Beranda
Modem
Software
Tutorial
Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
Foto: tipsdani.com

Tidak bisa internetan karena modem bolt terkunci (Device Locked)? Tenang saja, anda tidak sendirian. Penyebab utama dari terkuncinya modem bolt anda adalah Update Software dengan menekan tombol menu saat pilihan update software muncul.

Baik sengaja /tidak sengaja menekan tombol menu hal itu sudah dipastikan akan melakukan penguncian pada modem bolt. Pada software yang terbaru modem akan disetting untuk kartu sim bolt saja, sehingga bila kita memasukan kartu sim dari provider lain (GSM) tidak akan terdeteksi dan layar akan memunculkan tulisan Device Locked.

Cara ini telah berhasil diterapkan pada 2 buah modem bolt yang berbeda (e5372s Bolt SLIM & MAX) dan dapat digunakan kembali seperti sedia kala (dapat menggunakan kartu GSM apa saja). Setelah berjelajah ke berbagai situs yang menunjukan cara unlock modem bolt, akhirnya kami menciptakan formula paling ampuh untuk unlock modem bolt tersebut, tentunya setelah melakukan penjelajahan ke beberapa situs teknologi.

Caranya yaitu dengan melakukan downgrade firmware yang telah terupdate ke versi sebelumnya (sebelum diupdate). Berikut adalah langkah – langkahnya.

Sebelum memulai memperbaiki modem bolt sebaiknya download terlebih dahulu software-software pendukung dibawah ini:

Langkah – langkah untuk Memperbaiki Modem Bolt yang terkunci (Device Locked) karena Update Software

  1. Pastikan driver modem telah terinstall, biasanya driver telah terinstal otomatis ketika modem disambungkan dengan PC pada penggunaan sebelum – sebelumnya.
  2. Setting modem pada mode Force Download dengan cara menekan tombol Power + Menu, akan muncul tulisan “Force Download” pada layar kemudian buru-buru tekan tombol Menu lagi bila berhasil layar akan menunjukan tulisan Do Not Power Off. Catatan: Pastikan modem dalam keadaan mati sebelum menekan Power +Menu.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
    Foto: unlockmodembolt.blogspot.co.id
  3. Sambungkan modem bolt ke PC /Laptop dengan kabel USB.
  4. Buka Device Manager pada PC /Laptop dengan cara klik kanan pada Computer kemudian pilih Manage.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
  5. Setelah muncul jendela Computer Management pilih Device Manager >>Ports (COM & LPT). Kemudian catat dua buah nomor port seperti yang diberi garis merah pada gambar dibawah ini (COM6 & COM7):
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
  6. Jalankan software Huawei Flasher. Akan muncul file bernama ports.ini atau ports pada folder penyimpanan software Huawei Flasher, bukalah file tersebut kemudian rubahlah nomor port sesuai data yang telah dicatat tadi pada bagian Device Manager (contoh: COM6 & COM7) kemudian SAVE.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
  7. Buka Aplikasi Huawei Flasher, pilih menu Select Firmware >> Parse From HMF. Pilih file HMF yang ada di folder E5372_Update_21.270.11.00.1151 seperti 2 gambar dibawah ini.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
  8. Pilih menu Flash Modem >> Resurrect Mode tunggu sampai proses writing firmware berhenti di FAIL.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
  9. Bila proses writing berhenti /stuck dan muncul kata FAIL itu menandakan bahwa anda sudah bisa menghentikan proses tersebut, tutup saja (close) jendela Huawei Flashernya.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
    Gambar: unlockmodembolt.blogspot.co.id
  10. Lepaskan modem bolt dari kabel kemudian matikan dengan cara cabut baterai, setelah itu pasang kembali baterai dan hidupkan kembali dengan menekan tombol power saja. Layar akan menunjukan tulisan BOLT saja.
  11. Sambungkan modem ke PC /Laptop dengan menggunakan kabel USB (lagi)
  12. Jalankan aplikasi Firmware Bolt Slim.EXE, jangan lupa untuk mencentang agreement acceptance seperti pada gambar dibawah ini. Kemudian klik Start. setelah aplikasi menemukan perangkat modem bolt anda, pilih Start /Mulai. Tunggu hingga proses pemasangan firmware selesai. Kemudian klik FINISH.
    Cara Unlock Modem Bolt Karena Update Software
  13. SELESAI. Modem sudah dapat digunakan kembali menggunakan kartu sim apa saja alias Unlock.

Semoga artikel ini dapat membantu khususnya bagi kalian-kalian yang masih belum terjamah oleh sinyal bolt tetapi punya-nya modem bolt saja, sehingga terpaksa harus menggunakan provider lain untuk mengakses internet.

Bila ada masalah atau belum berhasil melakukan unlock modem bolt nya bisa berdiskusi pada kolom komentar dibawah ya, kita akan bantu sebisanya.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

194 komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!