Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya

Berikut ini adalah cara untuk memindahkan (transfer) chat akun whatsapp dari smartphone atau handphone androd ke iOS (iPhone). Cara...

Berikut ini adalah cara untuk memindahkan (transfer) chat akun whatsapp dari smartphone atau handphone androd ke iOS (iPhone). Cara ini juga dapat digunakan untuk memindahkan chat whatsapp dari iPhone ke Android (sebaliknya). Semoga cara ini menjadi solusi bagi teman – teman yang sudah ataupun ingin berganti smartphone dari android ke iOS (iPhone) ataupun sebaliknya.

Artikel ini merupakan bahasan lanjutan dari cara transfer chat whatsapp saat ganti hape. Namun ternyata cara yang dijelaskan pada artikel tersebut hanya berhasil bila smartphone mempunyai OS (Operating Sistem) yang sama seperti Android ke android (dengan merk dan type apapun asalkan android) atau iPhone ke iPhone.


Apakah merk (brand) atau type yang berbeda berpengaruh? Seperti Samsung ke iPhone atau Xiaomi ke iPhone, atau ASUS ke iPhone, atau SONY ke iPhone, dll. Pada umumnya tidak berpengaruh asalkan tetap menggunakan OS (operating system) Android. Begitu pun sebaliknya, iPhone ke Samsung, Xiaomi, ASUS SONY, dll. Yang berbeda mungkin hanya di pengaturan awal masing – masing type yang berhubungan dengan driver handphone, namun pada umumnya sama.

Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya

Kami menemukan bahwa cara yang kemungkinan berhasilnya lebih besar adalah dengan bantuan software, dan anda juga harus menggunakan komputer /laptop sebagai media transfer. Ada beberapa software yang dapat digunakan (termasuk iTunes untuk PC), ada beberapa yang gratis, dan ada juga yang memiliki lisensi dimana anda harus membelinya untuk mendapatkan fitur penuh.

Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya


  1. Install iTunes di komputer /laptop.
  2. Aktifkan USB debugging pada handphone android
  3. Backup Chat WhatsApp di Android
  4. Hubungkan handphone ke komputer dengan kabel USB
  5. Hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB
  6. Install & Buka Software untuk transfer Chat WhatsApp (BackupTrans)
  7. Pilih smartphone Android yang terbaca didalam Software
  8. Pilih Transfer Messages from Android to iPhone (>File >Transfer Messages from Android to iPhone)
  9. Pilih iPhone yang ingin di transfer (chat)
  10. Klik Confirm. Selesai.

Penjelasan Cara Transfer Chat WhatsApp dari Android ke iPhone atau Sebaliknya


  1. Install iTunes di komputer /laptop. Pastikan anda telah memiliki iTunes di komputer dengan versi terbaru, bila belum anda bisa download langsung dari website resmi Apple.
  2. Aktifkan USB debugging pada handphone android. Cara mengaktifkan USB debugging bisa dengan membuka bagian Setting pada smartphone android anda, >Setting >About >Tap (ketuk) Build Number 7-11 kali untuk mengaktifkan Developer Mode. Kemudian Buka kembali bagian >Setting >More >Developer options >enable USB debugging. Bila anda kebingungan, dapat mengikuti cara pada artikel terpisah ini yang dilengkapi dengan gambar dan penjelasan yang lebih rinci. >>Cara Menghubungkan Smartphone ke PC.
  3. Backup Chat WhatsApp di Android. Lakukan Backup chat terlebih dahulu dengan membuka bagian >Setting >Chats >Backup >Klik tombol (tulisan) “Backup”.
  4. Hubungkan handphone ke komputer dengan kabel USB. Pastikan kabel yang digunakan adalah kabel standar (original) untuk menghindari kegagalan transfer dan kegagalan penghubungan. Tunggu beberapa saat sampai smartphone Android terinstal di komputer dengan sempurna.
  5. Hubungkan iPhone ke komputer dengan kabel USB. Pastikan juga kabel yang digunakan adalah kabel original standard iPhone. Tunggu beberapa saat sampai iPhone terinstal di komputer dengan sempurna.
  6. Install & Buka Software untuk transfer Chat WhatsApp (BackupTrans atau WhatsMate). Ada 2 buah software yang dapat digunakan yaitu BackupTrans atau WhatsMate, untuk kali ini kami akan gunakan software BackupTrans sebagai contoh. Download aplikasinya disini >>BackupTrans
  7. Pilih smartphone Android yang terbaca didalam Software. Setelah software terinstall dan dibuka, pada bagian Device (kiri) akan muncul smartphone yang terhubung dengan computer. Pilih (Klik /aktifkan) Smartphone Android anda (Biasanya akan muncul dengan type handphone seperti Galaxy S4, Redmi Note 3, dll)
  8. Pilih Transfer Messages from Android to iPhone. Pilih tulisan atau fitur yang bertuliskan Transfer Messages from Android to iPhone, bila tidak dapat menemukan anda bisa membuka >File >Transfer Messages from Android to iPhone.
    Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
  9. Pilih iPhone yang ingin di transfer (chat). Karena anda menghubungkan satu buah iPhone pada computer maka sepertinya tidak akan sulit menemukan didalam list. Pilih iPhone tersebut.
    Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
  10. Klik Confirm. Selesai. Setelah iPhone dipilih kemudian klik Confirm. Selesai.

