Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara always on top video di browser chrome
Cara always on top video di browser chrome

Berikut ini adalah cara always on top video di browser chrome. Dengan cara ini anda akan tetap dapat menonton video online yang ada di website lain seperti youtube sambil membuka tab lain atau program lain di PC atau laptop tanpa menutupi video.

Dengan cara ini anda tidak perlu lagi berpindah - pindah tab atau aplikasi ketika anda sedang mengerjakan sesuatu namun tetap ingin menonton video online yang diatur agar selalu muncul dijendela paling atas. Contohnya, anda tetap dapat mengerjakan tugas di aplikasi microsoft word sambil menonton video di youtube disebagian kecil layar monitor anda.

Pada cara ini anda juga dapat mengatur lokasi dan ukuran jendela atau video yang sedang diputar. Jadi jika pandangan anda terhalang oleh lokasi atua penempatan video yang sedang diputar (karena always on top) anda bisa langsung drag (geser) video tersebut ke lokasi manapun sesuai keinginan.

Ada 2 langkah 2 utama yang harus anda lakukan, pertama anda harus memasang ekstensi dari Chrome Web Store. Kedua, anda harus mengaktifkannya pada video yang ingin anda putar dan atur sebagai 'always on top'.

Baca juga: Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google

Pasang ekstensi di browser

Sebelum ke langkah agar membuat sebuah video online diputar dengan pengaturan always on top, anda harus memasang sebuah ekstensi terlebih dahulu di browser. Cara ini hanya dilakukan sekali saja, untuk selanjutnya bisa langsung ke cara dibawahnya.

Jika anda ingin melihat contoh berupa video ada di paragraf selanjutnya.

  1. Pertama silahkan buka halaman website Chrome Web Store di link berikut ini: https://chrome.google.com/webstore/category/extensions
  2. Selanjutnya pada kolom pencarian silahkan cari atau ketik "picture in picture by google" kemudian klik >Enter
  3. Akan muncul beberapa pilihan ekstensi, silahkan pilih ekstensi yang langsung resmi dari google dengan nama Picture-in-picture Extension by Google  (Jika tidak ketemu bisa langsung klik link ini ya: https://chrome.google.com/webstore/detail/picture-in-picture-extens/hkgfoiooedgoejojocmhlaklaeopbecg )
  4. Selanjutnya silahkan klik tombol >Add to Chrome. Silahkan lanjutkan konfirmasi dengan menekan tombol Add extension. Tunggu bebrapa saat hingga ekstensi terpasang sempurna.pada bagian toolbar browser Chrome silahkan klik icon ekstensi hingga muncul menu lanjutan
  5. Pada bagian toolbar browser Chrome silahkan klik icon ekstensi hingga muncul menu lanjutan
  6. Klik tombol pengaturan ekstensi yang terletCari ekstensi Picture in picture by Google yang telah terinstall kemudian klik tombol >Pin agar icon ekstensi selalu muncul di bagian toolbar browserpada bagian toolbar browser Chrome silahkan klik icon ekstensi hingga muncul menu lanjutan

Seperti yang telah diberitahukan diatas, anda hanya perlu memasang esktensi ini sekali saja. Jika sudah terpasang, anda hanya perlu menekan icon ekstensi tersebut untuk mengaktifkannya. Caranya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Cara always on top video di browser chrome

Jika ekstensi sudah berhasil terpasang seperti pada cara diatas, silahkan lanjutkan dengan proses dibawah ini agar video yang sedang anda tonton di tab lain selalu diatas (always on top). Saya akan mencontohkannya dengan menggunakan video yang ada di website youtube.

  1. Pertama, buka halaman video yang anda ingin tonton. Pada contoh ini saya akan menonton salah satu video yang ada di youtube
  2. Silahkan >putar/play video tersebut seperti biasa
  3. Selanjutnya >klik icon picture in picture yang ada dibagian ekstensi (kanan-atas). Video yang sedang diputar tersebut akan otomatis terbuka di player terpisah dan sudah otomatis memiliki pengaturan always on top.
  4. Alternatifnya bisa langsung tekan shortcut "Alt+P" untuk langsung mengaktifkan fitur video always on top di browser chrome ini.pada bagian toolbar browser Chrome silahkan klik icon ekstensi hingga muncul menu lanjutan
  5. Jika video sudah terbuka di jendela baru, silahkan coba >buka tab lain atau aplikasi lain di komputer. Jika berhasil video yang sedang diputar akan selalu berada di posisi paling atas alias always on top.
  6. Silahkan drag (geser) video ke posisi yang anda inginkan agar tidak mengganggu pekerjaan anda yang lain. Dan anda juga dapat merubah ukuran video dengan menarik pojok layar keluar dan ke dalam untuk memperbesar dan memperkecil.

Selesai. Dengan cara ini anda tetap dapat menonton video favorite anda sambil mengerjakan tugas sekolah atau tugas kantor tanpa harus bolak - balik jendela untuk menonton video tersebut. 

Dibawah ini adalah tutorila berupa video youtube cara always on top video di browser chrome. Jika anda ingin mengikuti tutorial berupa video silahkan play video dibawah ini. 

Baca juga: Cara Menghapus file Download Setelah Update Windows 10

Bagaiana dengan website lain selain Youtube?

Ekstensi ini juga bisa dipakai di website penyedia video lain ya, sampai saat ini saya baru bisa test di Youtube dan UseeTV (Indihome) dan keduanya bisa diatur always on top. Caranya juga sama, bisa tekan icon picture in picture atau bisa tekan shortcut "Alt + P".

Untuk website - website lainnya juga sepertinya bisa dan tidak ada masalah ya, kecuali mungkin beberapa website yang kurang dikenal oleh sistem google. Tapi apapun website nya, silahkan dicoba saja langsung.

Kekurangan ekstensi picture in picture by Google

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, pertama untuk dapat mengatur kecepatan, skip, ataupun resolusi video harus dilakukan langsung dari halaman asli video, bukan dari video yang berada di jendela always on top. Didalam player picture in picture hanya ada tombol play/pause  dan kembali (ke tab original).

Aplikasi ini hanya untuk video yang ada didalam sebuah halaman, bukan untuk halamannya. Jadi jika anda ingin sebuah halaman website selalu berada di atas, itu tidak bisa, karena bukan video. 

Secara keseluruhan bagi saya pribadi ekstensi ini sudah cukup dan memberikan solusi terhadap kebutuhan saya yang ingin menonton video di youtube tetapi juga ingin sekaligus membuka aplikasi lain saat menontonnya (multitasking).

Semoga tutorial atau pembahasan mengenai cara always on top video di browser chrome ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Terimakasih. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!