Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8 (No Root, No UBL)

Berikut ini adalah cara memunculkan sinyal 4g di smartphone xiaomi MIUI 7 ataupun MIUI 8 tanpa cabut kartu. Cara ini kami coba dengan Smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan berhasil. Cara ini juga dapat diterapkan pada smartphone Xiaomi type lainnya yang mempunyai masalah pengaturan sinyal 4G atau LTE tanpa harus melakukan Root ataupun UBL (Unlock bootloader).

Seperti yang kita tahu bahwa mulai dari MIUI 7.3.2 (kalau tidak salah) pilihan sinyal 4G atau LTE di banyak tipe smartphone xiaomi mulai menghilang dan harus diatur manual melalui panggilan darurat ke *#*#4636#*#* lalu pilih sinyal 4G. Bahkan untuk pengaturan sinyal 4G/LTE di MIUI 8 kita harus melakukan cabut kart SIM untuk dapat memilih jaringan 4G /LTE.

Tanpa cabut kartu!

Yup! pada prinsipnya kita masih menggunakan cara yang sama dengan melakukan panggilan magic seperti biasa (*#*#4636#*#*) namun yang berbeda kali ini adalah kita tidak perlu melakukan cabut kartu. Cukup dengan menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia di Google Play Store.

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8


Cara ini agak sedikit ‘tricky’, jadi bila pada percobaan pertama anda gagal atau masih bingung, itu normal. Karena admin pun berhasil di percobaan ke –sekian. Tetapi kalau sudah biasa mudah kok dan lebih simple dari pada melakukan pengaturan dengan cabut kartu.

Langsung aja kita ke langkah – langkah nya.

Cara memunculkan sinyal 4G di MIUI 8 tanpa cabut kartu SIM

#1 Install aplikasi ‘QuickShortcutMaker’ dan ‘Phone Testing’

Cari dan install aplikasi QuickShortcutMaker dan Phone Testing di smartphone xiaomi anda via Play Store.

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

#2 Buat shortcut Phone (ListPreference)

Buka aplikasi QuickShortcutMaker dan pilih >Phone (com.android.phone) kemudian cari dan pilih >Phone (com.android.phone.UserPLMNListPreference) lalu >Create (kanan bawah).

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
1

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
2

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8
3

Setelah melakukan langkah ini maka akan ada shortcut baru di halaman utama yang berfungsi untuk merestart jaringan seperti halnya kita mencabut sim card dan langsung memasukannya kembali, jeda inilah yang kita manfaatkan untuk melakukan pengaturan sinyal seperti kartu yang telah dicabut. Namun perlu diingat bahwa jeda ini SANGAT SEBENTAR, maka kita harus melakukan langkah – langkah dibawah dengan cepat sebelum sinyal telepon kembali terhubung.

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8


Langkah 1 & 2 hanya dilakukan sekali saja, untuk selanjutnya kita bisa langsung lompat ke langkah ke #3.
Shortcut tidak muncul? Solusinya ada di bagian akhir artikel ini.

#3  Masuk ke menu List Preference

Nah, pada tahap inilah yang kami maksud agak ‘tricky’ karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa pada tahap ini kita harus mencobanya berkali – kali hingga berhasil, namun bila pada percobaan pertama kalian langsung berhasil, why not! kan!

Tap /klik shortcut >Phone lalu buru – buru buka aplikasi >Phone Testing dan layar baru akan muncul, lanjut buru – buru klik >Phone info 1 atau 2 tergantung dimana SIM card di simpan. Usahakan jangan diberi jeda yang terlalu lama, pokoknya kurang dari sepersekian detik keduanya harus di buka lalu lanjut ke Phone info.

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8


Bila berhasil maka akan ada piihaan preferred network type seperti belum terpasang kartu SIM. Dari pilihan ini kita dapat memiih jenis sinyal yang digunakan.

Bila tidak berhasil maka tidak akan ada pilihan preferred network type di layar. Dan anda harus mengulang lagi langkah ke #3 ini.

#4 Pilih sinyal yang diinginkn

Pilih sinyal LTE Only (Pilih LTE/WCDMA bila sinyal 4G belum stabil di daerah kalian). Tunggu hingga sinyal 4G muncul.
Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

#5 Tutup pengaturan. Selesai!

Bila sinyal 4G telah muncul, maka kita dapat menutup jendela pengaturan. Selamat menikmati sinyal 4G! untuk kecepatan dan kekuatan sinyal setiap provider berbeda – beda, tergantung dari cakupan area (coverage) dan kestabilan sinyal di daerah anda.

Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8

Tips agar bisa masuk ke pilihan sinyal

Ada beberapa cara agar berhasil masuk ke pengaturan sinyal ini sesuai pengalaman kami:

  1. Tekan kedua aplikasi (Phone & Phone Testing) secara bersamaan
  2. Tekan aplikasi (shortcut) >phone berkali – kali, kemudian langsung buka aplikasi phone testing.
  3. Tekan phone dan phone testing berurutan tetapi dengan kecepatan super, seakan – akan terlihat ditekan secara berbarengan.
  4. Setelah menekan aplikasi (shortcut) phone, jari kita staby di layar untuk memilih Phone Testing dan phone info
  5. Be creative! Atau mungkin kalian bias pakai cara sendiri, yang penting masuk ke pengaturan sinyal sebelum sinyal muncul.

Bila kurang kesabaran mungkin cara ini terlihat sedikit mustahil, tetapi percayalah bahwa sudah banyak orang yang berhasil, termasuk admin rinditech.com. Namun bila cara ini dirasa malah lebih susah dari cara ‘cabut kartu’ maka tidak ada larangan juga tetap menggunakan cara yang sebelumnya yang dirasa lebih nyaman dan praktis.


Bila masih bingung dengan langkah ke #3 dan belum pernah melakukan pengaturan 4G dengan cara cabut kartu, kami sarankan untuk mencoba dahulu tutorial memunculkan sinyal 4G dengan cabut kartu (link tutorial ada di akhir artikel ini), bila sudah mengerti di tutorial tersebut maka teman - teman tidak akan kesulitan memahami langkah ke #3.

Bagaimana dengan cara mengatifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)?

Ada yang bilang dengan mengaktifkan mode pesawat (flight mode) maka kita akan dapat memunculkan pengaturan 4G di panggilan *#*#4636#*#*, mungkin ada yang berhasil tetapi sampai saat ini kami tidak dapat masuk ke pengaturan sinyal melalui fight mode di MIUI 8.

Bagaimana bila Shortcut yang telah dibuat tidak ada?

Setelah menekan tombol Create seharusnya shortcut Phone muncul di homescreen, namun bagaimana bila tidak muncul dan tidak ditemukan walaupun sudah dicari?. Solusinya ada pada bagian perizinan atau permission, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di artikel "Cara Memunculkan Shortcut Aplikasi di Home screen" (Link artikel ada di bagian 'Artikel Terkait' di akhir artikel ini.

Semoga artikel ini membantu teman – teman yang sedang mencari alternative cara untuk memunculkan sinyal 4G di Smartphone xiaomi Tanpa Cabut Kartu SIM (sim card). Karena cabut pasang kartu dengan intensitas yang tinggi akan meningkatkan resiko kerusakan pada simcard holder.

Bila menghadapi kendala atau memiliki pertanyaan langsung saja simpan di kolom komentar dibawah. Kita akan bantu semaksimal mungkin. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. #beWiseUser!

Artikel Terkait:

61 Responses to "Tanpa Cabut Kartu! Begini Cara Memunculkan Sinyal 4G di MIUI 8 (No Root, No UBL)"

  1. mantap, work gan thx
    meski harus coba beberapa kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantaps! selamat gan, memang harus dicoba - coba gan. kalau sudah bisa gampang. lumayan kan ga usah cabut - cabut kartu lagi.

      makasih gan testimoni nya.

      Delete
  2. untuk miui 8.0.5.0 apakah bisa juga gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan. ini juga praktekin nya di MIUI 8.0.5.0 dan dicoba berkali - kali tetap aman terkendali tidak ada masalah.

      Delete
    2. Koq tetep gak bisa ya gan di 8.0.5.0

      Delete
    3. coba pake cara cabut kartu yg ini gan:
      http://www.rinditech.com/2016/09/cara-agar-sinyal-4g-kembali-miui-8-xiaomi-redmi-note-3.html

      Delete
  3. kalo gua ,,cuman pakai aplikasi Phone Testing dan 4G LTE only Switch -Speed test linknya https://play.google.com/store/apps/details?id=com.simplistic.forcelte&hl=en....prosedurnya sama..setelah buka aplikasi 4G LTE pilih FORCE 4G/3G/2G,aplikasi akan tutup sendiri dan teman2 langsung klik aplikasi Phone Setting,,lebih mudah teman2...udah sy coba dan work tanpa ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh cara baru niihh.. bisa di coba nih, makasih banget gan atas sharing nya. :D

      Delete
    2. sama2 gan...sebagai referensi,gua pake redmi 3 miui 8.0.2.0(LAIMIDG) di patch dengan fix LTE miui8,so far no problem,,

      Delete
    3. Agak sulit ya, soalnya sinyal nya langsung ada cepet banget

      Delete
    4. Kok saya ngga bisa ya gan, hp sama versi miui nya sama. Cepet banget keluar sinyal soalnya

      Delete
    5. Thanks informasinya
      Berhasil juga

      Delete
  4. udah ane coba & working gan
    cuma ane ngerasa walo dapet 4G tp koneksinya lelet, ga secepat 4G default sebelum upgrade MIUI.
    Apa ngalami hal yang sama? atau tau masalahnya kenapa ya?
    ane pake renote 3 pro
    makasih sebelumnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti kartu ga gan? disini juga ada yang pake renote 3 pro tapi ga ada masalah koneksi gan. atau mungkin sedang tidak stabil gan sinyal 4g nya disana,

      Delete
  5. Rdmi 3s mui 8
    ....30 ttep gk bisa gan. Ada yg bisa bantuin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diatur APN nya gan di bagian Settings. dan sesuaikan pengaturannya berdasarkan operator yang digunakan, semoga membantu

      Delete
  6. Gan kok di gw shortcutnya ga muncul ya?padahal udah sama kek di tutor dan udah ganti aplikasi quickshortcutnya ttp ga bisa gan ,mungkin nemu solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ulangi lagi dari awal gan, mungkin ada yang salah pencet, samar - samar soalnya pas pilih shortcut. Atau re-install semua aplikasi yang digunakan, mungkin ada error saat pemasangan.

      Delete
    2. coba cek permissionnya gan.. mungkin ada yg belum diizinkan, semoga membantu

      Delete
  7. Mas , saat create ga keluar aplikasi gambar telepon birunya.
    hp saya redmi note 3 pro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek permissionnya gan di bagian security. klo belum ada tinggal di tambahkan

      Delete
  8. makasih gan, coba 2x langsung berhasil. cara ini memang harus secepat mungkin.

    ReplyDelete
  9. Makasih gan. baru coba 2x langsung berhasil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mantapss.. siap gan sama - sama, senang dapat berbagi.
      terima kasih testimoni nya gan!

      Delete
  10. Saya sudah coba caranya. Tapi setelah muncul 4Gnya knp tidak bisa tlp ya? Cek pulsa juga tidak bisa. Internetnya sih bisa. Apkah ada yg pernah alami hal serupa? Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memilih jaringan "4G ONLY" memang akan seperti itu ga, coba pilih jaringan "LTE/WCDMA".
      semoga membantu,

      Delete
  11. Thanks ya, artikelnya sangat membantu. Terima kasih sudah menyempatkan memberikan tutorial ini dan akhirnya berhasil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama mas Heri, senang dapat membantu. selamat atas keberhasilannya...
      terima kasih atas testimoni nya.

      Delete
  12. Gan nyari yg mw di shortcut kok gk da ya yg ini (com.android.phone.UserPLMNListPreference)
    Mohon pencerahanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cari lagi pelan - pelan gan. atau coba periksa pengaturan perizinan keamanannya (permission).

      Delete
  13. Ane gagal terus gan padahal dah cepet tapi aplikasi phone testingnya lama ngebukanya pas abis klik shortcut phone ada solusi lain ga gan cape kalo.harus copot kartu sim

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba terus gan, ane juga ga langsung berhasil. eksperimen dgn berbagai cara. selamat mencoba (lagi)..

      Delete
  14. Ane dah nemu cara lain gan download (phonesetting&LTE Discovery)
    1.klik phonestting-pilih sim 1/2 yg mw diinternetin-back pake tombol"home" bukan tombol back.
    2.klik LTEDiscovery-klik menu kiri atas-klik start(saat klik start jaringan akan hilang) - klik tombol di HP history(paling kiri) - pilih riwayat phonesetting td-udah tinggal pilih jaringan yg disuka.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh.. patut dicoba nih.. makasih banyak gan ats sharingnya..

      Delete
    2. phone testing bukan phone setting

      Delete
  15. Klo ane download 1.phonesetting&LTEdiscovery Gan.
    Klik phone setting-sim 1/2(mana yg mw dipake) - back menggunakan tombol"home"bukan tombol back.
    2.klik LTEDiscovery-pilih menu paling kiri atas-muncul tulisan"start"-klik start(jaringan akan hilang)setelah ilang-klik tombol riwayat pada hp(paling kiri bawah) - pilih yg phonesetting td-udah tinggal pilih jarkngan yg disuka.
    Selamat mencoba
    Smoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  16. Download phonesetting&LTEDiscovery aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf bukan phone setting tp phone testing

      Delete
  17. Sama2 gan,
    Semoga bermanfaat, hehe😁

    ReplyDelete
  18. Kak Xiaomi saya ke update muiu 8.1.4 jadi di pilihan quick short tidak ada lagi pilihan phone, bagaimana ya kak agar 4G saya kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang sudah terlanjir terupdate ke miui 8.1 penjeladannya ada di artikel ini gan, bagian akhir.
      http://www.rinditech.com/2016/11/cara-memunculkan-sinyal-4g-di-miui-8-7-2-kartu-sim-aktif.html

      Delete
  19. gan punyaku bukan com.android.phone.UserPLMNListPreference yang keluar. terus pilih apa gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gmn gan? ga ketemu gitu pengaturannya?

      Delete
  20. Mas, punyaku Xiaomi Redmi Note 3 Pro (MIUI 8.1.4.0), dah coba berbagai cara, lepas sim card, pakai 4636, change location, pakai LTE discovery, 4G LTE Only Switch. Nihil semua. Kemudian cara mas yang agak simple, yaitu tanpa cabut sim card, pada bagian Quickshortcut tidak ada cantuman com.android.phone.UserPLMNListPreference. Wah kacau semua mas, buntu. Oh iya, nih Xiaominya belum diroot

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang terlanjur update ke rom miui 8.1 bisa baca alternatif solusinya di artikel ini.
      http://www.rinditech.com/2016/11/cara-memunculkan-sinyal-4g-di-miui-8-7-2-kartu-sim-aktif.html

      Delete
  21. Replies
    1. ga bisa pas bagian mana gan? coba lagi gan..

      Delete
  22. Parah bener dah xiaomi ini. Di upgrade bukannya bagus, malah nambah masalah. Di upgrade ke MIUI 8.1.3.0 Malah gak bisa di setting sama sekali. Mulai dari cabut kartu sampai download aplikasi. Nampaknya mesti di downgrade ke MIUI 7. Btw, kira² ada gk dampak buruknya kalo di downgrade?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dampak buruk nya sih paling tidak mendapat fitur2 terbaru yang ada di rom lebih baru. selebihnya paling bug yg belum diperbaiki di rom tersebut.

      Delete
  23. gan kalo udah pake cara gini terus restart/reboot hp bakalan ilang ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap hilang gan, harus diatur lagi seperti diatas

      Delete
  24. gan kalo pake cara diatas ada dampak buruknya nggak?,terus kalo di reboot bakalan ilang nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini sih aman2 aja gan, ga ada dampak apapun. klo di reboot bakalam hilang lagi.

      Delete
  25. Brhsil gan, tpi ane pke aplikasi 4G LTE only mode-Network tool sma aplikasi phone testing..jdi gk perlu pke shortcut lgi, lebih praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gan! selamat, mudah2an membantu.
      terimakasih atas testimoni nya,

      Delete
  26. Aku ngubah jaringan 4G make yang mencabut kartu sim. Dah jadi 4G memang sinyalnya. Tapi kok kartunya gak berfungsi buat ngecek kuota, ditelfon/nelfon orang lain dsb. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu memang efek dari pemilihan "LTE Only". kalau ingin tetap bisa nelpon /ditelpon pilih yang "LTE/WCDMA". selamat mencoba

      Delete