Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10

Cara menghilangkan atau menghapus file download setelah update os windows 10. Dapat membersihkan hingga 20 GB atau bahkan lebih!


Cara menghilangkan atau menghapus file download setelah update os di windows 10. Dapat membersihkan file hingga 20 GB atau bahkan lebih tergantung dari versi update yang telah di download.

Setelah melakukan update OS (operating sistem) di Windows 10 terkadang file download untuk di install di PC atau laptop tidak terhapus secara otomatis. Harus dihapus secara manual dan dengan cara yang khusus pula.

Dalam beberapa kasus yang tidak terhapus secara otomatis bukanlah file download untuk update, melainkan sistem file yang sedang digunakan. Jadi yang masih tersimpan bukanlah file baru, tetapi sistem file lama yang otomatis tidak akan terpakai lagi.

Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10

Kenapa windows update tidak dihapus otomatis?

Dalam kasus yang tim rinditech dapatkan, sistem yang masih disimpan (tidak dihapus) adalah sistem yang sedang digunakan sebelum mendapatkan update yang baru. Kenapa? Ini sebenarnya merupakan tindakan pencegahan yang diterapkan oleh Microsoft.

Tindakan pencegahan ini menyimpan sistem file yang lama sebagai sistem cadangan yang dapat digunakan kapan saja apabila sistem yang baru mengalami masalah ataupun gagal fungsi. Mungkin kalian pernah membaca kata – kata ini: “Back to Previous Version”.

Windows 10 Update Menggunakan 20 GB!

File sebesar ini mungkin akan jarang ditemukan pada sistem update yang ringan (minor), namun pada sistem update yang tergolong besar (mayor) kapasitas sebanyak itu sangatlah realistis untuk digunakan, karena kita berbicara sistem sebuah komputer bukan sistem pada 1 buah aplikasi.

Pada kasus dan praktek yang tim Rindi Tech alami, setidaknya kami dapat membersihkan 17 GB kapasitas hardisk, dan itu sangat.. sangat.. lumayannnn.. kan?!

Cara Menghapus File Download Setelah Update Sistem di Windows 10

  1. Tekan tombol Start
  2. Ketik “disk cleanup” kemudian pilih.
    Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
  3. Pilih drive tempat kita menyimpan file sistem. (pada umumnya di drive C: ) >Ok.
  4. Pilih tombol “Clean up system files” di bagian bawah.
    Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
  5. Pilih drive tempat kita menyimpan file sistem. (pada umumnya di drive C: ) >Ok.
  6. Aktifkan (Ceklist) “Previous Windows Instalation(s)” yang ada pada daftar.
    Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
  7. Klik >Ok >Ok. Selesai! Selamat!


Yang perlu diketahui tentang menghapus file update

Setelah melakukan cara diatas (menghapus file update) kita tidak akan bisa kembali ke windows versi sebelumnya. Sebenarnya ini peringatan yang sangat masuk akal karena berhubungan dengan keseluruhan sistem di komputer, tetapi untuk permasalahan yang mengharuskan kita kembali ke versi sebelumnya sangatlah kecil persentase nya.

Apalagi bila komputer kita tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup besar, 17 GB atau 20 GB kapasitas kosong, akan sangat berarti! :)

Menghapus Device driver packages?

Bila anda melihat pada gambar diatas, kami juga membiarkan device driver packages dihapus, karena itu juga memberikan kapasitas penyimpanan yang lumayan sekitar 3 GB. Dan kami belum mengalami masalah setelah menghapus file – file diatas.

Jadi kami sarankan juga untuk menghapus file driver yang disebutkan diatas. Lumayan..

Apakah setelah update harus selalu menghapus manual?

Jawaban sederhananya, tidak. Setelah melakukan update pada umumnya file yang telah didownload dan di install akan dihapus secara otomatis oleh sistem. Namun memang ada beberapa update yang di program untuk menyimpan sistem file dari windows versi sebelumnya (sebelum di update).

Untuk mengetahuinya kita bisa lihat di bagian drive C: pada pengalaman kami, sistem file lama disimpan didalam folder bernama windows.old. Naah di folder inilah semua sistem file lama disimpan, dan perlu mengakses bagian cleanup disk untuk menghapusnya, tidak bisa dihapus langsung foldernya.

Kapan waktu terbaik untuk menghapus sistem file download tersebut?

Kami sarankan jangan langsung menghapus file download setelah update. Cobalah untuk melakukan eksplorasi pada windows atau computer yang telah di update, terutama pada fitur atau program – program yang baru.

Apabila anda yakin tidak ada masalah dengan windows baru anda seperti bug, missing file system, lag, hang, atau apapun yang mengganggu kinerja anda. Maka file download sudah aman untuk di hapus karena kita sudah menggunakan sistem pengganti yang lebih baru (update).

Semoga artikel ini dapat membantu dan memberikan pencerahan bagi teman – teman yang sedang mencari cara menghapus file download setelah update di Windows 10. Apabila ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!.

Artikel Terkait Lainnya:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Corel,6,Crime,18,Google,9,HTML,5,Internet,35,Microsoft,6,Modem,7,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,18,Tips 'n Trick,87,Toko Online,9,Tutorial,108,WhatsApp,18,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10
Cara menghilangkan atau menghapus file download setelah update os windows 10. Dapat membersihkan hingga 20 GB atau bahkan lebih!
https://4.bp.blogspot.com/-6LtlZckhlwE/WqvO80-ikrI/AAAAAAAAEcE/YrgbXXzf0UojdHTDtbpGMJHGsSzaKlaogCLcBGAs/s640/Cara%2BMenghapus%2Bfile%2BDownload%2BSetelah%2BUpdate%2BWindows%2B10%2B5.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-6LtlZckhlwE/WqvO80-ikrI/AAAAAAAAEcE/YrgbXXzf0UojdHTDtbpGMJHGsSzaKlaogCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMenghapus%2Bfile%2BDownload%2BSetelah%2BUpdate%2BWindows%2B10%2B5.jpeg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2018/03/cara-menghapus-file-download-setelah-update-windows-10.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2018/03/cara-menghapus-file-download-setelah-update-windows-10.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy