Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Kompres File Menjadi Beberapa Bagian RAR ZIP
Cara Kompres File Menjadi Beberapa Bagian RAR ZIP

Berikut ini adalah cara compress file menjadi beberapa bagian RAR ZIP sehingga file yang dihasilkan tidak sekaligus besar untuk di copy karena akan dibagi menjadi kecil - kecil. Dengan cara split file zip /rar ini juga akan mengurangi resiko gagal upload atau gagal download.

Cara ini dapat anda lakukan kepada berbagai jenis file, seperti file game, video, program, galeri foto, musik, dll. Yang penting, pastikan semua file yang ingin anda kompres berada didalam satu folder.

Cara dibawah ini tidak bisa dilakukan secara online, anda harus memiliki program khusus seperti winrar atau 7zip. Jika belum silahkan download dan install terlebih dahulu, gratis dan ukuran file nya juga kecil.

Baca juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto Jadi Dibawah 200 Kb

Cara Kompres File Menjadi Beberapa Bagian RAR ZIP

Tutorial atau langkah - langkah lengkap untuk kompres file menjadi beberapa bagian RAR dari mulai download program sampai selesai, silahkan ikuti cara dibawah ini. Jika ada pertanyaan silahkan simpan dikolom komentar.

  1. Pastikan komputer atau laptop anda memiliki program WinRAR. Jika belum silahkan download dan install dari halaman resmi winrar berikut ini: https://www.win-rar.com/
  2. Pastikan semua file yang ingin di kompress telah berada didalam satu folder
  3. Silahkan tandai /blok file yang ingin dikompress kemudian >klik kanan sampai menu muncul
  4. Pilih menu >Add to archive.. hingga aplikasi Winrar terbuka.
    Cara Kompres File Menjadi Beberapa Bagian RAR ZIP
  5. Silahkan ganti nama bila file diperlukan dan pastikan anda memilih Archive format >RAR atau ZIP
  6. Selanjutnya pada kolom "Split to volume, size" silahkan pilih atau masukan ukuran setiap file yang telah di kompress. Contoh. Jika anda mempunyai file berukuran 4GB dan ingin membaginya menjadi 4 bagian setelah dikompress, maka silahkan masukan angka 1 dan ganti satuan menjadi GB.
    Cara Kompres File Menjadi Beberapa Bagian RAR ZIP
  7. Terakhir, silahkan klik tombol >OK untuk memulai proses kompresi file.
  8. Selesai. Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai sempurna.

File atau folder hasil dari kompresi umumnya akan disimpan di folder yang sama dengan file original.

Baca juga: Cara Cepat Download Google Drive Dengan IDM

Jangan sampai terpisah

Salah satu kekurangan dari format winrar yang dibagi - bagi ini adalah file yang harus terus berada didalam folder yang sama. Jika ada satu saja bagian file yang hilang, maka anda tidak dapat mengkekstrak sebagian file saja.

Maka dari itu, pastikan seluruh file hasil kompresi disimpan kedalam folder yang sama dan juga berurutan. Jika anda ingin merubah nama dari file - file tersebut, pastikan tetap seragam dan tetap berurutan.

Semoga tulisan mengenai cara kompres file menjadi beberapa bagian rar atau zip ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!.

Baca juga: Cara FIX Error Cannot Resume Downloading the file di IDM

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!