Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)

Cara membatalkan pesanan Tokopedia yang sudah terlanjur kita transfer. cancel pesanan atau order yang sudah dibayar

Berikut ini adalah cara untuk membatalkan pesanan di Tokopedia yang sudah terlanjur kita transfer. Bahasa kerennya yaitu cancel pesanan atau order yang sudah dibayar. bagaimana caranya? apakah bisa?

Apakah bisa membatalkan pesanan di Tokopedia ? Jawabannya bisa! Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman tim rinditech yang berniat membeli alat elektronik via Tokopedia namun setelah memesan barang dan melakukan pembayaran baru kemudian kami sadar bahwa kode voucher belum kita masukan.

Setelah menunggu selama 6 jam akhirnya kami berhasil membatalkan pesanan dan uang yang telah kami transfer juga langsung dikembalikan via TokoCash /Saldo di akun tokped kami. Kok bisa sampai 6 Jam?

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)

Syarat untuk dapat membatalkan pesanan di tokopedia yang telah kita bayar /transfer.

  • Akun tokopedia Anda telah melakukan aktivasi TokoCash
  • Pengajuan pembatalan dapat dilakukan 6 jam setelah kita berhasil melakukan pembayaran.
  • Mendapat Persetujuan dari seller (penjual)

Kenapa harus mendapat persetujuan seller?

Persetujuan /konfirmasi dari seller (penjual) diperlukan karena sudah kewajiban dari pihak penyedia toko online (tokopedia) untuk menjaga hak - hak dari pembeli dan penjual.

Dikarenaka pembatalan ini berasal dari permintaan pembeli maka pihak yang mungkin dirugikan dalam hal ini adalah penjual, karena mungkin saja barang telah dipacking atau bahan baku telah dipesan, maka dari itu uang tidak akan bisa dikembalikan sebelum penjual klik tombol konfirmasi /persetujuan.
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Telah Transfer

Cara dibawah ini merupakan langkah - langkah yang pernah kami lakukan dan alhamdulillah berhasil. Mungkin ada beberapa hal /percakapan yang berbeda dari pesanan anda tapi pada prinsipnya sama. Lakukan langkah - langkah ini sesegera mungkin.
  1. Kirim pesan (chat) ke penjual dan informasikan bahwa kita ingin melakukan pembatalan pesanan /cancel pesanan. Sebutkan juga alasannya agar dapat dipahami oleh penjual. (Chat ke penjual melalui halaman transaksi, karena chat melalui halaman transaksi akan otomatis melampirkan invoice 'sudah lunas' yang dapat memudahkan penjual untuk menandai pesanan kita).
  2. Pada chat yang sama minta juga pengirim /seller untuk 'jangan dulu respon pesanan' dari Anda, karena anda akan melakukan proses pembatalan pesanan melalui sistem. Beritahu juga kepada seller untuk menunggu sekitar 6 jam karena tombol "pembatalan" transaksi muncul 6 jam setelah transaksi pertama berhasil. (Tidak masalah bila dalam waktu 6 jam tidak mendapatkan balasan dari seller, lanjutkan saja ke langkah berikutnya)
  3. setelah 6 jam buka kembali halaman transaksi Anda lalu cari dan pilih tombol "Ajukan Pembatalan"
    Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
  4. Kemudian akan muncul jendela baru yang meminta anda untuk menuliskan alasan dari pembatalan tersebut. contoh: "salah pilih type barang" atau "lupa masukan kode voucher" atau "saya harusnya pesan barang ini minggu depan" dll.
  5. Klik >Ajukan. Selesai.
    Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Setelah kita melakukan konfirmasi pembatalan, status dari pemesanan akan berubah menjadi "Pembeli mengajukan pembatalan pemesanan". setelah status itu muncul kita hanya perlu menunggu penjual melakukan persetujuan /konfirmasi pembatalan.

Catatan untuk membatalkan pesanan di tokopedia.

  • Setelah melakukan proses pembatalan sebaiknya kita langsung menghubungi seller kembali dan memberitahu bahwa kita telah selesai mengajukan pembatalan, dan minta mereka (seller) untuk segera melakukan konfirmasi /menyetujui pembatalan transaksi.
  • Seller berhak untuk menolak pembatalan pesanan yang kita ajukan.
  • Setelah seller melakukan konfirmasi maka uang yang telah kita transfer akan masuk ke TokoCash di akun tokopedia kita (tidak langsung di transfer ke rekening pribadi kita).
  • Uang /Saldo yang ada di TokoCash dapat kita gunakan langsung untuk transaksi lainnya di tokopedia. atau bisa juga di tranfer ke rekening pribadi kita.

Transfer Uang dari TokoCash ke Rekening Pribadi

Agar uang yang ada di tokocash dapat ditransfer ke rekening pribadi, kita harus melakukan pengajuan penarikan dana. langkah - langkahnya bisa dilihat di artikel ini: Cara Mencairkan Saldo dari akun Tokopedia ke Rekening Pribadi

Apabila ada pertanyaan atau masalah yang dihadapi saat melakukan pembatalan transaksi di tokped silahkan simpan pertanyaan Anda di kolom komentar seperti biasa. Semoga artikel mengenai cara membatalkan pesanan di tokopedia ini dapat membantu. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Artikel menarik lainnya tentang Tokopedia:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Android,30,Apple,12,Apps,12,ASUS,8,Biografi,2,Blackberry,12,Blogging,12,Computer,2,Corel,6,Crime,18,Games,1,Google,9,HTML,5,Internet,41,Microsoft,6,Modem,8,Muslim Corner,10,News,76,Review,4,Samsung,9,Software,20,Tips 'n Trick,102,Toko Online,11,Tutorial,124,WhatsApp,21,Xiaomi,26,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Cara membatalkan pesanan Tokopedia yang sudah terlanjur kita transfer. cancel pesanan atau order yang sudah dibayar
https://1.bp.blogspot.com/-0MSu3CucocU/W8iI8q9n17I/AAAAAAAAFNM/NknMlOWPpewtTnft7uN1M9mFR2pnZSqIQCLcBGAs/s640/Cara%2BMembatalkan%2BPesanan%2Bdi%2BTokopedia%2B%2528Sudah%2BTransfer%2529%2Be.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0MSu3CucocU/W8iI8q9n17I/AAAAAAAAFNM/NknMlOWPpewtTnft7uN1M9mFR2pnZSqIQCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMembatalkan%2BPesanan%2Bdi%2BTokopedia%2B%2528Sudah%2BTransfer%2529%2Be.jpg
Rindi Tech
//www.rinditech.com/2018/10/cara-membatalkan-pesanan-tokopedia-sudah-transfer.html
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/
//www.rinditech.com/2018/10/cara-membatalkan-pesanan-tokopedia-sudah-transfer.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy