Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Sedang melakukan download tapi tidak bisa ditinggal karena takut komputer atau laptopnya masuk ke mode sleep secara otomatis? Atau terganggu karena layar komputer atau laptopnya terlalu cepat mati? Berikut ini adalah cara untuk mengatur atau merubah waktu kapan computer /laptop anda mematikan layar dan kapan masuk ke mode sleep secara otomatis.

Pengaturan waktu sleep atau hibernate dengan waktu layar mati adalah di sistem dan program yang berjalan.
Bila pada mode layar mati, program yang sedang berjalan (download, rendering, converting, playing, dll) akan tetap berjalan dan tidak terganggu dengan layar yang sudah mati. Contohnya bila kita sedang melakukan download menggunakan google chrome dan juga memutar music di audio player seperti Windows media player. Dan pada saatnya waktu layar mati tiba (otomatis sesuai pengaturan) maka layar akan mati namun proses download yang sedang dijalankan akan tetap berjalan dan musik akan tetap diputar berikut audio akan tetap bisa didengar.

Namun bila telah masuk ke mode hibernate atau sleep (otomatis sesuai pengaturan), semua program yang sedang bekerja atau berjalan seperti yang sudah dicontohkan diatas akan otomatis ikut terhenti (sudah pernah dialami oleh tim rinditech.com) tidak perduli apa yang sedang dikerjakan dan seberapa penting program itu. Seperti bila kita sedang melakukan converting (seperti merubah file video menjadi mp3) dan juga pada saat yang bersamaan kita memutar musik di windows media player. Maka pada saat waktu sleep atau hibernate tiba, semua program yang sedang berjalan akan terhenti secara terpaksa tanpa meminta persetujuan dari kita sebagai pengguna (user).

Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Apakah proses akan dilanjutkan bila komputer atau laptop sudah dinyalakan kembali?

Naah.. mungkin masih ada yang bertanya apabila computer kita sudah terlanjur masuk ke mode sleep atau hibernate atau bahkan shutdown, apakah semua proses yang terhenti itu bisa dilanjutkan kembali?

Jawabannya adalah tergantung dari program nya. Namun kebanyakan dan hampir semua program tidak bisa melanjutkan proses dari tengah (mulai saat computer mati) sampai selesai. Semua proses tidak akan bisa dilanjutkan, dan haru mengulangnya lagi dari awal. Seperti download, ataupun converting.

Maka dari itu perlulah bagi kita sebagai pengguna dari computer atau laptop mengetahui cara untuk mengatur waktu sleep atau layar mati di komputer, lebih bagus lagi kita mengetahui waktu yang cocok untuk diatur sebagai pengaturan ‘default’ kita.

Cara Merubah atau Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati (di Komputer)

Disini ada dua cara, yaitu cara untuk komputer dan cara untuk laptop. Namun sebenarnya menggunakan cara untuk computer juga bisa diterapkan pada laptop. Namun pada cara laptop ada pengaturan lanjutan yang dapat kita sesuaikan lagi karena pada laptop terdapat baterai yang bisa diberikan pengaturan khusus.
  1. Klik tombol Start
  2. Ketik ‘Power options’ pada area pencarian
  3. Pilih /Buka pengaturan Power Options
  4. Pilih ‘change plan settings’ (windows 7) untuk windows 8 atau windows 10 juga sama, bila tidak menemukan carilah kata – kata yang berhubungan dengan change, setting, edit, dll.
  5. Atur waktu layar mati (turn off display) dan tidur (put computer to sleep) sesuai kebutuhan
Tidak dapat masuk ke pengaturan? Coba cara alternative ini. Start >Control Panel >Hardware & Sound >Power Options

Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer


Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Cara Merubah atau Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati (di Laptop)

  1. Masuk ke pengaturan baterai
    • Cara pertama bisa melalui klik kanan pada icon baterai yang biasanya terletak di area taskbar (kanan-bawah).
    • Cara kedua sama seperti cara pada komputer diatas dengan menekan tombol start kemudian ketik power options pada area pencarian
  2. Buka /pilih Power Options (pengaturan baterai)
  3. Pilih ‘change plan setting’ (windows 7) untuk windows 8 atau windows 10 juga sama, bila tidak menemukan carilah kata – kata yang berhubungan dengan change, setting, edit, dll.
  4. Atur waktu layar mati (turn off display) dan tidur (put computer to sleep) sesuai kebutuhan
Tidak dapat masuk ke pengaturan? Coba cara alternative ini. Start >Control Panel >Hardware & Sound >Power Options
Pada pengaturan laptop kita dapat mengatur juga waktu tidur (sleep) layar mati (turn off screen) bila sedang menggunakan daya dari baterai dan bila sedang terhubung dengan charger (listrik).


Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Tips mengatur kapan waktu layar mati (screen off) ala rinditech team

Sebenarnya pengaturan ini sangat penting bagi pengguna laptop khususnya bila sedang menggunakan listrik dari baterai, karena penggunaan layar tentunya sangat menguras daya tahan baterai, terlepas dari apapun program yang sedang dijalankan, maka dari itu, bila anda sering meninggalkan laptop saat sedang menyala, ditinggal karena harus bolak –balik ruangan, ataupun ditinggal karena harus menemani teman bicara berdiskusi, aturlah waktu otomatisasi layar mati pada batas yang terkecil (sebentar).

Atur waktu pada batas terkecil (sebentar), misalnya diatur pada 5 atau 10 menit (dimulai saat anda tidak melakukan aktifitas pada laptop). Atau mungkin nanti pada praktiknya dirasa terlalu sebentar dan mengganggu proses kerja anda, bisa ditambahkan waktunya menjadi 20 atau maksimal 30 menit (sesuai kebutuhan).

Tips Mengatur kapan melakukan otomatis sleep (put the computer to sleep) ala rinditech.com

Bila anda sedang melakukan proses download ataupun melakukan converting lihatlah estimasi waktu yang dibutuhkan, misalkan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam, maka kita perlu mengatur waktu sleep komputer minimal 2 jam (setelah tidak melakukan aktivitas). Begitu juga seterusnya bila estimasi waktu pengerjaan 2 jam maka sediakan waktu minimal 3 atau 4 jam untuk masuk ke mode sleep secara otomatis.

Bila computer mati sebelum pekerjaan selesai, maka seluruh pekerjaan yang sedang berjalan akan mengalami kegagalan dan bahkan mendapatkan ‘damage’ karena proses otomatisasi yang mengharuskan laptop atau komputer menghentikan semua program untuk berhenti dan ditutup dengan cara dipaksa.

Selebihnya anda dapat membuat penyesuaian sendiri pada waktu yang dibutuhkan untuk mematikan layar dan mematikan komputer (sleep) sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan anda. Karena pengaturan ini dapat dirubah kapanpun dibutuhkan, maka tidak ada salahnya untuk selalu mengatur waktu – waktu tersebut sesuai kondisi dan pekerjaan anda yang sedang berjalan.

Semoga artikel mengenai cara untuk mengatur atau merubah waktu layar mati atau sleep ini dapat membantu. Bila ada kendala atau pertanyaan, teman – teman dapat langsung memberikan pertanyaan tersebut pada kolom komentar dibawah seperti biasa, akan kami bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak. #beWiseUser

Artikel Terkait:
Kenapa jarus menurunkan tingkat ketajaman (Sharpness) pada TV?
Cara Agar Sound ke Port Headset, bukan ke Port HDMI

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »