Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock

Yup! Nampaknya para bolters sekarang – sekarang ini sedang galau karena modem yang dimiliki ternyata tidak dapat menggunakan koneksi 4G, terutama bagi para pemilik modem yang telah di unlock, benar?? Yup! Itu juga yang menjadi kegalauan tim rinditech.com yang juga menggunakan modem bolt buat operasional, salah satunya buat tetep update blog ini.

Sebenarnya untuk operasional rinditech.com kecepatan 3G saja sudah cukup asalkan stabil karena kami lebih banyak menggunakan koneksi internet untuk update artikel dan browsing – browsing mencari referensi, selebihnya kami lebih banyak mengetik artikel yang tidak memerlukan koneksi internet, download atau streaming sekali – kali untuk mendapatkan data yang lengkap sebagai pendukung isi artikel. #eh kok jadi curhat. hehe

Bila dilihat dari promosi dan penawaran paket – paket yang ada dari para operator penyedia jaringan 4G nampaknya pengguna jaringan 3G (saja) akan merasakan kerugian dikemudian hari, bila menggunakan jaringan 4G kita bisa menghemat pengeluaran biaya untuk internet lebih dari 40 persen, apalagi sedang masa promosi, jauh sekali bedanya, terlebih bila kita pengguna volume based (paket berbasis kuota), mendapatkan jaringan 4G nampaknya sebuah keharusan.

Kembali lagi ke pembahasan koneksi 4G di modem bolt, pada artikel mengenai Kenapa Modem Bolt OrionTidak Bisa 4G kami telah menuliskan bahwa satu – satunya jalan agar modem bolt dapat jaringan 4G adalah dengan menggunakan operator asal, yaitu BOLT. Namun kita tahu sendiri bahwa coverage (jangkauan) sinyal 4G belum tersebar rata ke berbagai daerah di Indonesia, hanya kota – kota tertentu saja.

Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock

Cara Baru Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G

Baru – baru ini kami menemukan bahwa ada satu cara lagi agar modem bolt kita dapat menikmati jaringan 4G tanpa harus menggunakan kartu BOLT. Mau tau caranya??? Langsung aja nih kita kasih tahu, yaitu dengan menggunakan jaringan operator SMARTFREN. Yup! Walaupun tetap tidak bisa menggunakan kartu GSM, beralih menggunakan kartu Smartfren menjadi solusi yang sangat, patut, dan layak dicoba!

Kok Bisa???

Ya bisa lah.. RindiTech gitu lho..! hhehe.. kenapa bisa? Karena frekuensi jaringan yang digunakan oleh smartfren salah satunya mendukung jaringan di frekuensi yang sama dengan kartu BOLT, yaitu di frekuensi 2300 MHz. Smartfren sendiri bekerja di jaringan 850 MHz dan 2300 MHz.

Naah, sekarang sudah ada alternatifnya kan kalau kalian ingin tetap merasakan kecepatan 4G tanpa harus menggunakan kartu BOLT. Memang harga paketan internet 4G smartfren sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan operator GSM lainnya yang memberikan bonus 4G melimpah. Tetapi bila dibandingkan dengan harga internet biasa (bukan 4G) tentunya smartfren lebih masuk akal dan pastinya 4G pula.

PERHATIAN!

Setelah membaca cara ini mungkin beberapa dari kalian ada yang langsung bersemangat untuk membeli kartu perdana smartfren, yup! Semangat sih boleh aja ya, tapi ada yang perlu diingat nih, cakupan (coverage) jaringan di frekuensi 2300 MHz dari smartfren belum tersebar rata di seluruh daerah yang dilayaninya, jadinya akan ada barisan patah hati dan barisan suka cita.. hehe, tergantung hasil dari penggunaan frekuensi di tiap daerah.

SARAN

Saran dari tim rinditech sebelum membeli kartu perdana smartfren, ada baiknya ditanyakan terlebih dahulu kepada customer servicenya mengenai dukungan jaringan di frekuensi 2300 MHz di daerah kamu, jadinya uang kalian akan tetap aman, kalau misalnya asal beli dan taunya daerah kalian smartfrennya pake frekuensi yang 850 MHz kan rugi.

Saran lagi nih, beli perdananya usahakan langsung ke galeri resmi smartfrennya ya, jangan ke konter yang dipinggir jalan dulu, di galeri resmi kan enak bisa tanya – tanya juga, siapa tau ada yang sudah mencoba, kalau perlu bawa tuh modem boltnya biar langsung dicoba, di galeri resmi juga kan adem, AC gan.. hehe apalagi customer service nya juga kan kece – kece. Hehe

UPDATE

Saking penasarannya kami coba datang ke galery smartfren terdekat untuk mengetahui kebenarannya, hasilnya ada di artikel baru yang telah kami publikasikan di blog ini. link artikel ada di bagian akhir tulisan ini dengan judul, Pengalaman ke Galeri Smartfren untuk Modem Bolt tetap bisa 4G.

