Cara Melihat CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live)

Rindi Putra
7 Komentar
Beranda
Internet
Tutorial
Cara Melihat CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live)
Cara Melihat CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live)

Berikut ini adalah cara melihat CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live) atau Online. Cara ini dapat dilakukan baik dari HP (smartphone) ataupun dari komputer (PC). Bundaran HI, Monas, Transjakarta, atau anda ingin memantau debit air di sungai? Semua CCTV bisa anda akses secara langsung.

Anda dapat akses semua atau melihat CCTV online di Jakarta yang terhubung dengan sistem Jakarta Smart City atau dari sumber lainnya seperti website Lewatmana, website BPJT, dll. CCTV semua jalan raya, stasiun, transjakarta, kondisi sungai, bahkan kantor - kantor pemerintahan seperti kantor kelurahan, kecamatan, dan kantor pelayanan lainnya juga dapat diakses secara langsung.

Dengan akses yang diberikan secara publik ini anda dapat memantau seluruh kondisi di sebagian besar wilayah jakarta. Apalagi ketika sedang ada musibah seperti banjir atau kecelakaan, dengan memantau CCTV anda dapat melihat keadaan yang sebenarnya secara langsung tanpa harus menunggu berita di televisi atau berita online lainnya.

Melihat CCTV Online di Jakarta via: Lewatmana

Website lewatmana sudah ada sejak lama, bahkan saat saya bekerja di Jakarta hampir setiap hari memantau CCTV via website ini, menghindari waktu macet saat akan pulang kerja. Jumlah CCTV yang bisa diakses pun lumayan banyak dan hampir semua area penting bisa diakses tampilan CCTV nya.

Silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini untuk melihat CCTV online di Jakarta secara langsung.

  1. Silahkan buka website: lewatmana.com
  2. Pada menu utama di bagian atas layar silahkan klik menu > CCTV. Jika berhasil akan muncul menu dropdown dengan sub-menu pilihan daerah atau kota yang ingin anda lihat CCTV nya.
  3. Silahkan pilih daerah yang ingin anda pantau seperti CCTV Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan bahkan di website ini juga tersedia CCTV kota lain seperti CCTV Bandung, Depok, Puncak, Surabaya, dll.
  4. Jika sudah memilih daerah, halaman akan menunjukan semua CCTV yang bisa di akses di daerah tersebut (online) dan juga CCTV yang tidak bisa di akses (offline). Silahkan pilih salah satu CCTV yang aktif (online).
  5. Secara default tampilan CCTV akan berupa gambar (tangkapan layar terbaru), jika ingin melihat secara live silahkan klik tombol > Video.
  6. Video hanya di batasi beberapa detik saja untuk menghemat beban website, jadi jika ingin terus melihat tayangan terbaru silahkan klik tombol > Refresh untuk menampilkan rekaman terbaru.

Jika tombol refresh tidak bekerja (tampilan video tidak berubah), silahkan lakukan refresh halaman website (Ctrl + R) atau klik tombol dengan simbol panah melingkar di menu browser.

Melihat CCTV Online Jakara via: BPJT

Tampilan CCTV online ini disediakan oleh BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Seperti judulny,a website ini hanya menyediakan tayangan CCTV online di sekitaran atau didalam area jalan tol.

Walapun terbatas di jalan tol (dan sekitarnya), tampilan CCTV dari BPJT ini juga menyediakan tampilan CCTV online jalan tol dalam kota di Jakarta. Jadi jika anda ingin memantau tol dalam kota atau akses gerbang tol yang ada di jakarta, bisa menggunakan cara ini.

Silahkan buka website BPJT ini: https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe

Dari pantauan kami, tersedia beberapa CCTV online seperti 6 Tol Dalam kota, Akses Tanjung Priok, Bakaheuni, dll. Silahkan pilih salah satu CCTV yang tersedia. Pastikan ada tulisan jumlah CCTV yang ONLINE.

Silahkan klik tombol Play/putar untuk melihat tampilan CCTV secara live.

CCTV error tidak dapat dibuka?

Jika kamera yang ingin anda pantau tidak terbuka, silahkan periksa koneksi internet anda. Untuk melihat video secara langsung (live) seperti ini memerlukan koneksi yang stabil dan juga kuota yang lumayan banyak, sama seperti anda melihat video di Youtube.

Jika tidak ada masalah dengan koneksi internet, silahkan coba gunakan browser yang disarankan yaitu Mozilla Firefox. Jika masih tidak bisa, besar kemungkinan masalahnya bukan di HP atau smartphone anda.

Umumnya memang selalu saja ada beberapa kamera yang tidak dapat diakses. Hal ini bisa karena berbagai hal, bisa karena gangguan sinyal atau memang sedang rusak dan dalam perbaikan. Jika anda mendapatkan tulisan error code 232001 (atau nomor lainnya) itu menandakan masalah bersumber dari CCTV bukan dari HP atau komputer anda.

Kami sarankan untuk tidak bergantung kepada satu sumber CCTV, silahkan coba dengan CCTV lain yang ada disekitarnya. Atau anda juga bisa memilih dari sumber CCTV lain yang tersedia.

