Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya

Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya
Yasuhiro Ootori, Vice President Mechanical Design memegang PS5 | Sumber: Youtube PlayStation

Yup! Halaman youtube Sony PlayStation sekali lagi membuat kejutan tentang konsol game terbarunya, PS5. Sony PS5 dibongkar oleh salah satu petinggi di Sony Interactive Entertainment. Dan setelah melihat isinya, saya secara pribadi menjadi lebih percaya dengan kemampuan konsol game legendaris ini.

Video teardown atau bongkar - bongkar alat elektronik sudah bukan hal aneh lagi, sudah banyak youtuber yang melakukannya seperti JerryRigEverything dan youtuber lainnya. Namun bagaimana jika video bongkar - bongkar itu dilakukan oleh produsennya sendiri?

Yup! Mungkin Sony juga ingin beradaptasi dengan iklim dan budaya membeli masyarakat saat ini. Salah satunya yaitu, mereka ingin melihat dulu bagaimana isi dan sparepart dari gadget yang mereka ingin beli. Dan Sony pun terlihat sangat percaya diri dalam menunjukan setiap komponen yang ada didalam PlayStation 5 ini.

Didalam video tersebut juga bukan orang sembarangan, yang melakukan pembongkaran (teardown) adalah Yasuhiro Ootori selaku Vice President, Mechanical Design Dept., Hardware Design Division, Sony Interactive Entertainment.

Baca juga: Controller PS5 - DualSense Wireless Controller

Tutorial mengganti posisi dan cover

Tidak hanya menunjukan spare part atau mesin yang ada di PS5, pada video ini Sony juga memberikan tutorial dalam mengganti posisi PS5 dari berdiri (vertika) ke terlentang (horizontal). Di awal video terlihat Yasuhiro Ootori melepaskan dudukan PS5, dan memasangnya di bagian lain sehingga PS5 dapat disimpan dalam posisi terlentang atau horizontal yang semula berdiri (vertikal).

Selain itu, Ootori juga menunjukan cara membuka kedua cover putih PS5 ini. Dan yang mengesankan adalah, untuk membuka kedua cover ini tidak memerlukan obeng atau alat bantu apapun. Ootori menunjukan cara untuk membukanya adalah dengan cara digeser, tidak perlu obeng atau alat bantu lain.

Dengan kemudahan ini, timbul pendapat bahwa nantinya akan banyak perusahaan 'casing' yang menjual cover ini namun dengan berbagai desain. Seperti halnya desain cover atau pelindung HP yang sekarang ini banyak sekali desainnya.     

Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya

Yup! Dari judulnya saja "PS5 Teardown" terlihat sekali bahwa Sony sangat membanggakan hasil pengembangan mereka selama beberapa tahun terakhir. Dan dari pengamatan sekilas saya terhadap spare part yang ditunjukan, PS5 ini benar - benar akan memberikan performa yang jauh lebih baik dari pendahulunya, PS4.

Tidak ada hard disk drive

Hal ini sudah diprediksi oleh banyak pengamat bahwa penggunaan Hard disk drive pada konsol sudah tidak relevan lagi karena game - game saat ini sangat 'demanding' dengan performa, terutama kecepatan loading dan tampilan atau grafis.

Sony menggunakan custom SSD 825GB untuk sistem dan penyimpanan. Selain itu, Sony menyiapkan slot SSD NVMe untuk pengguna yang ingin menambah kapasitas memori.

Bagi para pengguna komputer atau laptop yang sudah pernah menggunakan HDD dan SSD pasti sudah mengerti bagaimana perbedaannya. Performa SSD jauh lebih cepat berkali lipat jika dibandingkan dengan kecepatan Hard disk drive yang digunakan di PS4. 

Ukuran kipas yang besar dan tebal

Sebelumnya saya juga tidak pernah membayangkan ukuran kipas di PS5 akan sebesar itu karena ketebalannya hampir sama dengan ketebalan PS5 secara keseluruhan. Ukuran kipas yang besar ini ternyata untuk mengimbangi ukuran heatsink yang juga sangat tebal dan besar.

kalau dibagi volume, heatsink dan kipas di PS5 ini menjadi sparepart yang paling banyak menghabiskan ruangan. Namun begitu, hal ini juga menunjukan bahwa sistem pendinginan atau cooling untuk PS5 sangat dapat diandalkan.

Dengan kapasitas pendinginan yang besar tentunya dapat mendukung kepada performa mesin untuk dapat bekerja dalam keadaan maksimal. Semakin berat mesin bekerja maka suhu mesin juga akan meningkat, disanalah sistem pendingin diperlukan. 

Kita tinggal berharap dengan besarnya ukuran kipas tersebut tidak menimbulkan suara yang terlalu berisik. Seperti yang kita tahu pengguna PS4 banyak yang mengeluh dengan suara kipas yang mengganggu saat mereka sedang bermain, terutama jika bermain dengan resolusi 4K.

Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya
Kumpulan Sparepart PlayStation 5


Spesifikasi PS5

Dari video bongkar PS5 tersebut juga diketahui spesifikasi dari konsol game terbaru dari Sony ini. Berikut ini daftar lengkapnya.

  • CPU: AMD Zen 2-based CPU with 8 cores at 3.5GHz (variable frequency)
  • GPU: 10.28 TFLOPs, 36 CUs at 2.23GHz (variable frequency)
  • GPU architecture: Custom RDNA 2
  • Memory interface: 16GB GDDR6 / 256-bit
  • Memory bandwidth: 448GB/s
  • Internal storage: Custom 825GB SSD
  • IO throughput: 5.5GB/s (raw), typical 8-9GB/s (compressed)
  • Expandable storage: NVMe SSD slot
  • External storage: USB HDD support (PS4 games only)
  • Optical drive: 4K UHD Blu-ray drive

Selain spesifikasi, harga PS5 ini juga sudah resmi diumumkan, untuk versi dengan Optical drive dibanderol dengan harga $ 499 atau 7,3 juta rupiah. dan untuk versi digital dibanderol $ 449 atau 6,6 juta rupiah. Harga ini belum termasuk pajak ya..

Bagaimana menurut anda? Apakah setelah melihat PS5 dibongkar oleh ahlinya tersebut lebih meyakinkan anda? Semoga informasi mengenai video PS5 Teardown atau bongkar - bongkar PS5 ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,24,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,29,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,241,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,29,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,240,Toko Online,39,Tutorial,267,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya
Sony PS5 dibongkar, semakin menjanjikan setelah lihat isinya
Sony PS5 dibongkar oleh salah satu petinggi di Sony Interactive Entertainment, menjadi lebih percaya dengan kemampuan konsol game legendaris ini.
https://1.bp.blogspot.com/-9gv5Vb5pqZE/X4LJBp55rPI/AAAAAAAAI3o/-oXKuV1piCEXbS-bYE0IvhZmml8vaKqgQCLcBGAsYHQ/w640-h360/PS5%2Bdibongkar%2BTeardown%2B.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9gv5Vb5pqZE/X4LJBp55rPI/AAAAAAAAI3o/-oXKuV1piCEXbS-bYE0IvhZmml8vaKqgQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/PS5%2Bdibongkar%2BTeardown%2B.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/10/sony-ps5-dibongkar-semakin-menjanjikan.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/10/sony-ps5-dibongkar-semakin-menjanjikan.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content