Yuhu! TikTok siapkan dana 200 juta dollar untuk para konten kreator

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
TikTok
Yuhu! TikTok siapkan dana 200 juta dollar untuk para konten kreator
Yuhu! TikTok siapkan dana 200 juta dollar untuk para kreator
Seiring dengan pertumbuhannya yang sangat pesat, TikTok mulai menunjukan keseriusannya untuk menjaga para konten kreator yang ada di TikTok. Dalam blog resmi nya TikTok menyampaikan bahwa mereka telah menyediakan creator fund atau dana sekitar 200 juta dollar untuk para konten kreator.

Dana segar ini ditujukan untuk para konten kreator yang serius dan benar - benar ingin membangun karir di TikTok. Hal ini termasuk langkah besar yang diambil oleh TikTok untuk memberikan dana secara langsung kepada para konten kreator yang ada disana.

Nantinya para konten kreator yang memenuhi kualifikasi akan mendapat bayaran secara rutin langsung dari TikTok. Walaupun belum disebutkan berapa nilai bayaran yang akan diterima, tetapi TikTok menjanjika bahwa uang yang diterima akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.


Syarat mendapatkan uang dari TikTok

Secara umum, pihak TikTok menyebutkan bahwa mereka tiktokers atau kontent kreator TikTok yang bisa mendapatkan dana 'creator fund' tersebut harus memenuhi beberapa syarat dibawah ini.

  • Berumur minimal 18 tahun
  • Memposting video original secara konsisten
  • Video yang diposting harus selalu mengikuti peraturan  (community guidelines)
  • Jumlah followers minimal (belum disebutkan oleh pihak TikTok)
  • Melakukan pengajuan /pendaftaran program
  • Dan syarat lain yang (mungkin) belum disebutkan

Karena ini masih dalam tahap awal, sepertinya masih ada syarat - syarat lain yang harus dipenuhi oleh para konten kreator agar dapat masuk kedalam daftar penerima 'creator fund' ini.

Saat ini program creator fund yang diadakan oleh TikTok masih dibatasi untuk pengguna yang berlokasi di Amerika saja dan mereka bisa mulai mendaftar di bulan Agustus ini. Untuk kedepannya akan diperluas lagi ke negara - negara lain, termasuk Indonesia. Namun pihak TikTok belum dapat memastikan perluasan tersebut kapan terealisasi. 

TikTok siapkan dana 200 juta dollar untuk para kreator

Walaupun sebenarnya sudah banyak para konten kreator yang menuai kesuksesan diluar TikTok seperti Charli D’Amelio dan Dixie D’Amelio, pihak TikTok ingin mereka tetap aktif membuat konten di akun TikTok mereka.

Setidaknya untuk beberapa waktu kedepan, TikTok ingin orang - orang yang sudah terkenal diluar TikTok untuk tetap aktif membuat konten di akun tiktok mereka agar tidak kehilangan banyak pengguna.

Dengan dana senilai $200.000.000 atau dua ratus juta dollar ini sepertinya akan membuat para konten kreator betah dan juga akan mendatangkan pengguna - pengguna baru.

Through the TikTok Creator Fund, our creators will be able to realize additional earnings that reflect the time, care, and dedication they put into creatively connecting with an audience that’s inspired by their ideas,Vanessa Pappas, general manager TikTok.

Vanessa Pappas menjelaskan bahwa dengan Creator Fund yang disiapkan oleh TikTok ini diharapkan para kreator dapat melihat potensi aplikasi ini dalam menghasilkan uang tambahan dari video - video yang mereka buat. Dan diharapkan dengan adanya dana untuk kreator ini, para kreator menjadi lebih terinspirasi dan lebih semangat lagi untuk membuat konten - konten yang lebih kreatif.

Sebelumnya TikTok juga telah mengeluarkan uang sebesar 50 juta dollar untuk para konten kreator yang juga berprofesi sebagai guru pada akhir Mei yang lalu. Dan sepertinya langkah tersebut memberikan hasil yang posifit sehingga program tersebut diperluas dan jumlahnya lebih banyak.

Perbedaan dengan aplikasi lain

Walaupun sama - sama menyajikan konten video, namun sebenarnya TikTok berbeda dengan Youtube. Youtube menyajikan video - video yang lebih panjang dan lebih mirip ke konten di televisi, sedangkan TikTok lebih fokus ke video - video pendek yang kreatif dan menghibur.  

Walaupun sering dibandingkan dengan Youtube, TikTok sebenarnya lebih cocok disandingkan dengan Instagram dengan fitur dan layanan yang hampir mirip.

Baik di Youtube maupun Instagram, sekarang ini sumber uang yang dapat dihasilkan dari kedua platform tersebut sudah lumayan terlihat jelas. Hal ini juga sepertinya yang membuat para konten kreator lainnya masih belum tertarik untuk membuat akun di TikTok.

Dari keadaan ini sepertinya TikTok tidak ingin kehilangan para kreator nya yang sudah memiliki banyak followers di TikTok pindah ke platform lain seperti Youtube dan Instagram. 

Maka dari itu TikTok terlihat berusaha membuat para konten kreator yang ada di TikTok tetap betah dan tetap aktif membuat konten dengan cara memberikan dana insentif yang fantastis.

Strategi dan langkah politik TikTok

Dengan langkah ini, sepertinya TikTok juga ingin menjaga usaha mereka agar tetap bisa berjalan di negara Amerika. Pasalnya saat ini TikTok Juga sedang dalam keadaan yang tidak baik di beberapa negara. Salah satunya seperti India yang masih memblokir TikTok karena negaranya sedang bermasalah dengan China.

TikTok juga sedang bermasalah dengan pemerintah Korea Selatan karena mereka dianggap salah dalam menangani data anak - anak di Korea Selatan. Pihak pemerintah Korea Selatan juga dikabarkan telah memberikan denda yang cukup besar kepada TikTok karena kesalahannya tersebut.

Terlepas dari isu politik ataupun keamanan, bagi para konten kreator yang aktif di TikTok tentunya informasi ini menjadi berita gembira karena akhirnya mereka akan mendapat 'keran' baru dalam menghasilkan uang di aplikasi TikTok.

Kita tunggu saja beberapa waktu kedepan, semoga berita baik ini juga segera datang kepada konten kreator yang ada di Indonesia ya.

Semoga informasi mengenai Tiktok siapkan dana 200 juta dollar untuk para konten kreator ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!