Cara Melihat CCTV di Jakarta via: Jakarta SmartCity di Smartphone

Akhir - akhir ini halaman live CCTV di JSC sedang tidak bisa terbuka, tapi tenang saja, saya juga sudah tuliskan cara alternatif lainnya untuk melihat CCTV yang tersebar di daerah Jakarta, bahkan bisa juga melihat CCTV yang ada di kota lain seperti Bandung, Surabaya, dan Jalur Puncak.

Karena website JSC masih error, jadi di skip saja cara di bawah ini, silahkan langsung lihat cara alternatif di bawah nya ya.

  1. Buka browser Chrome, Firefox, Safari, dll (khusus untuk ini kami sarankan menggunakan browser Mozilla Firefox)
  2. Buka halaman Peta di website Jakarta Smart City atau bisa langsung klik tautan ini: smartcity.jakarta.go.id/maps/
  3. Jika belum muncul daftar menu, silahkan klik tombol >Menu di bagian atas layar (lingkaran dengan 3 garis berjajar) Jika sudah muncul daftar menu silahkan pilih menu >CCTV Online hingga muncul sub menu yang berisi daftar sumber kamera CCTV yang tersedia.
  4. Silahkan klik salah satu sumber CCTV yang ingin dipantau atau diakses. Kami sarankan untuk mencoba Kamera Bali Tower karena memiliki jumlah CCTV yang lumayan banyak (lebih dari 4000 CCTV Online)
  5. Setelah icon kamera bermunculan di peta silahkan tutup daftar menu agar tidak menghalangi tampilan peta. Silahkan tekan tombol >Menu hingga daftar menu tertutup.
  6. Silahkan Zoom in atau perbesar peta ke tempat yang ingin anda akses CCTV nya. Jika sudah, silahkan klik ikon atau tombol CCTV yang tersedia di daerah tersebut.Cara Melihat CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live)
  7. Tunggu beberapa saat hingga rekaman live CCTV muncul.
  8. Silahkan klik video untuk melihatnya secara fullscreen.

Cara Melihat CCTV di Jakarta via Jakarta Smart City di Komputer

  1. Buka browser (Chrome, Firefox, Safari, dll) di komputer atau laptop anda
  2. Kemudian buka halaman Peta di website Jakarta Smart City atau bisa langsung klik tautan ini: smartcity.jakarta.go.id/maps/
  3. Jika belum muncul daftar menu, silahkan klik tombol >Menu di bagian atas layar (lingkaran dengan 3 garis berjajar) Jika sudah muncul daftar menu silahkan pilih menu >CCTV Online hingga muncul sub menu yang berisi daftar sumber kamera CCTV yang tersedia.
  4. Silahkan klik salah satu sumber CCTV yang ingin dipantau atau diakses. Kami sarankan untuk mencoba Kamera Bali Tower karena memiliki jumlah CCTV yang lumayan banyak (lebih dari 4000 CCTV Online)
  5. Tunggu hingga icon kamera CCTV bermunculan kemudian silahkan perbesar atau zoom-in ke wilayar atau daerah yang anda ingin akses rekaman CCTV secara live
  6. Silahkan klik pada ikon kamera CCTV yang tersedia di daerah tersebut hingga muncul tampilan video dari kamera CCTV tersebut.Cara Melihat CCTV di Jakarta Secara Langsung (Live)
  7. Setelah tampilan video muncul silahkan klik video tersebut untuk memperbesar atau melihatnya secara full screen.

Pilih sumber kamera sesuai kebutuhan

Pilihlah sumber kamera sesuai kebutuhan anda, contohnya jika ingin melihat CCTV di Jakarta tentang arus lalu lintas maka disarankan untuk melihatnya dari Kamera Bali Tower karena mempunyai akses ke lebih dari 4000 (empat ribu) kamera di sepanjang jalan yang ada di Jakarta.

Jika anda ingin melihat kepadatan yang ada di stasiun transjakarta maka silahkan untuk mengaktifkan sumber kamera Transjakarta. Begitu juga dengan sumber - sumber kamera lainnya silahkan sesuaikan kebutuhan anda.

Jika anda ingin melihat kondisi suatu wilayah atau tempat kami sarankan untuk mengaktifkan lebih dari satu sumber kamera. Nantinya anda dapat memilih posisi kamera yang paling pas untuk anda tinjau secara live.

Semoga tulisan mengenai cara melihat CCTV di Jakarta secara langsung (live) atau online ini bermanfaat. Jika anda mengalami kendala silahkan simpan pertanyaan dikolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

7 komentar

  1. Acep Supriatna
    Acep Supriatna
    Sabtu, Oktober 16, 2021
    ini kenapa pengelola portal jakartasmartcity kok jdi ga karuan ya. skrng udh ga bs akses http://smartcity.jakarta.go.id/maps lagi.
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Oktober 16, 2021
      Mungkin sedang ada maintenance atau mau ada re-desain. Ditunggu saja sampai kembali normal.
  2. Unknown
    Unknown
    Senin, Mei 03, 2021
    Untung liat cctv pada tngal 27 pukul 09 00 bagaimna kah
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, Mei 03, 2021
      Setau saya gak bisa. bisanya cuman tampilan live saja
  3. user
    user
    Selasa, Desember 08, 2020
    kenapa semua kamera bali tower berisi iklan molecool live cctv sangat mengganggu pengguna mohon perhatiannya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Desember 08, 2020
      Semoga dilihat sama pihak terkait ya keluhannya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!