Apakah alamat ‘web.facebook.com’ aman untuk mengakses website Facebook?

Apakah alamat website web.facebook.com , 0.facebook.com , touch.facebook.com , iphone.facebook.com aman untuk mengakses website facebook seperti biasa kita mengakses www.facebook.com? Lalu bagaimana dengan alamat – alamat facebook lainnya?

Terkadang disaat kita mengetik alamat www.facebook.com browser yang kita gunakan akan melakukan redirect atau melakukan pengalihan alamat website ke alamat yang lain. Sesaat setelah kita menekan Enter alamat yang ada di address bar secara otomatis berubah (redirect) ke alamat lain dan dalam hal ini berubah menjadi web.facebook.com.

Selain alamat tersebut (web.facebook.com) ternyata ada alamat – alamat lain yang digunakan dalam sistem pengalihan tersebut, seperti 0.facebook.com atau touch.facebook.com atau iphone.facebook.com dan alamat lainnya. Lalu apakah alamat – alamat website facebook tersebut aman, legal dan resmi dari pihak Facebook?
Apakah alamat ‘web.facebook.com’ aman untuk mengakses website Facebook?

Jawaban dari Facebook Community (Internasional)

Bila anda mempunyai pertanyaan yang sama dengan judul artikel ini, maka anda tidak sendirian dan faktanya perbedaan alamat untuk mengakses facebook ini juga pernah ditanyakan didalam forum khusus pengguna facebook. Dan berikut ini adalah jawaban yang dianggap paling membantu dalam forum tersebut.


Hi.

web.facebook.com is a subdomain of facebook.com. As it's secure, you can check the certificate to be sure it's a genuine facebook.com server sending the page.

Hi
Web.facebook.com adalah salah satu subdomain dari facebook.com. Alamat tersebut juga aman untuk digunakan, kamu dapat melakukan pengecekan sertifikat untuk memastikan bahwa alamat tersebut berasal dari server facebook.com.

Mohon maaf bila translation nya ada yang kurang pas.

Pada intinya website tersebut (web.facebook.com) adalah alamat website resmi dari Facebook dan sudah terjamin keamanannya. Namun bila anda masih kurang yakin, tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan keaslian dengan melakukan scan melalui antivirus yang tersedia.

Facebook juga menggunakan subdomain lainnya seperti..


  • m.facebook.com (versi mobile, penggunaan umum)
  • 0.facebook.com (mobile, provider tertentu - gratis)
  • touch.facebook.com (mobile, gadget tertentu)
  • iphone.facebook.com (mobile, gadget tertentu)

Beberapa alamat untuk layanan – layanan tertentu, seperti...


  • apps.facebook.com (server aplikasi)
  • graph.facebook.com (graph server untuk data)
  • developers.facebook.com (informasi untuk developers)

Ada juga subdomain yang dibuat untuk negara – negara tertentu. Beberapa negara ada yang mempunyai permintaan spesifik tentan filtering konten, maka dari itu subdomain – subdomain tersebut dirancan untuk memenuhi permintaan yang berbeda – beda tersebut.

Di beberapa negara malah sebaliknya, bila mereka memasukan alamat web.facebook.com maka mereka akan dialihkan (redirect) ke alamat facebook yang utama (www.facebook.com), jadi sepertinya alamat tersebut memang sudah dirancang untuk digunakan oleh user-user dari negara – negara tertentu.

Bila kurang yakin coba juga melakukan pengecekan di browser yang berbeda. Selebihnya, alamat web.facebook.com tersebut dirasa aman untuk digunakan, dan sepertinya tidak ada pilihan lain lagi bila kita dialihkan secara otomatis.

Semoga artikel mengenai alamat facebook yang berbeda – beda ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi dalam mengakses situs facebook. Bila ada yang masih kurang dimengerti jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar dibawah, kami akan bantu semaksimal mungkin. Jadilah pengguna yang bijak. #beWiseUser!

Sumber:
https://web.facebook.com/help/community/question/?id=763298910458895&_rdr

Artikel Terkait:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »