Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Rindi Putra
11 Komentar
Beranda
Toko Online
Tutorial
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia
Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Berikut ini adalah Cara melengkapi dan menambah data diri di akun tokopedia setelah melakukan pendaftaran. Melengkapi alamat pengiriman / penerimaan juga melengkapi identitas diri untuk transaksi pembelian tiket kereta, hotel, maupun pesawat (bila ada) dan pembelian lainnya yang memerlukan identitas sebagai keabsahan.

Artikel ini sebagai bahasan lanjutan bila anda telah melakukan pendaftaran di website toko online tokopedia untuk mengisi data diri lengkap yang akan sangat dibutuhkan untuk kedepannya. Bila anda belum melakukan pendaftaran akun tokopedia, bisa mengikuti tutorial pada artikel berikut ini: Cara Lengkap Mendaftar di Tokopedia

Manfaat melengkapi data di akun jual beli online Tokopedia

Tidak perlu mengetik ulang alamat tujuan pengiriman. Bila anda jarang sekali berpindah – pindah maka untuk pembelian atau transaksi kedua dan seterusnya anda tidak perlu lagi mengetik ulang alamat tujuan pengiriman karena bila anda sudah melengkapinya anda hanya perlu memilih (bila menyimpan lebih dari satu alamat) alamat yang mana yang ingin anda jadikan tempat barang dikirim.

Menghemat waktu. Bila data pribadi anda sudah lengkap maka untuk transaksi kedua dan selanjutnya anda hanya perlu memilih data mana saja yang ingin anda gunakan dan anda tidak perlu lagi membuka dokumen seperti kartu KTP dan lainnya karena sudah tersimpan di akun anda

Meminimalisir kesalahan ketik. Bila setiap kali memesan barang anda harus mengetik ulang data yang dibutuhkan maka kemungkinan terjadi kesalahan dalam pengetikan akan besar, bila sudah tersimpan, maka hal ini akan bisa dikurangi.

Cara melengkapi data di akun Tokopedia

  1. Login di website Tokopedia
  2. buka bagian pengaturan
  3. Edit data diri (Data diri, Alamat, Rekening Bank, Notifikasi, Login Seal)
  4. Simpan

Cara dan Penjelasan Melengkapi Data di Akun Tokopedia

1.Login di website tokopedia

Pastikan anda telah melakukan login atau masuk dengan menggunakan akun yang anda telah daftarkan sebelumnya, Pilih "Masuk" Kemudian tuliskan alamat email & password akun tokopedia. Seperti gambar dibawah ini.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Masuk Login

2.buka bagian pengaturan.

Setelah masuk atau login maka selanjutnya kita harus membuka halaman pengaturan akun. Klik icon avatar akun anda kemudian pilih bagian >Pengaturan. Ikuti seperti gambar dibawah ini.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Pengaturan

3. Edit data diri (Data diri, Alamat, Rekening Bank, Notifikasi, Login Seal)

Pada halaman ini anda akan menemukan beberapa pilihan data yang dapat dirubah atau ditambahkan, mulai dari menambahkan foto profil, ganti password, tambah alamat rumah untuk pengiriman atau penerimaan barang yang dipesan, menambahkan rekening bank yang ingin anda gunakan untuk bertransaksi, pemilihan notifikasi apa saja yang ingin anda terima, sampai penambahan keamanan pada saat login. Ikuti langkah – langkah dibawah ini untuk merubah setiap bagiannya.

Biodata Diri

Pada halaman ini anda tidak diperbolehkan merubah nama utama untuk faktor keamanan. Namun selain itu anda dapat merubah data diri lainnya seperti tanggal lahir, jenis kelamin,  alamat email, nomor HP, menambahkan /merubah icon avatar dengan foto profil, dan juga merubah kata sandi atau password. Setelah merubah data yang diperlukan jangan lupan untuk menekan tombol >Simpan. Lebih jelasnya bisa melihat gambar dibawah ini.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Daftar Alamat

Pada halaman ini Anda dapat merubah, hapus, dan juga menambahkan alamat rumah, kosan, kantor sebagai alamat penerimaan barang (untuk pembeli) dan sebagai tempat pengiriman barang (untuk penjual). Setelah anda memasukan alamat rumah, kantor maupun kosan, selanjutnya bila anda membeli barang anda hanya perlu memilih satu dari alamat – alamat yang telah anda daftarkan sebagai tempat untuk menerima barang, tidak perlu lagi mengetik ulang alamat setiap bertransaksi.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia

Pembayaran

Saat ini ada penambahan menu baru di pengaturan akun, yaitu menu Pembayaran. Menu pembayaran ini berfungsi untuk menambahkan dan menyimpan data kartu kredit, kartu debit, atau data akun pembayaran lain seperti Kredivo dan metode pembayaran lainnya.

Pada halaman pembayaran ini anda dapat menyimpan beberapa data kartu kredit atau debit untuk memudahkan transaksi. Jadi jika anda telah menyimpan data kartu debit atau kredit, pada transaksi selanjutnya anda tidak perlu lagi memasukan nomor kartu.

Pada transaksi selanjutnya anda hanya perlu memilih kartu mana yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran, selanjutnya cukup memasukan masa berlaku kartu atau nomor CVV yang ada di belakang kartu debit atau kredit tersebut.

