Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

Sedang melakukan download tapi tidak bisa ditinggal karena takut komputer atau laptopnya masuk ke mode sleep secara otomatis? Atau terganggu karena layar komputer atau laptopnya terlalu cepat mati? Berikut ini adalah cara untuk merubah atau mengatur waktu kapan computer /laptop anda mematikan layar dan kapan masuk ke mode sleep secara otomatis.

Pengaturan waktu sleep atau hibernate dengan waktu layar mati adalah di sistem dan program yang berjalan.

Bila pada mode layar mati, program yang sedang berjalan (download, rendering, converting, playing, dll) akan tetap berjalan dan tidak terganggu dengan layar yang sudah mati. Contohnya bila kita sedang melakukan download menggunakan Google Chrome dan juga memutar music di audio player seperti Windows media player. 

Pada saatnya waktu layar mati tiba (otomatis sesuai pengaturan) maka layar akan mati namun proses download yang sedang dijalankan akan tetap berjalan dan musik akan tetap diputar berikut audio akan tetap bisa didengar.

Namun bila telah masuk ke mode hibernate atau sleep (otomatis sesuai pengaturan), semua program yang sedang bekerja atau berjalan seperti yang sudah dicontohkan diatas akan otomatis ikut terhenti (sudah pernah dialami oleh tim rinditech.com) tidak perduli apa yang sedang dikerjakan dan seberapa penting program itu. 

Seperti bila kita sedang melakukan converting (seperti merubah file video menjadi mp3) dan juga pada saat yang bersamaan kita memutar musik di PC. Maka pada saat waktu sleep atau hibernate tiba, semua program yang sedang berjalan akan terhenti secara terpaksa tanpa meminta persetujuan dari kita sebagai pengguna (user).

Apakah proses akan dilanjutkan bila komputer atau laptop sudah dinyalakan kembali?

Naah.. mungkin masih ada yang bertanya apabila computer kita sudah terlanjur masuk ke mode sleep atau hibernate atau bahkan shutdown, apakah semua proses yang terhenti itu bisa dilanjutkan kembali?

Jawabannya adalah tergantung dari program nya. Namun kebanyakan dan hampir semua program tidak bisa melanjutkan proses dari tengah (mulai saat computer mati) sampai selesai. Semua proses tidak akan bisa dilanjutkan, dan haru mengulangnya lagi dari awal. Seperti download, ataupun converting.

Maka dari itu perlulah bagi kita sebagai pengguna dari computer atau laptop mengetahui cara untuk mengatur waktu sleep atau layar mati di komputer, lebih bagus lagi kita mengetahui waktu yang cocok untuk diatur sebagai pengaturan ‘default’ kita.

Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati (di Komputer)

Disini ada dua cara, yaitu cara untuk komputer PC dan cara untuk laptop. Perbedaannya, pada cara laptop, ada pengaturan lanjutan yang dapat kita sesuaikan lagi karena pada laptop terdapat baterai yang bisa diberikan pengaturan khusus.

  1. Klik tombol "Start"
  2. Ketik: "Power and sleep settings" pada area pencarian
  3. Klik/buka menu tersebut, jika tidak ada nama yang sama, silahkan pilih menu dengan nama yang mirip, seperti "Power Plan", "Power Settings", dan nama - nama yang mirip lainnya. Jika anda masih menggunakan Windows 7 silahkan ketik: "Power options" di pencarian

    Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

  4. Pada Windows 10 atau Windows 11, Anda bisa langsung mengatur kapan waktu layar mati atau gelap (screen turn off after...) atau kapan waktu PC masuk ke mode sleep (PC goes to sleep after...) di halaman ini.
Tidak dapat masuk ke pengaturan? Coba cara alternatif ini. Start > Settings > System > Power & Sleep

Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati (di Laptop)

  1. Masuk ke pengaturan baterai
    • Cara pertama bisa melalui klik kanan pada icon baterai yang biasanya terletak di area taskbar (kanan-bawah) kemudian pilih "Power options" atau "power plan"
    • Cara kedua sama seperti cara di komputer diatas dengan menekan tombol "Start" kemudian ketik "Power & sleep settings" kemudian buka menu tersebut
  2. Pada Windows 10 atau Windows 11, anda akan langsung membuka pengaturan layar mati dan sleep, dan ada pengaturan tambahan yaitu saat laptop tidak di hubungkan ke charger (on battery power) dan saat laptop dihubungkan ke charger (when plugged in)

    Cara Mengatur Waktu Sleep atau Layar Mati di Komputer

  3. Silahkan Atur waktu layar mati (screen turn off after...) dan sleep (PC goes to sleep after...) sesuai kebutuhan anda. Dan atur juga saat laptop terhubung ke charger dan saat sedang menggunakan baterai saja.
Tidak dapat masuk ke pengaturan? Coba cara alternative ini. Start >Control Panel >Hardware & Sound >Power Options

Tips mengatur kapan waktu layar mati (screen off)

Sebenarnya pengaturan ini sangat penting bagi pengguna laptop khususnya bila sedang menggunakan listrik dari baterai, karena penggunaan layar tentunya sangat menguras daya tahan baterai, terlepas dari apapun program yang sedang dijalankan

Bila anda sering meninggalkan laptop saat sedang menyala, ditinggal karena harus bolak –balik ruangan, ataupun ditinggal karena harus menemani teman bicara berdiskusi, aturlah waktu otomatisasi layar mati pada batas yang terkecil (sebentar).

