Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Berikut ini adalah cara untuk membatalkan pesanan di Tokopedia yang sudah terlanjur kita transfer. Bahasa kerennya yaitu cancel pesanan atau order yang sudah dibayar. bagaimana caranya? apakah bisa?

Apakah bisa membatalkan pesanan di Tokopedia ? Jawabannya bisa! Artikel ini dibuat berdasarkan pengalaman tim rinditech yang berniat membeli alat elektronik via Tokopedia namun setelah memesan barang dan melakukan pembayaran baru kemudian kami sadar bahwa kode voucher belum kita masukan.

Setelah menunggu selama 6 jam akhirnya kami berhasil membatalkan pesanan dan uang yang telah kami transfer juga langsung dikembalikan via OVO Cash (dulu TokoCash) atau Saldo di akun tokped kami. Kok bisa sampai 6 Jam?

Baca juga: Cara Menggunakan OVO Paylater di Tokopedia - Ada Bunganya?


Syarat untuk dapat membatalkan pesanan di tokopedia yang telah kita bayar /transfer.

  • Akun tokopedia Anda telah melakukan aktivasi OVO Cash (dulu TokoCash)
  • Pengajuan pembatalan dapat dilakukan 2 jam setelah kita berhasil melakukan pembayaran.
  • Mendapat Persetujuan dari seller (penjual)
Pada saat saya mengajukan pembatalan peraturannya itu harus menunggu 6 jam untuk pengajuan, namun sekarang peraturan itu sudah diperbaharui dan waktunya dipercepat menjadi 2 jam setelah pembayaran.

Kenapa harus mendapat persetujuan seller?

Persetujuan /konfirmasi dari seller (penjual) diperlukan karena sudah kewajiban dari pihak penyedia toko online (tokopedia) untuk menjaga hak - hak dari pembeli dan penjual.

Dikarenaka pembatalan ini berasal dari permintaan pembeli maka pihak yang mungkin dirugikan dalam hal ini adalah penjual, karena mungkin saja barang telah dipacking atau bahan baku telah dipesan, maka dari itu uang tidak akan bisa dikembalikan sebelum penjual klik tombol konfirmasi /persetujuan.
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia yang Telah Transfer

Cara dibawah ini merupakan langkah - langkah yang pernah kami lakukan dan alhamdulillah berhasil. Mungkin ada beberapa hal /percakapan yang berbeda dari pesanan anda tapi pada prinsipnya sama. Lakukan langkah - langkah ini sesegera mungkin.
  1. Kirim pesan (chat) ke penjual dan informasikan bahwa kita ingin melakukan pembatalan pesanan /cancel pesanan. Sebutkan juga alasannya agar dapat dipahami oleh penjual. (Chat ke penjual melalui halaman transaksi, karena chat melalui halaman transaksi akan otomatis melampirkan invoice 'sudah lunas' yang dapat memudahkan penjual untuk menandai pesanan kita).
  2. Pada chat yang sama minta juga pengirim /seller untuk 'jangan dulu respon pesanan' dari Anda, karena anda akan melakukan proses pembatalan pesanan melalui sistem. Beritahu juga kepada seller untuk menunggu sekitar 2 jam karena tombol "pembatalan" transaksi bisa digunakan 2 jam setelah transaksi pembayaran berhasil. (Tidak masalah bila dalam waktu 2 jam tidak mendapatkan balasan dari seller, lanjutkan saja ke langkah berikutnya)
  3. setelah 2 jam buka halaman daftar transaksi (pembelian) lalu cari dan pilih tombol >Lihat Detail Pesanan hingga detail pesanan muncul
    Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
  4. Setelah jendela detail pesanan muncul silahkan klik tombol >Ajukan Pembatalan
    Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
  5. Kemudian akan muncul jendela baru yang meminta anda untuk menuliskan alasan dari pembatalan tersebut. contoh: "salah pilih type barang" atau "lupa masukan kode voucher" atau "saya harusnya pesan barang ini minggu depan" dll.
  6. Klik >Ajukan. Selesai.
    Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Setelah kita melakukan konfirmasi pembatalan, status dari pemesanan akan berubah menjadi "Pembeli mengajukan pembatalan pemesanan". setelah status itu muncul kita hanya perlu menunggu penjual melakukan persetujuan /konfirmasi pembatalan.

Baca juga: Cara agar mendapatkan gratis ongkir di Tokopedia

Catatan untuk membatalkan pesanan di tokopedia.

  • Pengajuan pembatalan hanya bisa dilakukan sebelum seller mengirim pesanan. Jika barang telah terkirim yang bisa dilakukan oleh pembeli adalah mengajukan komplain. Pembahasan komplain bisa dibaca di artikel ini: Cara Komplain di Tokopedia
  • Setelah melakukan proses pembatalan sebaiknya kita langsung menghubungi seller kembali dan memberitahu bahwa kita telah selesai mengajukan pembatalan, dan minta mereka (seller) untuk segera melakukan konfirmasi /menyetujui pembatalan transaksi.
  • Seller berhak untuk menolak pembatalan pesanan yang kita ajukan.
  • Setelah seller melakukan konfirmasi maka uang yang telah kita transfer akan masuk ke halaman Saldo di akun tokopedia kita (tidak langsung di transfer ke rekening pribadi kita).
  • Uang /Saldo yang sudah dikembalikan juga dapat kita gunakan langsung untuk transaksi lainnya di Tokopedia. atau bisa juga di tranfer ke rekening pribadi kita.

