Beranda
Microsoft
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menghilangkan Semua Shortcut Icon di Desktop Windows
Cara Menghilangkan Semua Shortcut Icon di Desktop Windows

Berikut ini adalah cara menghilangkan semua shortcut icon di desktop. Dengan cara ini tampilan desktop anda akan menjadi bersih dari semua file/shortcut yang ada disana. Dengan cara ini juga anda dapat mengembalikan semua shortcut yang dihilangkan tadi dengan mudah.

Dengan desktop yang bersih wallpaper yang anda gunakan pasti akan jelas terlihat tanpa terhalang oleh icon - icon yang mengganggu. Terkadang wallpaper yang kita gunakan harus menyesuaikan posisi icon yang ada di desktop, namun kali ini hal tersebut sudah tidak jadi masalah.

Cara ini dapat dilakukan di PC atau laptop dengan OS Windows 7, 8, ataupun Windows 10. Langsung saja kita ke langkah - langkah nya dibawah ini.

Baca juga: Cara Restart Dari CMD di PC Windows (Shutdown, log off, dll)

Cara Menghilangkan Semua Shortcut Icon di Desktop

Dibawah ini adalah tutorial versi video. Jika anda ingin tetap mengikuti tutorial versi tulisan, silahkan lewati video dibawah ini. Jika anda ingin mengikuti langkah - langkah dengan video silahkan klik tombol play (putar) atau klik judul untuk membukanya langsung di halaman Youtube.

  1. Silahkan buka halaman desktop di PC atau laptop anda.
  2. Selanjutnya silahkan >klik kanan di area desktop yang kosong, yang penting tidak klik kanan di file/icon yang ada disana ya.
  3. Kemudian pilih >View hingga muncul menu selanjutnya
  4. Pada menu selanjutnya silahkan nonaktifkan /hilangkan ceklis (uncheck) pilihan >Show desktop iconsCara Menghilangkan Semua Shortcut Icon di Desktop Windows
  5. Selesai. Silahkan lihat di tampilan desktop anda, seharusnya halaman desktop sudah bersih ya dari semua icon.

Lalu, bagaimana jika ingin memunculkan kembali semua shortcut yang tadi telah dihilangkan? Mudah, silahkan ulangi langkah yang tadi namun pada langkah terakhir silahkan pilih aktifkan menu >Show desktop icons

Baca juga: Cara block aplikasi agar tidak bisa terhubung ke internet di PC Windows

Metode hidden

Cara ini tidak benar - benar menghapus semua shortcut atau icon yang ada di halaman desktop ya, cara ini hanya menyembunyikan (hidden) file yang ada di halaman deskto. Jadi tidak akan ada yang berubah dari detail file maupun posisi sebelum di hilangkan (hidden).

Cara ini memang sangat mudah tetapi banyak juga yang tidak tahu trik simple ini. Walaupun mudah, cara menghilangkan semua shortcut icon di desktop ini sangat berpengaruh terhadap tampilan desktop PC anda yang akan terlihat lebih bersih dan wallpaper lebih jelas dan enak dipandang.

Semoga tulisan mengenai cara menghilangkan semua shortcut icon di desktop ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!