Atur waktu pada batas terkecil (sebentar), misalnya diatur pada 5 atau 10 menit (dimulai saat anda tidak melakukan aktifitas pada laptop). Atau mungkin nanti pada praktiknya dirasa terlalu sebentar dan mengganggu proses kerja anda, bisa ditambahkan waktunya menjadi 20 atau maksimal 30 menit (sesuai kebutuhan).

Tips Mengatur kapan melakukan otomatis sleep (put the computer to sleep)

Bila anda sedang melakukan proses download ataupun melakukan converting lihatlah estimasi waktu yang dibutuhkan, misalkan waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam, maka kita perlu mengatur waktu sleep komputer minimal 2 jam (setelah tidak melakukan aktivitas). Begitu juga seterusnya bila estimasi waktu pengerjaan 2 jam maka sediakan waktu minimal 3 atau 4 jam untuk masuk ke mode sleep secara otomatis.

Bila computer mati sebelum pekerjaan selesai, maka seluruh pekerjaan yang sedang berjalan akan mengalami kegagalan dan bahkan mendapatkan ‘damage’ karena proses otomatisasi yang mengharuskan laptop atau komputer menghentikan semua program untuk berhenti dan ditutup dengan cara dipaksa.

Selebihnya anda dapat membuat penyesuaian sendiri pada waktu yang dibutuhkan untuk mematikan layar dan mematikan komputer (sleep) sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan anda. Karena pengaturan ini dapat dirubah kapanpun dibutuhkan, maka tidak ada salahnya untuk selalu mengatur waktu – waktu tersebut sesuai kondisi dan pekerjaan anda yang sedang berjalan.

Semoga artikel mengenai cara untuk mengatur atau merubah waktu layar mati atau sleep ini dapat membantu. Bila ada kendala atau pertanyaan, teman – teman dapat langsung memberikan pertanyaan tersebut pada kolom komentar dibawah seperti biasa, akan kami bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak!

Artikel Menarik Lainnya:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

17 komentar

  1. Wagiarni
    Wagiarni
    Sabtu, April 10, 2021
    Kak , laptop nya udah disetting, namun pada prakteknya laptopnya tidak sesuai dengan yang di setting . Ada kah cara lainnya. .
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, April 11, 2021
      coba dulu dengan waktu yang singkat, misalnya 1 menit /30 detik. kalau tetap gak bisa coba praktekan di laptop /PC lain, siapatau ada masalah di laptop nya
  2. Yus Bastian
    Yus Bastian
    Jumat, Januari 08, 2021
    misal kita main gem 1 jam display di atur 1 jam, sleep nya berapa gan?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Jumat, Januari 08, 2021
      sleepnya harus lebih dari waktu display off. Pengaturan ini akan aktif kalau PC/laptopnya sedang tidak digunakan ya, kalau digunakan seperti main game tidak akan aktif pengaturannya.
  3. Unknown
    Unknown
    Selasa, Oktober 27, 2020
    Mas numpang tanya kalau di sleep selama 10 jam aman ga ya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Oktober 28, 2020
      Aman - aman aja sih, yang penting baterai nya cukup.
  4. edwin
    edwin
    Minggu, September 20, 2020
    saya dah setting turn off display 3 menit, put the computer sleep 3 menit. memang benar 3 menit kemudian komputer mati tapi kenapa ya beberapa menit kemudian komputer menyala otomatis? lalu 3 menit lagi mati lalu beberapa menit kemudia nyala lagi.. kira2 apa yg harus di setting ya? makasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Senin, September 21, 2020
      Kalau turn off display nya 3 menit berarti sleep nya jangan di 3 menit juga, harusnya lebih lama dari turn off display. Contoh: display 3 menit, sleep 5 menit. atau display 5 menit, sleep 10 menit. Kalau masih error berarti harus disetting ke pengaturan awal dulu (default)
  5. Story Mona
    Story Mona
    Senin, Agustus 24, 2020
    Mas admin. Mau tanya. Cara setting biar baterai off saat sleep gimana ya? Soalnya laptop azuz saya kalau di sleep baterainya masih on. Jadi pas mau buat kerja lagi malah lowbet baterainya. Terimakasih
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Agustus 25, 2020
      Saat mode sleep laptop tetap membutuhkan daya dari baterai, tetapi daya yang dibutuhkan sangat kecil. Jadi kalau baterai mu cepat lowbat saat di sleep, ada kemungkinan baterai nya sudah drop
  6. Astri
    Astri
    Kamis, September 19, 2019
    mau tanya,
    kalau laptop lagi di update windowsnya, tapi settingan sleep otomatis masih diaktifkan, pas ditengah-tengah update bisa sleep sendiri ga ya? terus jadi gagal gitu updatenya?
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Kamis, September 19, 2019
      Klo untuk update standard yg dilakukan otomatis (tanpa harus restart) tetap bisa sleep sendiri dan proses update akan terhenti. Proses update akan dilanjutkan saat laptop dinyalakan kembali. Pada dasarnya aman - aman saja. Walaupun tetap ada resiko gagal update, tetapi kemungkinannya kecil.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!