Transfer Uang dari Saldo Tokopedia ke Rekening Pribadi

Agar uang yang ada di halaman Saldo dapat ditransfer ke rekening pribadi, kita harus melakukan pengajuan penarikan dana. langkah - langkahnya bisa dilihat di artikel ini: Cara Mencairkan Saldo dari akun Tokopedia ke Rekening Pribadi

Apabila ada pertanyaan atau masalah yang dihadapi saat melakukan pembatalan transaksi di tokped silahkan simpan pertanyaan Anda di kolom komentar seperti biasa. Semoga artikel mengenai cara membatalkan pesanan di tokopedia ini dapat membantu. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER: 32
  1. Aku Kan Beli Di tokped kemarin. Nah Pas udah transfer, Aku baru sadar Kalo penjual nya online 7 bulan Yang lalu. Aku udah ngajuin pembatalan, tapi Kan harus ada konfirmasi dari penjual Kan ? Nah trus itu gimana ? Sedangkan penjual nya online 7 bulan yang lalu ? Duit nya bakal balik Gak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika penjualnya memang sudah jarang online dan tidak bisa dihubugi melalui direct message. Tunggu saja sampai waktu pembatalan otomatis dari sistem, biasanya 2 sampai 3 hari. Tapi kalau memang ingin segera diselesaikan langsubg saja hubungi customer service Tokopedia, caranya ada di link berikut ini: https://www.rinditech.com/2019/01/cara-menghubungi-kontak-customer-service-tokopedia.html Semoga membantu :)

      Delete
    2. Saya juga gt kak , terlnjr beli tp online 3 bln terakhir.
      Byr via kreditvo.apakah bs kembali.mhn informasinya.
      Mksh

      Delete
  2. Saya baru pertama kali nya ngalami ini... saya sudah melakukan pembayaran lewat indomaret... awalnya info barangnya ada dan bisa kirim hari itu juga... tp setelah 2hari baru di chat sama sheller kalo barang habis... pertanyaan saya... gmn cara uang saya kembali setrlah melakukan pembatalan dan stuju pihak shellerer... trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah melakukan pembatalan dan disetujui oleh seller biasanya dana akan langsung muncul di akun anda pada bagian >Saldo (refund). Jika sudah muncul silahkan ajukan penarikan dengan klik tombol >Tarik Saldo dan dilanjutkan dengan mengisi detail yang diminta seperti nomor rekening, dll. Semoga membantu!

      Delete
    2. Kalo gak punya rekening gimana bang?

      Delete
    3. Klo ga punya rekening ga masalah sebenarnya, cuman nanti setelah pembatalan uangnya ga bisa diambil, harus dibelanjakan lagi

      Delete
  3. Bang saya kan sudah bayar pake OVO mau saya cancel, apakah uang saya kembali?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uangnya pasti kembali ya, yang penting seller telah menyetujui

      Delete
  4. Saya tidak tau siapa yg belanja di tokopedia dengan cc saya
    Tiba2 masuk tagihan nya ke saya gimana cara membatalkannya sedangkan saya tidak tau siapa yg memakai data cc saya tanpa sepengetahuan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk itu saya sarankan untuk segera memblokir kartu kredit anda terlebih dahulu. Selanjutnya silahkan hubungi langsung CS Tokopedia dan utarakan kejadian ini dan meminta mereka untuk mencari dan membatalkan transaksi tersebut (jika belum dikirim). Untuk menghubungi CS tokopedia silahkan ikuti caranya disini: https://www.rinditech.com/2019/01/cara-menghubungi-kontak-customer-service-tokopedia.html

      Delete
  5. Kalo kita sebagai seller sudah konfirmasi pesanan, tapi gataunya pesanannya kosong.apa bisa dibatalkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, tapi akan berpengaruh terhadap nilai performa toko ya. Baiknya sih beritahu dulu pembeli bahwa barang yang dipesan kosong dan minta pembeli yang mengajukan pembatalan. Bisa juga ditawarkan barang pengganti, siap tau pembelinya bersedia.

      Delete
  6. Saya kan kemarin beli di tokped, trus gak di proses sama sellernya, saya sudah berkali kali chat sellernya tapi gak dijawab walaupun online. Trus saya ajukan pembatalan, tapi sellernya ttp blum batalin sampai pembatalan otomatis.Nah itu gimana ya cara ngembalikan uang saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uang akan otomatis masuk ke akun tokopedia nya agan dan bisa dilihat di bagian >Saldo >Refund. Agar uangnya bisa kembali ke rekening pribadi harus dilakukan withdrawal, untuk caranya silahkan ikuti tutorial yang ada di artikel berikut ini: https://www.rinditech.com/2020/05/cara-terbaru-tarik-saldo-penjualan-tokopedia-ke-rekening-pribadi.html

      Delete
  7. Saya kan udh terlanjur bayar di tokopedia dan trnyata saya slh memesan. Dan ingin menganti dngn yg lain ttpi brg yg lain itu sedang ksong jdi gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada barang penggantinya ya di cancel aja dulu. Nanti setelah uangnya kembali baru dibelikan barang yang lain.

      Delete
  8. sya kan udah bayar,status pemesanan jg sedang d kirim.pas d lacak ternyta msh d penjual.dn pas sya k penjual trnyta brg nya kosong...cara batalin nya gmn ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau seperti itu berarti penjual harus bertanggungjawab. Minta saja ke penjualnya buat batalin transaksi. Kalau tidak bisa, di laporkan saja ke tokopedia. Di menu pembelian barang biasanya ada tombol "komplain", langsung aja klik tombol tersebut dan ikuti petunjuk yang muncul.

      Delete
  9. Apakah bisa di batalakan pengiriman yg sudah berhari hari blom sampai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dikirim tidak bisa dibatalkan karena barang sudah berada didalam tanggungjawab pihak kurir. Yang bisa dilakukan adalah minta penjual untuk kontak pihak kurir dan follow up posisi barang. Kalau masih tidak sampai, bisa ajukan komplain di menu pemesanan, nanti akan dibantu pihak tokopedia untuk mediasi dan follow up ke kurir yang digunakan.

      Delete
  10. Kak , kalau pengirimannya lewat gojek gimana cara batalinnya? Soalnya sallernya baru bilang kalau stok habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja ya caranya, langsung saja klik tombol ajukan pembatalan. Dan minta penjual segera mengkonfirmasi. Bilang saja lagi butuh banget barangnya dan mau cepet2 order lagi di toko lain.

      Delete
  11. Sy dah order barang dgn status dikirim tp smp sekarang sy cek nmr resi tidak valid pelapak sudah ganti nmr resi dua kali. Orderan sy dah 1 minggu lebih tp masih setatusnya dikirim aja. Gmn cara batalinnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau resi sudah dimasukan tidak bisa langsung dibatalkan dengan car diatas. Tapi klo sudah kyk gitu sepenuhnya kesalahan penjual, ajukan komplain saja. Silahkan buka >Detail pesanan kemudian klik tombol >Ajukan komplain. Dari sana ikuti saja petunjuk yang diberikan. Semoga masalahnya cepat selesai.

      Delete
  12. saya beli dua barang di tokopedia yg satu nya saya salah barang nya, gimana ya cara batalin yg satunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beli di toko yang sama tidak bisa dibatalkan salah satunya, harus dua2 nya (kalau mau dibatalkan). Coba saja di chat penjualnya, siapatau bersedia menukar barangnya. Tapi kalau penjualnya tidak mau jangan dipaksa karena itu kan sebenarnya kesalahan kita kurang teliti dalam memesan barang.

      Delete
  13. Kalau sellernya gak mau batalin gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu sudah hak seller untuk menolak/menerima pembatalan, tokopedia juga pastinya ingin adil untuk kedua belah pihak. Kalau memang ada masalah di pemesanannya bisa menggunakan fitur komplain pesanan di bagian detail pesanan.

      Delete
  14. Saya sudah bayar tapi Penjual bilang barang kosong, padahal tertulis stock masih 5. Saya bilang batalin aja. Dia menyetujui. Trus saya proses pembatalan dan saya info ke penjual untuk konfirmasi/menyetujui pembatalan. Dia bilang tunggu 2 hari aja biar batal otomatis. Padahal saya butuh barang cepat dan mau order toko lain. Dia beralasan poinnya nanti berkurang. PAdahal saya bilang yang membatalkan kan saya, Bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! kalau pembeli yang mengajukan, point seller tidak akan berkurang. Dan sebenarnya kan itu kesalahan seller ya, mau point nya berkurang juga itu sudah resiko karena lalai dalam mengatur toko. Kalau menurut saya siih ajukan kompalin saja, hubungi CS tokopedia dan minta diambil tindakan. Jika perlu perlihatkan screenshot chat dengan seller ke CS. Semoga cepat mendapatkan solusi.

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia (Sudah Transfer)
Cara membatalkan pesanan Tokopedia yang sudah terlanjur kita transfer. cancel pesanan atau order yang sudah dibayar
https://1.bp.blogspot.com/-0MSu3CucocU/W8iI8q9n17I/AAAAAAAAFNM/NknMlOWPpewtTnft7uN1M9mFR2pnZSqIQCLcBGAs/s640/Cara%2BMembatalkan%2BPesanan%2Bdi%2BTokopedia%2B%2528Sudah%2BTransfer%2529%2Be.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-0MSu3CucocU/W8iI8q9n17I/AAAAAAAAFNM/NknMlOWPpewtTnft7uN1M9mFR2pnZSqIQCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMembatalkan%2BPesanan%2Bdi%2BTokopedia%2B%2528Sudah%2BTransfer%2529%2Be.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2018/10/cara-membatalkan-pesanan-tokopedia-sudah-transfer.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2018/10/cara-membatalkan-pesanan-tokopedia-sudah-transfer.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content