Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC
Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC
Tangkapan kamera HP muncul di komputer sebagai kamera webcam

Berikut ini adalah cara menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC atau laptop. Cara ini bisa dijadikan alternatif bagi anda yang belum memiliki webcam atau ingin meningkatkan kualitas webcam bawaan laptop. Caranya juga sangat mudah dan tidak memerlukan barang atau alat tambahan selain HP.

Cara ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti online meeting dengan aplikasi zoom, skype, dll. Atau bisa juga digunakan sebagai sumber camera kedua di aplikasi untuk streaming atau live video seperti OBS, dll. Jika anda mendadak harus WFH (work from home) dan melakukan meeting online, maka cara ini bisa dijadikan solusi pengganti webcam di rumah.

Namun untuk penggunaan jangka panjang dan rutin seperti bertahun - tahun saya tetap menyarankan untuk menggunakan kamera yang memang khusus untuk rekaman seperti webcam atau kamera DSLR. Namun untuk penggunaan casual atau sekali-kali, menggunakan HP sebagai Webcam sangat bisa diandalkan.

Cara ini bisa dilakukan baik di smartphone Android dan iOS (iPhone) namun karena keterbatasan sumber daya, saya hanya bisa menunjukan caranya lewat smartphone Android saja. Bagi anda pengguna iPhone, silahkan sesuaikan saja ya, secara garis besar caranya sama karena kita menggunakan aplikasi yang sama.

Aktifkan USB Debugging

Sebelum ke tutorial inti, handphone anda harus berada di mode developer dengan pilihan USB debugging aktif. Jika anda belum mengetahui caranya silahkan ikuti langkah atau tutorialnya dibawah ini.

Cara untuk setiap HP akan sedikiti berbeda tergantung merek HP yang digunakan. Silahkan ikuti sesuai merk HP anda lalu lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Silahkan buka menu dibawah ini sesuai merk HP untuk membuka Version, Build number, MIUI Version, atau Software version:

  1. Silahkan ketuk 7 - 14 kali di menu berikut ini sesuai merk HP: "build number" atau "MIUI version" atau "Version" atau "Software version", dll sesuai merk HP anda hingga muncul notifikasi bahwa developer mode telah aktif.
  2. Selanjutnya silahkan buka kembali bagian Settings kemudian cari dan buka menu "Developer options"
  3. Pada halaman developer ini silahkan cari dan aktifkan menu "USB debugging".

Selesai. Jika menu USB debugging telah aktif maka kita bisa lanjutkan ke langka selanjutnya dibawah. Jika anda masih bingung membuka halaman build number silahkan lihat panduan dibawah ini:

  • Samsung: Settings > About phone > Software information > Build number
  • Xiaomi: Settings > My Device > All specs > MIUI Version
  • OPPO: Settings > About phone > Version
  • VIVO: Settings > More Settings > About phone > Software version
  • iPhone: *Silahkan lanjutkan membaca

Pengaturan USB debugging ini kadang akan kembali nonaktif jika menu developer juga nonaktif, salah satunya karena HP dimatikan atau di restart. Jadi jika pada penggunaan selanjutnya HP anda tidak terdeteksi silahkan periksa lagi pengaturan USB debugging ini, pastikan aktif atau ON.

Bagaimana dengan pengguna iPhone? berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari website resmi pengembang DroidCam, anda wajib menginstall iTunes agar PC yang akan digunakan bisa mendeteksi iPhone anda saat dihubungkan dengan kabel USB.

Jadi jika anda menggunakan iPhone, anda tidak perlu mengaktifkan USB debugging seperti diatas. Anda hanya perlu menginstall iTunes di PC untuk menjadi 'jalan' aplikasi DroidCam mendeteksi HP anda.

Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam

Jika anda telah mengaktifkan USB debugging di HP silahkan lanjutkan dengan langkah dibawah ini.

  1. Pada HP silahkan download dan install aplikasi bernama "Droidcam" di PlayStore
    Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC
  2. Silahkan buka aplikasi droidcam dan berikan izin/permission untuk menggunakan kamera dan microphone dengan menekan tombol "Allow" atau "Izinkan".
  3. Pada laptop/PC silahkan download dan install aplikasi pasangan untuk droidcam di link berikut ini: https://www.dev47apps.com/
  4. Silahkan pilih sesuai OS yang anda gunakan, karena disini saya menggunakan OS Windows maka saya memilih "Download windows client" kemudian klik lagi tombol "DroidCam client". Proses download software akan dimulai.
    Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC
  5. Silahkan install dan buka aplikasi di PC/Laptop anda.
  6. Ada 3 pilihan koneksi yaitu dengan "WiFi LAN" , "Kabel" , dan "WiFi Server". Untuk koneksi dan hasil yang maksimal saya sarankan untuk pilih hubungkan dengan kabel (Connect over USB).
  7. Silahkan hubungkan HP dan PC/laptop menggunakan kabel USB. Pastikan kabel USB nya bisa melakukan transfer data ya (karena ada beberapa kabel yang hanya bisa mengisi daya/baterai saja).
  8. Silahkan klik tombol "refresh" (dua panah melingkar) di aplikasi DroidCam di PC. Pastikan juga HP sedang membuka aplikasi DroidCam.
  9. Biasanya di HP akan muncul pop-up menu yang meminta anda memberikan izin untuk USB debugging, silahkan berikan izin dengan menekan tombol "Allow /Izinkan". Bila perlu centang pilihan "always allow from this computer" agar tidak selalu ditanya setiap menghubungkan.
  10. Jika silahkan klik lagi tombol "refresh" yang ada di aplikasi DroidCam di PC. Jika berhasil menghubungkan, merk/type HP anda akan muncul di kolom pilihan devide.
  11. Jika merk/type HP telah muncul, silahkan klik tombol "Start". Jika berhasil tangkapan kamera HP akan muncul di layar komputer/laptop anda.
    Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC
  12. Selesai. Selanjutnya anda bisa mencobanya di beberapa aplikasi seperti Zoom, Skype, OBS, dll.
Untuk menghemat baterai dan meringankan kinerja HP, sangat disarankan untuk mengaktifkan fitur Airplane mode di HP saat menggunakan kamera HP sebagai webcam. 

Secara default juga layar HP akan otomatis mati saat kamera sedang digunakan sebagai webcam. Jadi HP akan lebih efisien dalam penggunaan baterai karena layar HP tidak diperlukan saat menggunakan kamera.

Secara default (bawaan) aplikasi ini akan menggunakan kamera belakang sebagai sumber video karena umumnya kamera belakang mempunyai resolusi dan kualitas yang lebih baik. Namun jika anda ingin menggunakan kamera depan, bisa dirubah dari aplikasi DroidCam di HP.

Masalah yang sering muncul (dan solusinya)

Masalah pertama yang sering muncul adalah koneksi HP tidak terdeteksi di aplikasi. Untuk mengatasinya anda bisa mencabut kabel USB dan memasangkannya lagi di PC agar HP melakukan koneksi ulang. Setelah beberapa saat silahkan klik tombol refresh di aplikasi di PC.

Cara lainnya bisa dengan menutup (close) aplikasi DroidCam di PC kemudian membukanya kembali agar aplikasi melakukan scan ulang device yang terhubung. Jika perlu, silahkan tutup dan buka juga aplikasi DroidCam di HP hingga aplikasi melakukan scan ulang.

Jika masih belum terdeteksi silahkan restart komputer kemudian ulangi lagi langkah - langkah diatas.

Masalah kedua yaitu orientasi kamera yang terbalik/tidak sesuai posisi HP. Masalah ini muncul karena aplikasi yang kita gunakan adalah versi yang gratis (free). Namun hal ini bisa disiasati dengan mengaturnya langsung di aplikasi utama yang digunakan seperti Zoom, OBS, Skype, dll. 

Atau bisa juga disiasati dengan mengatur posisi HP yang disesuaikan dengan hasil tangkapan di layar.

Untuk masalah - masalah lainnya, silahkan tanyakan di kolom komentar ya. Saya akan coba bantu semaksimal yang saya bisa.

Apakah wajib menggunakan DroidCam?

Sebenarnya banyak aplikasi semacam droidcam ini, dan mungkin saja lebih bagus dan lebih banyak fiturnya. Namun saya belum sempat mencoba aplikasi - aplikasi tersebut, dan saya rasa aplikasi droidcam ini sudah cukup memenuhi kebutuhan converter kamera HP ke webcam.

Kalau anda menemukan aplikasi lain yang lebih bagus silahkan gunakan saja, yang penting anda merasa nyaman menggunakannya dan mudah yang penting mudah pengoperasiannya.  

Semoga tulisan mengenai cara menggunakan kamera HP sebagai Webcam ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!