melakukan pengecekan pembayaran apa saja yang masih aktif dan mana saja yang sudah selesai.

Jangan sampai produk atau jasa yang kita masukan kedalam daftar pembayaran otomatis ini kita lupakan. Lumayan kan jika akun PayPal kita tetap melakukan pengiriman saldo secara rutin padahal produk atau jasa yang dibayar sudah tidak kita gunakan.

Ada juga momen dimana kita menemukan berbagai macam pembayaran otomatis yang masih aktif namun kita sudah lupa untuk apa atau produknya apa. Maka dari itu sangat penting jika kita tahu cara cancel automatic payment tersebut di akun PayPal kita.

Sebelum ke langkah -langkah atau tutorial, pastikan dulu Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Tidak hanya kencang tapi juga stabil, karena website atau aplikasi PayPal sangat sensitif terhadap kestabilan koneksi internet.


Cara Cancel Automatic Payment di Paypal

Cara dibawah ini dipraktekan melalui PC atau komputer, jadi jika Anda mengikuti langkah - langkah ini melalui smartphone mohon menyesuaikan. Jika Anda mengikutinya dari smartphone pasti ada perbedaan di tata letak tombol (layout), tapi untuk langkah - langkahnya pasti sama.

  1. Login akun PayPal
  2. Buka bagian >Settings
  3. buka tab >Payments
  4. Pada bagian Automatic Payments pilih >Manage automatic payments. Halaman baru akan terbuka
    Cara Cancel Automatic Payment di Paypal
  5. Pilih kembali link atau tulisan >Manage automatic payments seperti gambar dibawah
    Cara Cancel Automatic Payment di Paypal
  6. Silahkan Pilih Pembayaran yang ingin di cancel, jika tidak ada silahkan lanjutkan ke langkah berikutnya
  7. Atau klik tautan >preapproved payment plans (akan muncul daftar payment yang akan datang)
  8. Pilih Pembayaran yang ingin di cancel atau ingin dibatalkan. detail transaksi dan pembayaran akan muncul
  9. Klik >Cancel pada data Status. 
    Cara Cancel Automatic Payment di Paypal
  10. Konfirmasi dengan menekan tombol >Yes. Selesai!

Jika berhasil anda Akan mendapatkan notifikasi langsung seperti ini (tergantung bahasa utama yang telah dipilih profil Anda): "Your preapproval was successfully cancelled." atau Your automatic payment was successfully cancelled". atau kata - kata lainnya yang serupa dengan itu.

Periksa pembayaran lain

Jangan lupa juga untuk memeriksa history pembayaran atau daftar pembayaran otomatis yang ada di akun PayPal Anda. 

Jika ada yang tidak Anda kenal atau lupa, kami sarankan untuk segera melakukan tindakan yang sama (cancel automatic payement). Sampai Anda benar - benar yakin bahwa Anda memang masih membutuhkan produk /jasa tersebut.

Waspada akun yang terhubung ke Kartu Kredit /Debit

Anda harus lebih berhati - hati jika telah menghubungkan kartu kredit atau kartu debit dengan akun PayPal Anda. 

Karena jika akun PayPal Anda tidak memiliki saldo namun harus melakukan pembayaran, ada kemungkinan pembayaran akan tetap dilakukan dengan saldo yang ada didalam kartu kredit /debit Anda.

Walaupun proses pengambilan saldo /pembayaran menggunakan kartu kredit Anda dapat dinonaktifkan, tetap saja kemungkinan itu ada. Tetap teliti dan jangan terburu - buru dalam melakukan pemeriksaan, sekecil apapun pembayarannya jika dilakukan terus menerus akan merugikan Anda.

Semoga tutorial atau langkah - langkah ini dapat membantu Anda khususnya bagi Anda yang sedang mencari cara cancel automatic payment di PayPal ini. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!