Beranda
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

Berikut ini adalah cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2. Cara ini untuk anda yang ingin install file track atau sirkuit hasil download dari website seperti race departement, rfactor central, atau website lain yang memang menyediakan file sirkuit untuk game r Factor 2. 

Ini adalah cara install sirkuit yang kita dapatkan bukan dari workshop di steam. Jadi memang ada beberapa sirkuit yang hanya tersedia diluar workshop steam, biasanya sirkuit yang tersedia diluar workshop merupakan sirkuit alternatif dari yang berbayar atau sirkuit yang memang tidak ada di workshop.

Meskipun kebanyakan sirkuit ini gratis bukan berarti kualitasnya rendah atau asal - asalan. Banyak juga sirkuit dengan hasil laser scan yang pastinya membuat track semakin mirip dengan aslinya. Seperti sirkuit Spa, Nordschleife Nurburgring, dan masih banyak lagi track dengan kualitas tinggi namun tetap free alias gratis.

Yang perlu kita sediakan hanyalah koneksi internet (atau kuota internet) untuk mendownload semua track yang kita ingin install. Satu track umumnya berukuran 300 Mb - 1Gb, tergantung dari ukuran sirkuit dan juga detail yang ada didalamnya.

Karena rFactor 2 sudah ganti layout atau tampilan utama di game, maka cara dibawah ini sudah sulit untuk diikuti terutama di bagian install mod di pengaturan game. Jadi saya membuat tutorial baru dengan contoh di layout game rFactor 2 terbaru. Untuk artikelnya silahkan dibuka link dibawah ini:

Baca juga: Cara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)

Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

Disini saya akan mencontohkannya dengan melakukan download dan install sirkuit Nordschleife Nurgburgring laser scan dari website internasional sim racing. Jika anda sudah mempunyai sirkuit incaran di website lain, silahkan coba dengan sirkuit yang anda inginkan tersebut.

Seperti yang sudah saya jelaskan, anda bisa download sirkuit khusus game r factor 2 dari manapun, seperti racedepartement, rfactor central, dan juga website - website lainnya. Kebetulan saja saya saat ini ingin mencoba sirkuit Nordschleife dan yang menyediakan versi laser scanned itu ada di website internationalsimracing. 

  1. Pertama, silahkan buka halaman website yang menyediakan sirkuit yang anda inginkan
  2. Karena saya saat ini ingin mencoba sirkuit Nordschleife, maka saya sudah dapat dari google dan ini halaman websitenya: http://www.internationalsimracing.com/forum/index.php?topic=3813.0
  3. Silahkan klik tombol >download v1.0 (pastikan file sirkuit sudah dengan versi terbaru). File download sirkuit biasanya berupa file dengan ekstensi rfcmp atau dimasukan kedalam folder kompres seperti zip/rar disatukan dengan dokumen tambahan lainnya.
    Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

  4. Jika file yang didownload berupa file kompresi atau zip/rar silahkan ekstrak dulu hingga anda bisa melihat file dengan ekstensi rfcmp
  5. Copy atau pindahkan file sirkuit dengan ekstensi rfcmp tersebut ke alamat folder ini: Local Disk C: /Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/r Factor 2/Packages Jika anda menyimpannya di Local Disk lain silahkan cari folder ini: /SteamLibrary/steamapps/common/r Factor 2/Packages, yang penting file nya tersimpan di folder >Packages di folder install r Factor 2.
    Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

  6. Setelah file sirkuit tersimpan di folder Packages, silahkan buka atau jalankan game r Factor 2.
  7. Pada menu awal, silahkan pilih menu >content (icon box)
  8. Pada menu content silahkan cari nama file sirkuit yang baru saja disimpan di folder packages, pada contoh ini berarti saya harus mencari file bernama Nordschleife 2016.
  9. Jika sudah ditemukan nama sirkuit nya, silahkan klik atau >pilih sirkuit tersebut kemudian klik tombol >Install yang terletak dibagian bawah tampilan. 
    Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

  10. Tunggu hingga proses intall selesai, ditandai dengan tulisan Succeeded di notifikasi. Jika sudah silahkan klik tombol >Finish
  11. Selesai. Anda bisa langsung mencoba sirkuit yang baru saja di install di menu single player seperti biasa.
    Cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2

Sirkuit yang baru diinstall bisa langsung dicoba tanpa harus melakukan restart komputer ataupun restart aplikasi. Nama sirkuit akan langsung muncul di daftar sirkuit seperti biasa. Jika tidak muncul berarti ada yang salah di proses instalasi atau bisa juga file sirkuit tidak lengkap atau corrupted.

File download sirkuit bisa dihapus

Jika sirkuit atau track telah berhasil di install ke game r Factor 2, maka file download sirkuit dengan ekstensi frcmp yang berada di folder packages bisa langsung dihapus. Tapi jika anda ingin tetap menyimpannya, untuk jaga - jaga, silahkan saja.

Selain rFactor 2, ada banyak game simulasi balap lain seperti Assetto Corsa Competizione, iRacing, Automobilista, dan game - game lain. Semuanya dikenal karena mempunyai kemampuan untuk menduplikasi hukum fisik yang ada di mobil balap dunia nyata ke game. Sehingga pemain dapat merasakan sensasi yang sama seperti mengendarai mobil balap sungguhan. 

Semoga tutorial atau cara install manual mod track sirkuit di rFactor 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!