Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS

Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS

Berikut ini adalah cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows PC dan Mac OS (Apple). Dengan cara ini anda tidak perlu lagi mengirim atau menyimpan gambar tangkapan layar secara fullscreen, cukup screenshot layar komputer atau laptop sebagian saja sesuai keinginan.

Dengan cara ini anda jadi dapat memilih bagian mana yang bisa dibagikan dan bagian mana yang tidak perlu masuk ke screenshot. Cara ini sangat bermanfaat apalagi jika ada beberapa gambar atau data penting di layar yang sama yang tidak ingin anda bagikan.

Didalam tutorial atau langkah dibawah ini saya akan menunjukan 2 cara. Cara pertama yaitu tanpa aplikasi tambahan. dan cara kedua yaitu dengan aplikasi tambahan. Kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing - masing. Silahkan pilih yang mana yang lebih nyaman anda gunakan.

Baca juga: Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows

Cara screenshot layar komputer tanpa aplikasi tambahan

Untuk anda yang menggunakan OS windows, ada cara yang sangat mudah agar bisa screenshot layar komputer dengan ukuran custom sesuai keinginan kita. Kita hanya perlu menekan beberapa kombinasi tombol di keyboard untuk memunculkan mode custom screenshot, tanpa aplikasi tambahan.

Cara ini hanya bisa dilakukan di komputer dengan OS Windows 10 atau lebih baru. Jika anda menggunakan laptop/PC dari produk Apple (MacOS) atau menggunakan Windows 7 atau 8 silahkan langsung ke cara kedua dibawah.

  1. Siapkan tampilan layar yang ingin di screenshot
  2. Tekan tiga tombol ini "Windows+Shift+S" secara bersamaan, hingga layar komputer/laptop berubah menjadi gelap dan muncul menu screenshot di bagian atas layar
  3.  Secara default mode screenshot akan berada di rectangular snip atau mode persegi. Jika ingin bentuk lain, silahkan pilih mode lainnya seperti freeform snip (bentuk bebas), Window snip (satu buah jendela), Fullscreen snip (layar penuh). 
  4. Silahkan langsung mencoba dengan melakukan drag atau menekan klik kiri mouse kemudian tarik garis melintang di bagian layar yang ingin diambil tampilannya.
  5. Jika lokasi dan ukuran screenshot sudah pas silahkan lepaskan klik kiri mouse hingga muncul notifikasi dengan tulisan "Snip saved to clipboard"
    Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS
    contoh mengambil screenshot halaman rinditech.com sebagian saja (tidak fullscreen)

  6. Jika berhasil anda bisa langsung paste (ctrl+V) gambar hasil screenshot tersebut ke aplikasi chat seperti whatsapp, telegram, facebook, dll
  7. Anda juga bisa  menampilkannya di aplikasi pengolah gambar seperti paint, adobe, corel, dll dengan cara yang sama yaitu paste (ctrl+V) di salah satu aplikasi tersebut hingga hasil screenshot muncul. Selanjutnya anda bisa melakukan edit, atau langsung menyimpannya sebagai gambar JPG/PNG sesuai kebutuhan.

Cara screenshot layar komputer dengan aplikasi tambahan

Cara kedua ini memang sedikit lebih rumit namun jikan anda sering menggunakan fitur screenshot untuk dibagikan secara online dan instan, cara ini sangat layak dicoba. Saya pribadi lebih memilih cara dengan aplikasi tambahan ini karena sering berbagi screenshot secara instan ke teman/customer secara online dan salah satu fitur di aplikasi ini sangat membantu.

Cara ini bisa diterapkan di laptop/PC dengan OS Windows maupun MacOS (Macbook Apple).

  1. Untuk penggunaan pertama kita harus menginstall aplikasinya terlebih dahulu, silahkan buka halaman website Lightshot berikut ini: app.prntscr.com
  2. Silahkan klik tombol >Download for Windows atau >Download for Mac (Apple). Pilih sesuai OS komputer yang digunakan
    Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS

  3. Setelah aplikasi selesai di download silahkan install seperti biasa.
  4. Jika sudah terinstall silahkan lakukan restart PC atau laptop agar aplikasi terpasang sempurna
  5. Jika telah di restart silahkan coba dengan klik tombol >Printscreen di keyboard. Jika layar berubah menjadi gelap, maka aplikasi berhasil terinstall.
  6. Kemudian silahkan drag atau tarik mouse di area layar yang ingin di screenshot. Jika berhasil, menu screenshot akan muncul.
  7. Anda bisa langsung menyimpannya (dengan cara klik icon Save di menu yang muncul) ke folder di komputer atau membagikannya ke sosial media (dengan cara klik icon Copy) dengan menekan tombol paste (ctrl +V)
    Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS
    contoh mengambil screenshot halaman rinditech.com sebagian saja (tidak fullscreen)

  8. Selain itu, anda juga bisa mengedit hasil screenshot tersebut dengan beberapa menu editor yang disediakan oleh aplikasi sebelum dibagikan atau dikirim.

Fitur upload to server

Selain mengirim gambarnya langsung dengan menekan tombol paste, anda juga bisa mengunggah (upload) dengan cara klik icon upload yang menggunakan icon awan dan panah keatas. hasil screenshot tersebut ke server lightshot. Sehingga nantinya anda hanya perlu membagikan link hasil screenshot saja tanpa perlu mengirim gambar berkali - kali setiap anda kirim. 

Dengan begitu anda akan hemat waktu upload di setiap chat karena tidak perlu menunggu lama sampai gambar berhasil terkirim karena gambar sebelumnya sudah tersimpan di server aplikasi. Selain itu, anda juga tidak perlu khawatir tentang ruang penyimpanan karena setiap gambar yang diambil disimpan di server lightshot.

Dan fitur ini yang saya sering gunakan jika sedang berbagi screenshot dengan orang lain secara online. Terlebih jika aplikasi chat tersebut tidak mendukung pengiriman gambar atau jika koneksi antar aplikasi sedang tidak lancar.

Semoga tulisan cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows dan Mac OS ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,24,Design,6,Facebook,24,Finance,40,Formula 1,4,Games,30,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,241,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,30,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,242,Toko Online,40,Tutorial,270,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS
Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di Windows & Mac OS
Kita dapat memilih bagian mana yang tidak perlu masuk ke screenshot. Cara screenshot layar komputer dengan ukuran bebas di windows & mac os
https://1.bp.blogspot.com/-y6t3nwC0MR0/X7m2iPI3kXI/AAAAAAAAI7c/ym4h1icdqtcoRWllhLgqePtEV5TabHg2wCLcBGAsYHQ/w640-h356/Cara%2Bscreenshot%2Blayar%2Bkomputer%2Bdengan%2Bukuran%2Bbebas%2Bdi%2BWindows%2B%2526%2BMac%2BOS%2B4.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-y6t3nwC0MR0/X7m2iPI3kXI/AAAAAAAAI7c/ym4h1icdqtcoRWllhLgqePtEV5TabHg2wCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Cara%2Bscreenshot%2Blayar%2Bkomputer%2Bdengan%2Bukuran%2Bbebas%2Bdi%2BWindows%2B%2526%2BMac%2BOS%2B4.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/11/cara-screenshot-layar-komputer-dengan-ukuran-bebas-windows-mac-os.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/11/cara-screenshot-layar-komputer-dengan-ukuran-bebas-windows-mac-os.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content