Beranda
Games
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)
Cara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)

Berikut ini adalah cara install mod track sirkuit di rFactor 2 dalam tampilan baru. Dengan cara ini kita bisa install track atau sirkuit di game rFactor 2 dengan cara download manual diluar workshop yang pastinya akan semakin melengkapi koleksi sirkuit di game anda.

Sebenarnya tutorial langkah install track di rFactor 2 ini telah saya buat beberapa waktu lalu di website RindiTech ini, namun sekarang tampilan game rFactor 2 sudah berubah drastis dan saya rasa tutorial yang sudah dibuat tersebut sudah tidak relevan karena tata letak menu dan proses masuk game yang jauh berbeda.

Umumnya, track yang sangat detail akan membuat komputer bekerja lebih keras jika dibandingkan dengan bermain di track yang detailnya tidka terlalu tinggi. Lebih jelasnya akan dibahas di bagian akhir tutorial install track ini.

Baca juga: Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2

Cara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)

  1. Pertama kita harus memiliki file track atau sirkuit yang ingin diinstall. Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan pencarian di google. Pada contoh ini saya ingin menginstall sirkuit Imola, maka saya mencari kata kunci "imola track rFactor 2" maka muncul beberapa pilihan, silahkan cari dan pilih website yang menyediakan file track yang bisa di download.
  2. Silahkan download file track /sirkuit yang anda inginkan untuk nanti diinstall di game. File yang siap di install biasanya memiliki type (akhiran) ".rfcmp". 
  3. Jika telah berhasil di download silahkan simpan file tersebut di folder Packages dengan directori dibawah ini. "....Steam/steamapps/common/rFactor 2/Packages". Silahkan sesuaikan local disk sesuai tempat anda menginstall game rFactor 2. Contohnya, karena saya menginstall game di "Local Disk C" maka saya harus menyimpannya di folder C:/Program Files (x86)/Steam/steamapps/common/rFactor 2/Packages. Jika anda menginstallnya di Local Disk D silahkan sesuaikan, yang penting simpan di folder Packages.Cara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)
  4. Selanjutnya silahkan buka/jalankan game rFactor 2
  5. Pada halaman utama game, silahkan pilih menu >Content
  6. Di halaman Content silahkan pilih menu >PackagesCara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)
  7. Pada halaman Packages akan muncul semua track dan mobil yang telah dan belum diinstall. Silahkan cari file track yang baru saja kita simpan di folder Packages. Karena pada contoh ini kita akan coba install sirkuit imola, maka kita fokus cari file dengan nama imola. Selain mencari manual di daftar yang ada, kita juga bisa menggunakan kolom pencarian. Tanda lainnya, file yang belum di install memiliki tanda silang merah sedangkan file yang sudah diinstall memiliki tanda ceklis hijau.
  8. Jika kita sudah menemukan file track nya, silahkan pilih/klik file tersebut kemudian klik tombol >Install. Tunggu beberapa saat hingga proses install sirkuit selesai. Cara Install Mod Track Sirkuit di rFactor 2 (Tampilan Baru)
  9. Jika file track sudah selesai di install maka kita bisa langsung mencobanya.

Silahkan langsung test drive atau coba sirkuit yang baru diinstall. Tidak perlu melakukan restart game apalagi restart komputer. 

Baca juga: Daftar Mobil dan Sirkuit Gratis di iRacing untuk Pemula (Entry level)

Rekomendasi website untuk download track rFactor 2

Jika teman - teman bingung memilih website yang bisa dipercaya, Berikut ini beberapa website yang saya secara pribadi sering kunjungi untuk mencari /download file track untuk di install di game rFactor 2.

  • racedepartement.com
  • internationalsimracing.com
  • simracinghub.com
  • rfactorcentral.com
  • simracing-gp.net
  • dll

Pada umumnya hampir semua website yang muncul di pencarian google (terutama di halaman 1) bisa dipercaya dan aman. Yang berbeda mungkin di proses download, ada yang mengharuskan kita memiliki akun dulu (seperti website racedepartment) agar bisa download file, ada juga yang bisa langsung di download tanpa harus memiliki akun di website tersebut.

Semuanya kembali lagi ke selera masing - masing, jika yang tanpa login kita bisa menghemat waktu dan langsung ke proses download. Jika dengan login biasanya website tersebut lebih mejanjikan seperti memliki koleksi track yang lengkap dan keuntungan - keuntungan lainnya.

Lihat juga ukuran file track yang digunakan, jika ukuran file semakin besar maka kemungkinan detail track juga lebih akurat seperti gedung - gedung atau keadaan disekitarnya dibua sangat mirip dengan aslinya, begitu juga sebaliknya. Ukuran file juga berpengaruh ke proses loading game dan sumber daya yang dibutuhkan. 

Semoga tulisan mengenai cara install mod track sirkuit di rFactor 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!