Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara cepat kirim video dengan link online stream instant

Cara mudah kirim video dengan link online stream instant

Berikut ini adalah cara kirim video dengan link online stream. Dengan cara ini kita tidak perlu lagi upload video berkali - kali ke setiap platform atau group yang ada. Kita hanya perlu melakukan upload sekali dan link video bisa langsung dibagikan ke setiap group atau aplikasi yang diinginkan secara instant.

Terkadang kita harus melakukan upload video beberapa kali agar bisa dilihat di group yang berbeda di berbagai platform atau aplikasi. Dan terkadang juga ada aplikasi seperti whatsapp dan Discord yang membatasi ukuran file video yang dapat dikirim.

Masalah - masalah diatas tentunya sangat mengganggu ya apalagi jika kebutuhan ini menyangkut dengan hal yang penting seperti urusan pekerjaan. Dengan membagikan video berupa link, kita dapat menghemat waktu upload menjadi hanya 1x saja. Setelah link video tersedia, kita bisa bagikan atau share ke berbagai group dan platform dengan lebih cepat.

Baca juga: Cara mudah rekam layar komputer dengan audio

Tanpa daftar dan login, langsung upload dan bagikan link

Sebenarnya sudah banyak website yang menyediakan jasa streaming atau upload video yang dapat dibagikan secara instant seperti Youtube, Google Drive, Vimeo, dan penyedia jasa mainstream lainnya. Namun semua layanan tersebut mengharuskan kita mempunyai akun terlebih dahulu sedangkan kita ingin yang benar - benar instant, upload langsung kirim link.

Dan ternyata ada alternatif website yang menyediakan jasa berbagi video tanpa harus login atau membuat akun terlebih dahulu. Website tersebut bernama streamable, saya secara pribadi juga baru - baru ini menggunakan website streamable untuk membagikan cuplikan - cuplikan game yang saya mainkan bersama teman - teman.

Cara mudah kirim video dengan link online stream instant

  1. Silahkan siapkan file video yang ingin dibagikan
  2. Buka website streamable.com
  3. klik tombol >Upload a video file
    Cara mudah kirim video dengan link online stream instant

  4. Jendela explorer akan terbuka, silahkan >pilih file video yang ingin dibagikan untuk di upload
  5. Jika sudah dipilih silahkan klik tombol >Open
    Cara mudah kirim video dengan link online stream instant

  6. Sistem akan langsung memulai proses upload video ke server streamable. Tunggu hingga proses selesai.
  7. Jika proses upload telah selesai, silahkan klik tombol >Copy Link dibagian bawah video. Atau bisa juga blok lalu copy (salin) alamat website/link disamping tombol "Copy Link". 
    Cara mudah kirim video dengan link online stream instant

  8. Setelah link tersebut berhasil di copy, anda hanya perlu membagikan (paste/tempel) link tersebut lalu kirim di setiap kontak atau group yang anda inginkan.

Bisa dibagi dimana saja?

Setiap aplikasi atau platform yang bisa mengirim link, berarti bisa dikirim link video dari website streamable ini ya seperti Whatsapp, discord, Telegram, Facebook, dan aplikasi atau website lainya. Yang penting si penerima memiliki akses internet secara umum agar dapat memutar video dari website streamable.

Bahkan di aplikasi seperti Discord, penerima tidak perlu lagi membuka halaman website streamable, karena video akan otomatis diputar didalam aplikasi discord.

Baca juga: Cara always on top video di browser chrome

Berapa lama link akan aktif?

Didalam pengumuman resminya, pihak streamable mengatakan bahwa untuk akun gratis (seperti yang dicontohkan didalam tutorial) video yang diupload akan tersimpan selama 3 bulan kemudian akan dihapus secara otomatis agar server bisa digunakan untuk video baru.

Jika ingin menyimpan video lebih lama dari 3 bulan maka perlu akun berbayar sehingga video akan terus ada selama anda berlangganan atau sampai anda menghapusnya secara langsung.

Videos uploaded on the free plan are deleted after 3 months in order to make room for new content. For paid plans, videos are deleted only upon request.

Semoga tutorial mengenai cara mudah kirim video dengan link online stream instant ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom pertanyaan seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser! 

Baca juga: Cara Menggunakan Kamera HP sebagai Webcam di PC

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!