Tutup Aplikasi transfer yang digunakan, cabut (Eject) kabel yang menghubungkan smartphone dengan PC (Android & iPhone). Setelah melakukan semua langkah diatas maka anda telah selesai melakukan transfer chat whatsapp dari smartphone berbasis Android ke smartphone berbasis iOS atau iPhone.

Bagaimana bila smartphone android tidak dapat terdeteksi di komputer?

Bila smartphone android anda tidak muncul didalam software transfer, install lah software suite yang disediakan oleh perusahaan brand handphone android tersebut, misalnya kalau smartphone Xiaomi, maka anda harus menginstall Mi PC Suite, Kalau Nokia berarti anda harus menginstall Nokia PC Suite, untuk Samsung berarti anda harus menginstall Samsung Kies PC Suite, begitu juga dengan merk – merk lainnya.

Bila ada kendala atau kesulitan dalam mengaplikasikan langkah transfer chat whatsapp diatas, silahkan tuliskan testimony atau pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah, disarankan menggunakan kolom komentar via blogger (email) bukan menggunakan komentar via Facebook untuk respond yang lebih cepat. Jadilah Pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Menarik lainnya tentang WhatsApp:
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp ke HP baru dengan OS yang sama

COMMENTS

BLOGGER: 33
  1. Kalo pake backuptrans harus di root dulu gan andro nya.. walah cuma mau mindah chat history WA aja musti ngeroot android 😣

    cara lain gan? mohon dibalas, sangat sangat butuh dan mungkin bukan cuma saya yg butuh. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gan tanpa harus di root, cuman harus pakai whatsapp yang sudah dimodifikasi terlebih dahulu. Cara lengkapnya masih disusun karena terlalu panjang kalau harus disimpan di komentar.

      kalau butuh buru - buru agan bisa cari dulu di toko2 sebelah, mungkin ada yang sudah posting. tapi kalau mau pantengin website rinditech.com juga boleh. Begitu tutorialny selesai, langsung akan kita posting.

      Delete
    2. Gitu ya.. baik saya tunggu gan. terimakasih 👍

      Delete
  2. Backuptrans nya ga jalan gan. Padahal udah di-downgrade Whatsapp di handphone

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga jalan pas gmn gan? sepertinya ga perlu di downgrade whatsapp nya

      Delete
  3. Cara mindah chat line dari android ke ios tanpa menghapus chat juga sama kak?
    Mohon dibalas ya kak butuh banget, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya beda Aurita,

      kalau mau coba silahkan, tapi resiko ditanggung penumpang ya, soalnya belum pernah coba pakai cara ini untuk aplikasi Line.

      Delete
  4. mas, rilis cara backup/restore dgn modifikasi whatsapp nya dong hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan, klo sudah ready langsung di rilis. masih digoreng dulu biar mudah dipraktekan. :)

      Delete
  5. ada crack nya ga? karena kalo ga di crack hanya bisa 20 pesan ke copy nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di rinditech tidak menyediakan gan, tapi sepertinya di toko toko sebelah ada yang punya coba di google aja dulu gan :)

      Delete
  6. Udah ke tranfer terus iphone ke restart terus di haruskan login ulang WA..setelah masuk masih gak ada chat history nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya ada langkah yang terlewat atau proses yang tidak sempurna, coba ulangi lagi mas langkah - langkah nya.

