Hamilton terancam penalti tambahan karena DRS yang digunakan saat kualifikasi di Brazil

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Formula 1
Lewis Hamilton
Mercedes
News
Hamilton terancam penalti tambahan karena DRS yang digunakan saat kualifikasi di Brazil

Hamilton terancam penalti tambahan karena DRS yang digunakan saat kualifikasi di Brazil
Lewis Hamilton merayakan Pole Position setelah Kualifikasi di Brazil | Image: crash.net

Lewis Hamilton terancam penalti tambahan setelah ditemukan pelanggaran teknis terkait DRS (Drag Reduction System) yang ada pada Mobil Mercedes nya. Selain itu, Max Verstappen yang sebelumnya diketahui mengamati sayap belakang lewis juga terancam penalti. Bagaimana pernyataan resmi dari FIA?

Dari artikel yang dipublikasi oleh halaman resmi formula1.com diketahui bahwa pembalap Lewis Hamilton saat ini masih dalam tahap investigasi terancam mendapat tambahan diluar penalti 5 grid start karena penggantian ICE (Internal Combution Engine) di mesin mobil Mercedes nya.

Kekhawatiran tim Jerman itu bisa saja menjadi kenyataan setelah Jo Bauer (Tim teknis FIA) menemukan sesuatu yang salah dari DRS yang digunakan pada sesi kualifikasi Jumat sore waktu setempat (Brazil GP 2021).

Baca juga: Blunder Ferrari di Hungaria, Hannah Schmitz: Mungkin Mereka Punya Data Berbeda

Hamilton terancam penalti karena DRS yang digunakan tidak sesuai regulasi

"The uppermost rear wing element adjustable positions were checked on car number 44 for compliance with Article 3.6.3 of the 2021 Formula One Technical Regulations. The requirement for the minimum distance was fulfilled," - Joe Bauer (Tim Teknis FIA).

Pada pernyataan pertama ini sepertinya tidak ada masalah dengan sayap bagian belakang atau spesifiknya bagian DRS (bagian sayap belakang yang bisa dibukan-tutup). Dinyatakan bahwa semua syarat tentang sayap belakang memenuhi syarat.

Namun pada pernyataan selanjutnya ini mungkin yang menjadi pembahasan utama.

"But the requirement for the maximum of 85mm, when the DRS system is deployed and tested in accordance with TD/011-19, were not fulfilled," - Joe Bauer (Tim Teknis FIA)

Pada pernyataan lanjutan ini terlihat jelas bahwa tim dari FIA menemukan kejanggalan saat sistem DRS diaktfikan (terbuka) dan saat posisi terbuka itu ada hal yang tidak memenuhi syarat. Dengan hasil pengamatan ini, sepertinya sayap belakang dari mobil Lewis Hamilton akan diperiksa lebih dalam lagi.

Pada pernyataan selanjutnya diketahui juga bahwa rear wing (sayap belakang) dari mobil Hamilton akan dilepas dan untuk dijadikan barang bukti. Dan mungkin akan dilakukan pemeriksaan lebih dalam oleh stewards apakah memang melanggar peraturan atau tidak.

Baca juga: Kenapa Tim Mercedes keluar dari Formula E setelah musim 2022?

Bagaimana keputusan resmi FIA?

Sampai saat berita ini dibuat tim stewards mengumumkan bahwa tidak akan ada keputusan sampai Sabtu pagi (waktu setempat).

"The Stewards have adjourned the hearing relating to Document 18 of the 2021 FIA Formula 1 São Paulo Grand Prix as they await further evidence that will not be available until the morning," - FIA

Verstappen juga terancam penalti?

30 menit setelah pengumuman pelanggaran DRS Lewis Hamilton, tepatnya pukul 20.30 waktu setempat, FIA mengumumkan bahwa Max Verstappen dan perwakilan dari Red Bull akan dipanggil Sabtu pagi oleh stewards karena diduga melanggar peraturan tentang 'Sporting Code'.

The stewards announced that they had summoned Max Verstappen and a Red Bull representative to appear before them at 9.30am local time on Saturday for an "alleged breach of Article 2.5.1 of the FIA International Sporting Code".

Pelanggaran yang dimaksud adalah tentang peraturan Parc Ferme dimana hanya tim dan official yang ditunjuk yang bisa merubah atau memperbaiki setelan mobil.

"in the Parc Ferme, only the officials assigned may enter. No operation, checking, tuning or repair is allowed unless authorised by the same officials or by the applicable regulations."

Setelah kualifikasi selesai dan mobil diparkir, Max Verstappen terlihat mendekati mobil Lewis Hamilton dan menyentuh sayap belakang mobil Mercedes yang dikendarai oleh Lewis Hamilton. Hal ini berarti kedua pembalap baik Lewis dan Max sama - sama mempunyai kemungkinan untuk mendapatkan penalti karena pelanggaran yang berbeda.

Nampaknya perebutan gelar juara dunia balap mobil Formula 1 ini semakin menarik dan patut untuk disaksikan baik saat balapan maupun diluar balapan. Bagaimana menurut teman - teman? Apakah Lewis Hamilton dan Max Verstappen akan mendapatkan penalti sebelum Sprint Race di Interlagos Brazil?

Baca juga: Game Call of Duty Merubah Sirkuit F1 Ini Menjadi Area Peperangan

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!