Aplikasi pembelajaran bahasa baru Microsoft menggunakan kamera ponsel

Melki Jakaria
0 Komentar
Beranda
Microsoft
News
Aplikasi pembelajaran bahasa baru Microsoft menggunakan kamera ponsel
Aplikasi pembelajaran bahasa baru Microsoft menggunakan kamera ponsel
Image Credit: Microsoft

Aplikasi pintar baru? bisa mengetahui nama benda berdasarkan foto? bagaimana bisa?

Aplikasi pembelajaran bahasa baru "Read My World" Microsoft

Delapan orang yang magang Microsoft telah mengembangkan alat pembelajaran bahasa baru yang menggunakan kamera smartphone untuk membantu orang dewasa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan mempelajari kata-kata untuk hal-hal di sekitar mereka. 

Aplikasi ini, "Read My World", memungkinkan Anda mengambil gambar dengan telepon Anda untuk belajar dari perpustakaan dengan lebih dari 1.500 kata. Foto dapat berupa objek atau teks dunia nyata yang ditemukan dalam dokumen, kata Microsoft.

Aplikasi ini dimaksudkan untuk melengkapi pelatihan kelas formal atau menawarkan cara untuk belajar beberapa kata bagi mereka yang tidak punya waktu atau dana untuk berpartisipasi dalam kelas belajar bahasa.

Belajar bahasa dengan lingkungan sehari hari

Alih-alih pelajaran, pengguna didorong untuk mengambil foto dari hal-hal yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari mereka.

"Awalnya, kami merencanakan lebih banyak pendekatan gaya rencana pelajaran, tetapi melalui penelitian dan penemuan kami, kami menyadari bahwa pisau tentara Swiss mungkin lebih berguna," kata Nicole Joyal, seorang magang pengembang perangkat lunak yang bekerja pada proyek tersebut. "Kami akhirnya membangun alat yang dapat membantu Anda sepanjang hari Anda daripada sesuatu yang mengajarkan," katanya.

Aplikasi pembelajaran bahasa baru Microsoft menggunakan kamera ponsel


Read My World menggunakan kombinasi Microsoft Cognitive Services dan Computer Vision APIs untuk mengidentifikasi objek dalam foto. Ini kemudian akan menunjukkan ejaan kata dan mengucapkan pengucapan fonetis dari kata-kata kosa kata yang diidentifikasi. Foto-foto yang sesuai dengan kata-kata yang diidentifikasi juga dapat disimpan ke kamus pribadi di aplikasi untuk referensi nanti.

1500 kosa kata untuk belajar bahasa asing

Akhirnya, aplikasi ini mendorong pengguna untuk mempraktekkan kata-kata mereka yang baru ditemukan melalui tiga game kosakata bawaan.

Kosakata 1.500 kata itu mungkin tampak kecil, tetapi sebenarnya mendekati jumlah kata yang dapat dipelajari oleh pelajar bahasa asing melalui studi tradisional. Menurut sebuah laporan dari BBC, misalnya, banyak pelajar bahasa berjuang untuk belajar lebih dari 2.000 hingga 3.000 kata bahkan setelah bertahun-tahun belajar. Faktanya, satu penelitian di Taiwan menemukan bahwa setelah sembilan tahun belajar bahasa asing, siswa gagal mempelajari 1.000 kata yang paling sering digunakan.

Laporan itu juga menekankan bahwa yang paling penting adalah mengambil kata-kata yang digunakan sehari-hari.

Memiliki fitur menampilkan gambar dari kata kata dalam dokumen

Aplikasi pembelajaran bahasa baru Microsoft menggunakan kamera ponsel

Karena aplikasi ini berfokus pada hal-hal yang Anda lihat, itu terbatas dalam hal mengganti instruksi formal. Setelah mengumpulkan umpan balik dari guru dan siswa yang menguji versi awal, tim meluncurkan fitur untuk mendeteksi kata-kata dalam dokumen juga. 

Ini bukan pengalaman seperti Lensa Google, di mana kata-kata tertulis diterjemahkan ke dalam bahasa Anda sendiri - melainkan, kata-kata pilih yang dapat diidentifikasi disorot sehingga Anda dapat mendengar bunyinya, dan melihat gambar sehingga Anda tahu apa itu.

Misalnya, aplikasi yang menunjuk pada daftar persediaan sekolah siswa dapat memilih kata-kata seperti pensil, buku catatan, gunting, dan pengikat.

Aplikasi ini, sebuah proyek dari inkubator internal Microsoft Garage Microsoft, pada awalnya akan tersedia untuk pengujian dan umpan balik untuk organisasi tertentu. Mereka yang bekerja dengan komunitas melek huruf yang rendah di sebuah LSM atau nirlaba dapat meminta undangan untuk bergabung dengan eksperimen dengan mengisi formulir.

Bagaimana menarik bukan? Aplikasi yang dapat membantu Anda belajar bahasa asing dengan memotret objek nya.. 

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!