      Delete
  7. Mas, Kalo mau backupnya dari Google Drive gitu bisa tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih bisa tapi Iphone dan Android mempunyai sumber penyimpanan yg berbeda walaupun sama2 bersifat online. Google Drive bisa dijadikan tempat penyimpanan data namun iPhone hanya dapat menerima backup data dari iCloud. maka dari itu sinkronisasi data antara android dan iPhone memerlukan cara yg berbeda.

      Delete
  8. Mas, bro kok tiap kali mau back up cm bisa 20 messages aja, itu kenpa ya? Mohon bantuannya. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya mas Gideon masih menggunakan aplikasi versi trial, jadinya hanya dibatasi 20 pesan saja. Usahakan menggunakan software yang full version mas. semoga membantu :)

      Delete
    2. mas @rindi punya link yang full version ga buat masukin license. kendala saya sama dengan mas @gideon, hanya bisa 20 messages saja. saya dapat softwarenya dari web ini yang mas @rindi kasih diatas.
      terima kasih

      Delete
    3. klo di blog ini ga bisa ngasih gan, sudah terikat perjanjian dengan pihak pengiklan. coba dicek di blog /web sebelah gan. siapatau ada yang menyediakan. :)

      Delete
  9. kok, pilihan transfer ke iphone nya gak bisa di klik ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada langkah yg terlewat gan, coba ulangi lagi langkah2 nya pelan2 aja jangan buru2.. semoga berhasil

      Delete
  10. cara yang lebih mudah udah ada gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum nih Natasha, nanti kalau sudah ada bakal langsung diupdate disini ya. :)

      Delete
  11. mau nanya, setelah dipindahkan ke backuptrans, sebelum ditransfer ke iphone apakah whatsapp di iphone harus diregistrasi terlebih dahulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! harus dilakukan login atau registrasi dulu, selamat mencoba Natasha! :)

      Delete
  12. mas mau nanya, kok setelah di downgrade whatsappnya kok jd ga bisa dibuka ya whatsappnya? padahal kan perlu login whatsapp yang di android

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya ga perlu di downgrade klo pake tutorial yang ada di artikel ini. pake yg update aja ya Elizabeth

      Delete
  13. Mas, apakah ada informasi ada pihak yg menyediakan jasa pemindahan whatsapp chat dari android ke iphone?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf maxelo, sampai saat ini kita belum menemukan yang khusus jasa pemindahan chat seperti itu

      Delete
  14. berarti whatsapp yang ada di iphone harus diregistrasikan dulu dengan nomer yang sama seperti pada whatsapp yang ada di android?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan. sebelum whatsapp di android dihapus, aktifkan dulu whatsapp di iPhone dengan nomor yang sama.

      Delete
  15. Agan Rindi, mo nanya nih transfer Whatsapp dari Android ke Iphone. 1] Di tengah proses abis downgrade, ada instruksi untuk uninstall Whatsapp di Android. Artinya nanti grup-grup yg gue ikuti akan ada notifikasi kalau gue "left" gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uninstall whatsapp di HP ga ngaruh ke group. Kalau proses pindah HP sempurna (ga ada masalah) group yang kita ikuti akan muncul lagi seperti biasa. Tidak akan ada keterangan "left group" karena kita akan tetap berada didalam group selama proser pemindahan.

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Android,34,Apple,27,Apps,15,ASUS,15,Automotive,5,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,22,Finance,8,Games,12,Google,19,HTML,5,Instagram,10,Internet,50,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,176,OPPO,1,Productivity,9,Review,37,Samsung,17,Security,32,Social Media,52,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,143,Toko Online,23,Tutorial,169,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,28,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
Cara Transfer Chat WhatsApp dari Andoid ke iPhone iOS atau Sebaliknya
https://4.bp.blogspot.com/-8qifpjtHa-c/WoufED4wCTI/AAAAAAAAETc/rUa14awEzH8IlDrAWUn-gjG5SJy475RrACLcBGAs/s640/Cara%2BTransfer%2BChat%2BWhatsApp%2Bdari%2BAndroid%2Bke%2BiPhone%2BiOS%2B5.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-8qifpjtHa-c/WoufED4wCTI/AAAAAAAAETc/rUa14awEzH8IlDrAWUn-gjG5SJy475RrACLcBGAs/s72-c/Cara%2BTransfer%2BChat%2BWhatsApp%2Bdari%2BAndroid%2Bke%2BiPhone%2BiOS%2B5.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2017/03/cara-transfer-chat-whatsapp-andoid-iphone-ios.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy