Beranda
Microsoft
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menghapus File Download Setelah Update Windows 10 /11
Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10

Cara menghilangkan atau menghapus file download setelah update os di windows 10 atau 11. Dapat membersihkan file hingga 20 GB atau bahkan lebih tergantung dari versi update yang telah di download.

Setelah melakukan update OS (operating sistem) di Windows 10 atau Windows 11 terkadang file download untuk di install di PC atau laptop tidak terhapus secara otomatis. Harus dihapus secara manual dan dengan cara yang khusus pula.

Dalam beberapa kasus yang tidak terhapus secara otomatis bukanlah file download untuk update, melainkan sistem file yang sedang digunakan. Jadi yang masih tersimpan bukanlah file baru, tetapi sistem file lama yang otomatis tidak akan terpakai lagi

Amankah menghapus file download windows update?

Sistem yang masih disimpan (tidak dihapus) adalah sistem yang sedang digunakan sebelum mendapatkan update yang baru. Kenapa? Ini sebenarnya merupakan tindakan pencegahan yang diterapkan oleh Microsoft.

Tindakan pencegahan ini menyimpan sistem file yang lama sebagai sistem cadangan yang dapat digunakan kapan saja apabila sistem yang baru mengalami masalah ataupun gagal fungsi. Mungkin kalian pernah membaca kata – kata ini: “Back to Previous Version”.

Amankah menghapus file ini? Jika update telah terinstall ke sistem (biasanya setelah direstrat) maka file download tersebut sudah tidak diperlukan lagi (karena sudah diinstall ke sistem). Jadi kalaupun kita hapus file download tersebut tidak akan berpengaruh terhadap sistem windows yang sedang dipakai.

Sesuai pengalaman saya, beberapa kali menghapus file download ini setiap selesai install update tidak pernah ada masalah di sistem, semuanya aman lancar jaya.

Windows 10 Update Menggunakan 20 GB!

File sebesar ini mungkin akan jarang ditemukan pada sistem update yang ringan (minor), namun pada sistem update yang tergolong besar (mayor) kapasitas sebanyak itu sangatlah realistis untuk digunakan, karena kita berbicara sistem sebuah komputer bukan sistem pada 1 buah aplikasi.

Pada kasus dan praktek yang tim Rindi Tech alami, setidaknya kami dapat membersihkan 17 GB kapasitas hardisk, dan itu sangat.. sangat.. lumayannnn.. kan?!

Cara Menghapus File Download Setelah Update Sistem di Windows 10 /11

  1. Tekan tombol Start
  2. Ketik “disk cleanup” kemudian pilih.
    Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
  3. Pilih drive tempat kita menyimpan file sistem. (pada umumnya di drive C: ) >Ok.
  4. Pilih tombol “Clean up system files” di bagian bawah.
    Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
  5. Pilih drive tempat kita menyimpan file sistem. (pada umumnya di drive C: ) >Ok.
  6. Aktifkan (Ceklist) “Previous Windows Instalation(s)” yang ada pada daftar.
    Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
  7. Klik >Ok >Ok. Selesai! Selamat!

Selesai. Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan file selesai. Jika sudah silahkan periksa kembali local disk C, jika berhasil sekarang local disk C anda memiliki sisa memori /tempat kosong lebih banyak.

Tutorial versi video

Dibawah ini adalah tutorial versi video jika anda ingin lebih jelas langkah - langkahnya. Silahkan bisa langsung di play atau dibuka via Youtube. Jika anda sudah mengerti silahkan lanjutkan membaca ke paragraf selanjutnya dibawah.

Yang perlu diketahui tentang menghapus file update

Setelah melakukan cara diatas (menghapus file update) kita tidak akan bisa kembali ke windows versi sebelumnya. Sebenarnya ini peringatan yang sangat masuk akal karena berhubungan dengan keseluruhan sistem di komputer, tetapi untuk permasalahan yang mengharuskan kita kembali ke versi sebelumnya sangatlah kecil persentase nya.

Apalagi bila komputer kita tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, 17 GB atau 20 GB kapasitas kosong, akan sangat berarti! :)

Menghapus Device driver packages?

Bila anda melihat pada gambar diatas, kami juga membiarkan device driver packages dihapus, karena itu juga memberikan kapasitas penyimpanan yang lumayan sekitar 3 GB. Dan kami belum mengalami masalah setelah menghapus file – file diatas.

Jadi kami sarankan juga untuk menghapus file driver yang disebutkan diatas. Lumayan..

Apakah setelah update harus selalu menghapus manual?

Jawaban sederhananya, tidak. Setelah melakukan update pada umumnya file yang telah didownload dan di install akan dihapus secara otomatis oleh sistem. Namun memang ada beberapa update yang di program untuk menyimpan sistem file dari windows versi sebelumnya (sebelum di update).

Untuk mengetahuinya kita bisa lihat di bagian drive C: pada pengalaman kami, sistem file lama disimpan didalam folder bernama windows.old. Naah di folder inilah semua sistem file lama disimpan, dan perlu mengakses bagian cleanup disk untuk menghapusnya, tidak bisa dihapus langsung foldernya.

Kapan waktu terbaik untuk menghapus sistem file download tersebut?

Kami sarankan jangan langsung menghapus file download setelah update. Cobalah untuk melakukan eksplorasi pada windows atau computer yang telah di update, terutama pada fitur atau program – program yang baru.

Apabila anda yakin tidak ada masalah dengan windows baru anda seperti bug, missing file system, lag, hang, atau apapun yang mengganggu kinerja anda. Maka file download sudah aman untuk di hapus karena kita sudah menggunakan sistem pengganti yang lebih baru (update).

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan pencerahan bagi teman – teman yang sedang mencari cara menghapus file download setelah update di Windows 10. Apabila ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga: 

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

3 komentar

  1. maskhoped
    maskhoped
    Minggu, Agustus 20, 2023
    terima kasih banyak kak untuk tutorialnya, aku juga mikir gitu awalnya, storage tiba2 naik drastis.. mungkin file untuk instalasi windows(update) belum terhapus secara otomatis jadi harus di hapus secara manual, dan ternyata beneran ada, jadi terima kasih banyak tutorialnya kak
  2. Unknown
    Unknown
    Jumat, Oktober 02, 2020
    kalau menghapus file windows update apakah tidak merusak sistem kak ?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 03, 2020
      yang dihapus ini file mentahan update yang telah diinstall ke sistem. Jadi sebenarnya file tersebut sudah tidak dipakai lagi karena sudah diinstall pada saat update. Sampai sekarang PC saya aman2 saja, semuanya normal
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!