Beranda
Games
News
PlayStation
Toko Online
Kode Download PS4 akan Berhenti Dijual oleh Pengecer?
Kode Download PS4 akan Berhenti Dijual oleh Pengecer?
Photo by: Amelia Krales / The Verge
Whooaaa.. tidak akan ada lagi pengecer yang menjual kode download PS4, kenapa???

Sony telah mengkonfirmasi bahwa akan menghentikan penjual - penjual kode download PS4 eceran. Hal itu akan mencegah pengecer seperti GameStop dari menjual kode unduhan /download digital untuk game PlayStation 4 mulai 1 April 2019.

Berita itu, pertama beredar akhir pekan lalu melalui memo yang bocor yang diperoleh oleh pengamat permainan terkenal Wario64, pemain yang tidak ingin memasukkan informasi kartu kredit tidak akan lagi dapat membeli versi digital game dari toko fisik Brick and Mortar.


Sony mengonfirmasi bahwa bukan hanya GameStop yang dikeluarkan dari bisnis kode unduhan, tetapi semua pengecer.

Menjaga Game Premium dengan pengaturan kode download PS4

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa mulai 1 April 2019, Sony Interactive Entertainment tidak akan lagi menawarkan game full versi melalui program Global Digital di Retail SIE," kata juru bicara PlayStation kepada The Verge.

“Keputusan ini dibuat untuk terus menyelaraskan bisnis utama secara global. Untuk mendukung permainan edisi premium, "

Dengan kata lain, jika Anda ingin tetap membeli versi digital game PS4 offline, Anda secara teknis masih dapat melakukannya namun dengan mata uang virtual.

Isu yang beredar tentang kode download PS4 ini

Sepertinya Sony akan menawarkan peningkatan opsi kredit PSN (PlayStation Network /Store) melalui beberapa pengecer, untuk mendukung pemain yang ingin membeli edisi deluxe digital dan seterusnya dan untuk menutupi biaya permainan versi full.

Anda sekarang harus melakukan pembelian di PSN, tidak lagi dengan cara membelinya di toko seperti GameStop untuk menerima kode download PS4 yang kemudian Anda masukkan saat Anda online di rumah.

Masih ada beberapa ketidakpastian di sini. Tidak jelas seberapa besar denominasi-denominasi baru itu, karena Amazon dan toko-toko lain sudah menjual kartu hadiah (gift card) PSN senilai $ 100.

Selain itu, kami tidak tahu apakah Amazon atau pengecer khusus online lainnya yang menjual versi digital game PS4 akan terpengaruh oleh perubahan kebijakan.

Ada banyak kemungkinan tentang penjualan kode download PS4

Saat Sony menjabarkan, Anda masih dapat membeli kode download di dalam toko untuk konten yang dapat diunduh dan pengaya digital lainnya, seperti tiket musiman yang ditawarkan oleh beberapa game.

Menurut memo GameStop yang bocor, akan ada juga periode satu minggu pasca rilis untuk judul mendatang Days Gone dan Mortal Kombat 11 di mana Anda akan dapat membeli kode unduhan fisik di GameStop.

Bahkan untuk preorder, sony menyarankan pelanggan untuk mengganti preorder ke salinan fisik jika mereka tidak ingin membelinya langsung di PSN (PlayStation Store).

GameStop mengalami kerugian di bisnisnya

Sepertinya GameStop akan bertanggung jawab untuk membantu pelanggan preorder versi digital game. Mengelola proses pembelian seperti itu.

GameStop awal bulan ini mengumumkan CEO baru setelah CEO yang lama gagal menambah pembeli untuk bisnis mereka. Apalagi dengan masalah kode download PS4 ini, pasti akan lebih tertekan.

Sejak itu, dan mengikuti laporan pendapatan yang buruk pada bulan Januari, saham perusahaan telah menurun tajam, karena bisnisnya bergantung pada hubungan yang nyaman dengan penerbit game dan pembuat konsol seperti Sony.

Relevansi ritel Brick and Mortar untuk industri game sebagian besar bertumpu pada tunjangan pemasaran yang dapat ditawarkan toko-toko seperti GameStop.

Sekarang, dengan Sony yang bergerak untuk memotong GameStop dan lainnya dari bisnis digital, kemungkinan para pengecer akan merasakan lebih banyak tekanan dari pelanggan yang semakin memilih pembelian game secara online dari pada fisik.

Bagaimana dengan di Indonesia? apakah Anda sering membeli game ke pengecer seperti GameStop?

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:
Stik PS 5 Resmi Diperkenalkan - DualSense Wireless Controller
Di CES 2020 Mobil Listrik Sony yang Trending, Bukan PS5

Penulis blog

Melki Jakaria
Melki Jakaria
Computer technician | Blogger | Graphic designer. 'agrotechnology' students | 2 years computer technician career at MDIT Solution | Digital content creators.

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!