Wow! Spotify membeli podcast Joe Rogan dengan nilai yang fantastis

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Finance
News
Wow! Spotify membeli podcast Joe Rogan dengan nilai yang fantastis
Wow! Spotify membeli podcast Joe Rogan dengan nilai yang fantastis
Yup! Nampaknya kegiatan akuisisi perusahaan - perusahaan baru oleh perusahaan raksasa masih menjadi trend. Hal ini ditunjukan oleh Spotify membeli acara podcast Joe Rogan dengan nilai yang fantastis.

Saat ini ada trend lain dalam membuat konten untuk dikonsumsi orang banyak. Selain membuat video di Youtube, saat ini konten podcast ("siniar" dalam KBBI) atau bincang - bincang sedang naik daun. Teknologi lama (audio bincang - bincang) yang sepertinya mulai diminati lagi.

Bagi anda warga +62 yang suka buka video Youtube, pastinya pernah berkunjung atau melihat channel Youtube om Deddy Corbuzier yang sering berbincang panjang dengan nara sumbernya. Nah, dari jumlah penontonya yang terus meningkat dapat dilihat bahwa saat ini orang - orang suka mendengan perbincangan yang panjang dan mendalam.

Dari pergeseran selera penonton ini juga sepertinya Spotify melihat peluang yang sangat besar dari bisnis podcasting yang dimana sejalan dengan jenis bisnis yang dijalani oleh Spotify ini.

Baca juga: Cara Menambahkan File Mp3 di PC ke Spotify

Spotify membeli podcast Joe Rogan lebih dari 100 juta dollar

Dalam beberapa laporan disebutkan bahwa Spotify harus mengeluarkan biaya lebih dari 100 juta dollar agar tayangan podcast Powerful JRE (Joe Rogan Experience) dapat tayang di Spotify secara ekslusif. Ini artinya podcast JRE akan 'pindah channel' dari Youtube ke Spotify.

Nilai tersebut memang terasa sangat besar untuk sebuah acara podcast. Namun laporan Forbes menyebutkan bahwa Joe Rogan berhasil membukukan pendapatan sebesar 30 juta dollar di tahun lalu yang bersumber dari iklan di podcast nya. Hal tersebut menunjukan betapa besarnya potensi pendapatan di acara Joe Rogan Experience.

Walaupun acara podcast Joe Rogan Experience sudah dibeli oleh Spotify, para pengguna spotify tetap dapat mendengarkan acara podcast ini secara gratis. Baik akun spotify premium maupun yang gratis keduanya tetap dapat mendengarkan acara podcast yang dipandu Joe Rogan tersebut.

Dominasi di Industri Audio

Tanpa konten podcast pun sebenarnya Spotify sudah memiliki banyak pendengar dari musik - musik yang mereka sediakan. Namun sepertinya rencana besar Spotify tidak sampai di musik, Spotify sepertinya ingin mendominasi seluruh bisnis di industri audio.

Sebelumnya, Spotify juga telah membeli acara podcast The Ringer milik Bill Simmons yang dilaporkan senilai 196 juta dollar. Harga ini hampir 2 kali lipat Spotify membeli acara podcast Joe Rogan. Dan sepertinya Spotify tidak akan berhenti di sini. Seperti halnya perusahaan raksasa lain, Spotify nampaknya akan terus mengakuisisi acara - acara yang mempunyai kekuatan di industri audio.

Menurut anda acara apa lagi yang akan dibeli oleh Spotify? Semoga tulisan mengenai Spotify membeli podcast Joe Rogan ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Harga Youtube Premium di Indonesia - Dapat Apa Saja Ya..?

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!