Rekening Bank

Anda dapat merubah maupun menambahkan rekening bank anda pada bagian ini. Bila telah menambahkan bank yang biasa anda gunakan untuk bertransaksi, nantinya anda hanya tinggal pilih dari bank mana anda telah melakukan pembayaran sehingga tidak perlu lagi menulis ulang data bank setiap kali anda bertransaksi. 

INGAT! Pihak toko online manapun tidak akan meminta anda untuk menuliskan password atapun data yang sangat sensitif lainnya dari data rekening bank anda, Tetap waspada!

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Bank

Notifikasi

Pada halaman ini anda dapat memililh berita atau informasi apa saja yang ingin anda dapatkan notifikasinya pada email atau menu di dashboard tokopedia (setelah login). Tim rinditech.com  sarankan anda memilih informasi – informasi yang memang anda perlukan untuk masuk ke email anda, 

Bila anda mengaktifkan semua maka siap – siap saja anda akan mendapat email dari tokopedia minimal satu kali seminggu untuk buletin. Jangan lupa klik >Simpan setelah melakukan pilihan.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Notifikasi

Keamanan (Login Seal)

Ini adalah pengaturan tambahan pada bagian keamanan untuk melihat histori atau data kapan saja anda melakukan login ke akun Tokopedia anda. Data ini berfungsi agar kita dapat menyeleksi dan mengetahui kapan saja dan dari mana saja kita melakukan login.

Jika ada login yang tidak biasa maka anda akan segera mengetahuinya karena data tersebut menunjukan setiap login secara detail.

Cara Melengkapi dan Menambah Data Diri di Akun Tokopedia Login Seal

Informasi ini terlihat biasa saja bagi kita, namun ternyata sangat bermanfaat untuk melindungi akun kita yang biasa digunakan, apalagi kita sudah memasukan data pribadi didalam akun tersebut.  

Tidak mengerti atau terlihat ribet? Bila anda tidak terlalu mengerti tentang fitur ini, tidak akan masalah bila anda jarang membukanya karena pada prinsipnya ini adalah fitur tambahan keamanan. Dan pada dasarnya system login standar masih cukup aman sampai saat ini.

4.Simpan (Selesai)

Setiap anda melakukan perubahan pada semua bagian, jangan lupa untuk menekan tombol >Simpan atau >Submit bila perlu lakukan refresh halaman (ctrl + R) setelah menekan >Simpan untuk memastikan.

Apakah data yang dimasukan dapat dirubah sewaktu – waktu?

Bila telah memasukan data pada kolom – kolom tersebut, apakah masih bisa dirubah? Jawabannya, BISA!. Kapanpun anda mau ataupun ada perubahan sewaktu – waktu, data tersebut bisa dirubah, ditambahkan maupun dihapuskan.

Semoga artikel ini dapat membantu teman – teman semua yang sedang mencari cara untuk melengkapi data atau menambahkan data di akun toko online tokopedia. Bila ada pertanyaan silahkan simpan pada bagian komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!


Artikel Terkait lainnya dari Rinditech:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

11 komentar

  1. Mia
    Mia
    Senin, Juni 28, 2021
    Izin tanya, jika data diri (jenis kelamin dan tanggal lahir) sudah tidak bisa dirubah melalui handphone, apakah jika menggunakan PC data diri tsb masih bisa dirubah?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Juni 29, 2021
      Di PC jenis kelamin masih bisa dirubah, tapi kalau tanggal lahir sudah tidak bisa dirubah lagi
  2. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 25, 2021
    jika ktp yang dipakai untuk verifikasi akun adalah ktp seorang pns, apakah ada masalah untuk kedepannya.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Januari 25, 2021
      Status atau pekerjaan di KTP gak pengaruh, yang penting data NIK dan orangnya sama. Dan bisa dicocokan sama data yang ada di sistem shopee
  3. N.i.n.a
    N.i.n.a
    Senin, Desember 16, 2019
    Kenapa tiap masukin di alamat email pas klik simpan bacaannya, TERJADI KESALAHAN. ULANGI BEBERAPA SAAT LAGI.

    Begitu terus tiap masukin. Kenapa ya Mas? Udh di coba hari berikutnya begitu juga
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 17, 2019
      Itu bukanya dari PC atau HP? Saat melakukan /merubah data penting seperti email sangat disarankan langsung dari PC karena sistem akan lebih mudah untuk bekerja seperti sinkronisasi ke email dan lainnya. Dan pastikan juga email yang dimasukan belum pernah digunakan di akun lain ya. Klo masih gagal silahkan boleh di info lagi ya mudah2an bisa kita bantu sampai berhasil.
  4. Munib
    Munib
    Senin, November 18, 2019
    Di tokopedia tidak ada free ongkir ya seperti di shopee gitu
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, November 18, 2019
      Sepertinya skrg Tokopedia ada lagi program free ongkir nya, coba buka dan transaksinya dr aplikasi biasanya suka muncul tanda free ongkir di produk2 yg ikut programnya
  5. Sumber jaya makmur
    Sumber jaya makmur
    Rabu, September 04, 2019
    terima kasih
  6. Unknown
    Unknown
    Rabu, Mei 09, 2018
    mau tanya mas, gimana cara nya mengisi daftar catatan yaitu judul dan konten di marmarketplace tokopedia, judul nya bisa saya isi tapi kontennya kok gak bisa saya isi, gimana caranya ya? terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, Mei 10, 2018
      konten di halaman mana ya mas? soalnya pembahasan ini lebih ke melengkapi data akun pribadi agar nantinya kita lebih mudah apabila akan melakukan transaksi.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!