Catat! Ini Jadwal Steam Sale 2021 Diskon game besar - besaran sampai akhir tahun!

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Games
News
Catat! Ini Jadwal Steam Sale 2021 Diskon game besar - besaran sampai akhir tahun!
Catet! Ini Jadwal Steam Sale 2021 Diskon game besar - besaran sampai akhir tahun!

Bagi anda para gamers tentunya sudah akrab dengan paltform Steam ya. Yup! Platform 'toko' game ini telah merilis jadwal - jadwal kapan Steam game akan mengadakan diskon. Disimak dan jangan lupa di catat jadwal steam sale 2021 ini yang akan memberikan diskon besar - besaran sampai akhir tahun!

beberapa hari lalu Valve, perusahaan yang menaungi Steam telah merilis jadwal resmi kapan saja mereka akan memberikan diskon besar - besaran atau biasa disebut Steam Sale di tahun 2021 ini. Jadwalnya pun lumayan padat dan sepertinya mulai dari bulan oktober ini akan ada terus setiap bulan sampai akhir tahun.

Bagi yang belum tahu, Steam adalah salah satu paltform untuk membeli game PC (komputer/laptop) secara online. Berbeda dengan game untuk konsol yang memiliki bentuk fisik seperti DVD ataupun Flasdisk, di Steam kita hanya akan mendapatkan game secara online (non-fisik).

Walaupun tidak diberi bentuk game secara fisik seperti DVD yang ada di PS5 /XBOX. Kepemilikan game di platform Steam bersifat selamanya (selama kita bisa login ke akun Steam milik kita). PlayStation dan XBOX pun sebenarnya sudah mulai menjual game tanpa fisik atau biasa disebut Digital version. Dan kepemilikannya pun sama seperti akun steam, seumur hidup selama kita memiliki akun PlayStation yang sama.

Update 2023: Jadwal lengkap Steam Sales & Fests 2023

Catat! Ini Jadwal Steam Sale 2021 Diskon game besar - besaran sampai akhir tahun!

Selain diskon pada game utama, diskon besar - besaran juga biasanya ada di add-on game (game tambahan). Disampin game utama, biasanya beberapa game juga menjual beberapa fitur extra seperti map tambahan, karakter extra, jalan cerita spesial, kostum spesial, dll untuk melengkapi game utama yang dijual. 

Nah biasanya fitur extra tersebut juga mendapatkan diskon yang besar, jadi bisa diperhatikan juga add-ons di game yang mungkin sudah kita miliki. Berikut ini adalah jadwal lengkap Steam Sale 2021 yang akan memberikan diskon besar - besaran sampai akhir tahun.

Steam Next Fest | Oct 1 - 7, 2021

A celebration of upcoming games. Resources for more information and registration are available now.

Seperti judulnya, Acara ini dikhususkan untuk menyambut game - game baru yang akan tersedia di paltform Steam, biasanya ada diskon khusus untuk para pembeli yang melakukan pre-order atau membeli di waktu tertentu mendekati tanggal peluncuran resminya. 

Steam Tabletop Fest | Oct 21 - 25, 2021

A festival of all things tabletop on Steam, with special focus on Role Playing Games during this year's main stage livestreams. Resources for more information including eligibility and registration are available now.

Festival/Acara ini dikhususkan untuk game - game bergenre RPG (Role Playing Game) dan seperti yang dituliskan diatas, acara ini berlangsung dari tanggal 21 Oktober 2021 sampai 25 Oktober 2021.

Steam Halloween Sale | Oct 28 - Nov 1, 2021

Join the Halloween Sale, with a special focus on content updates and in-game events in celebration of the theme. Resources for more information regarding the Halloween discount event and related promotional opportunities are now available. No registration required!

Seperti judulnya, Steam Halloween Sale ini diadakan untuk menyambut perayaan Halloween di negara - negara barat seperti Amerika dan Eropa. Dari pantauan kami, diskon yang diberikanpun sudah lumayan besar, bahkan ada yang sampai 80%. Untuk game - game kelas AAA juga mendapatkan diskon lumayan besar, beberapa ada yang samai 50% dan ini lumayan besar. Contoh game Formula 1 yang dulunya seharga 500ribuan sekarang hanya 200ribuan.

Beberapa game AAA yang saat ini sedang diskon besar diantaranya.

  • Red Dead Redemption II (Diskon 33%). Harga normal: Rp. 640.000 jadi Rp. 428.800
  • The Witcher 3: Wild Hunt (Diskon 80%). Harga normal: Rp. 449.000 jadi Rp. 89.800 
  • Cyberpunk 2077 (Diskon 33%). Harga normal: Rp. 699.999 jadi Rp. 468.999
  • Death Stranding (Diskon 60%). Harga normal: Rp. 829.000 jadi Rp. 331.600
  • Formula 1 2021 (Diskon 65%). Harga normal: Rp. 659.000 jadi Rp. 230.650
  • Rise of the Tomb Raider (Diskon 80%). Harga normal: Rp. 570.000 jadi Rp. 114.000
  • No Man's Sky (Diskon 50%). Harga normal: Rp. 347.999 jadi Rp. 173.999
  • Call of Duty: Black Ops III (Diskon 40%). Harga normal: Rp. 800.000 jadi Rp. 480.000
  • Destiny 2: Legendary Edition (Diskon 50%). Harga normal: Rp. 1.091.600 jadi Rp. 545.800
  • Dll.

Dan seperti keterangan diatas, untuk mendapatkan diskon - diskon ini kita tidak perlu melakukan langkah tambahan apapun, semua game yang dibeli akan otomatis mendapatkan diskon sesuai yang tertera di halaman penjualan.

Steam Autumn Sale | Nov 24 - 30, 2021

Resources for more information regarding this Autumn discount event and Steam Awards nominations are coming soon. No registration is required!

Seperti di keterangannya, belum ada informasi lanjut mengenai detail dari Steam Autumn Sale ini, yang pasti waktunya akan dilaksanakan mulai dari 24 November 2021, sampai 30 November 2021. Dan seperti keterangannya, untuk mendapatkan diskon tidak perlu melakukan langkah tambahan apapun, semua game yang dibeli akan otomatis mendapatkan diskon sesuai yang tertera di halaman penjualan.

Steam Winter Sale | Dec 22, 2021 - Jan 5, 2022

Resources for more information regarding this Winter discount event and Steam Awards voting are coming soon. No registration is required!

Winter Sale di semua platform sepertinya adalah waktu yang ditunggu - tunggu oleh para pecinta diskon besar. Sudah bukan rahasia lagi bahwa diskon akhir tahun atau musim dingin selalu menjadi waktu yang paling baik untuk membeli barang - barang elektronik, keperluan rumah, dan termasuk disana ada dikon untuk game. 

Jika pada Oktober sale (Halloween) sebuah game bisa didiskon sampai 50%, di Winter Sale game yang sama bisa mendapatkan diskon sampai 70% bahkan ada yang samapi 90%. Jadi jika ingin mendapatkan the best deal, saya sarankan untuk menunggu momen Winter Sale ini.

Seperti di keterangannya, belum ada informasi lanjut mengenai detail dari Steam Winter Sale ini, yang pasti waktunya akan dilaksanakan mulai dari 22 Desember 2021, sampai 5 Januari 2022. Dan seperti keterangannya, untuk mendapatkan diskon tidak perlu melakukan langkah tambahan apapun, semua game yang dibeli akan otomatis mendapatkan diskon sesuai yang tertera di halaman penjualan.

Untuk update lengkapnya silahkan kunjungi halaman resmi dari steam games di link berikut ini: https://partner.steamgames.com/doc/marketing/upcoming_events

Ingat budget dan tetap bijak dalam berbelanja!

Saat diskon besar seperti ini jiwa gamer kita pastinya akan bergejolak hebat, apalagi ada game incaran kita yang juga sedang diskon. Tapi ingat baik - baik bermain game ini adalah hobby, entah itu untuk konten youtube ataupun hanya untuk melepas penat. 

Jadi alangkah baiknya jika membeli game - game ini hanya dengan uang 'dingin' atau uang yang memang kita sisihkan/simpan untuk hobi, bukan uang hasil meminjam atau berhutang.

Dan pastikan juga game yang dibeli bisa anda mainkan, jangan sampai setelah membeli anda hanya sempat bermain satu kali saja, karena anda sibuk kerjaan/tugas. Jika memang anda masih sibuk untuk beberapa bulan kedepan, saya sarankan ditunda dulu membeli game nya, karena pada dasarnya momen diskon ini akan selalu ada setiap tahunnya, bahkan setiap bulan untuk akhir - akhir tahun seperti ini. 

Semoga tulisan mengenai Jadwal Steam Sale 2021 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!