Kita sudahi dulu ya gan pembahasan tentang cara dapet sinyal 4G di modem bolt ini, nampaknya pembahasan juga agak semakin melebar ke CS yang kece – kece. Hehe selamat mencoba ya, jangan lupa share hasilnya disini juga ya, mudah – mudahan informasi ini bermanfaat dan menjadi pelipur lara bagi para Bolters yang sedang galau masalah 4G.#beSmartUser

Artikel Terkait:

26 Responses to "Cara Agar Modem Bolt Tetap Bisa 4G Setelah di Unlock"

  1. Masih ada harapan nih gan... Untuk indosat dan telkomsel akan memperluas jaringan LTEnya yg di frekuensi 2300 mhz. Utk indosat sendiri lte 2300 mhz hanya akan ada di jawa barat gan.. Mungkin nunggu lte 1800 mhz mereka rata di indonesia kali

    ReplyDelete
    Replies
    1. cius nih gan? wahh angin segar banget nih infonya.. mudah2an saja segera terealisasi ya, jadinya bolters generasi pertama ga galau lagi nanti.. hehe

      Delete
    2. gan..ane udh coba pake smartfren tapi no service..apa karna smartfren cdma ya? gmn gan ?

      Delete
    3. pastikan dulu gan apakah kartu smartfren yang agan gunain bekerja di frekuensi 2300 MHz, bukan di 850 MHz

      Delete
    4. untuk insodat sampai saat ini belum ada yang pakai freq 2300mhz. 3G pakai freq 2100 & 900. sedangkang LTEnya pakai freq 1800mhz. ulala...

      Delete
  2. Untung ane ga jadi beli,tadinya berniat mau pake bolt yg unlock bisa all gsm..

    ReplyDelete
  3. solusinya kalau mau pake GSM, pakai hp yg sudah support 4G, pakai kartu 4G XL, nah hp nya dijadiin modem hotspot kan mantap tuh paling gede XL dapet kuotanya hheehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane tinggal di daerah terpencil gan. dan operator 4G yang ada cuma semartfen. 100 ribu ane dapat kuota 18 GB. speed cukup memuaskan, jarang dibawah 2 mbps klo download. itu juga koneksinya pake modem andromax m2y. modem boltku yang sudah diunlock dah lama nganggur krn sering bermasalah koneksinya. tp baca2 artikel ini jadi pengen coba lock kembali. sapa tau beneran bisa konek pake smrtfrn, lumayan klo 2 modem kecepatan tinggi di load balancing di mikrotik.

      Delete
  4. Kalo modemnya Bolt Slim generasi 1 yg unlock diisi Smartfren dan dilokasinya memang ada sinyal 4G frequensi 2300MHz, apakah begitu modem On akan bisa langsung conect? Apa perlu pengaturan APN (Access Point Name)terlebih dulu? Forum di situs lain kok ada yg ngeluh gakbisa langsung conect? Pengalaman Mimin gimana? Kalo ada user lain yg udah coba pakai Slim 1 diisi Smartfren, pengalamannya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban seputar pertanyaan ini dan pengalaman lagi dibikin artikelnya gan biar joss, hehe. tunggu update nya aja ya.

      Delete
    2. Ane dah coba pake bolt slim, Gan. Modemnya memang butuh setting apn sesuai petunjuk di kartu perdana smartfren baru bisa digunakan. Setelah ane bandingin agak kencengan smartfren daripada bolt di tempat ane, padahal sinyal smartfren cuma 1 strip sedangkan bolt 2 strip.

      Delete
    3. Untuk Farikhsaba, ane tahu penyebabnya. Karena lebar pita (spektrum) Semar di freq. 2300MHz dua kali lipat dibandingkan Bolt. Semar lebarnya 30MHz, sedangkan Bolt cuma 15MHz. Dapat 1 bar sinyal Semar jelas cukup utk mengalahkan speednya Bolt yg sinyalnya full. Makin lebar pita itu, ibarat jalan makin lancar /cepat utk lalu lintas data. Kecuali dapat tempat yg pengguna Semar 3 kalinya pelanggan Bolt, baru dah Bolt yg lebih cepat. Harapan kita, operator Semar terus nambah BTS yg memancarkan freq. 2300MHz.
      Ada yg kurang fair di youtube membandingkan 4G Semar dg Bolt, masing-masing pakai HP yg beda. Ya jelas aja Semar kalah cepat jika seperti itu caranya. Bisa dipastikan HP yg diisi Semar adl HP yg jalan di freq 850MHz (lebar pita cuma 10MHz). Sedangkan Bolt selalu di 2300MHz.
      Jika semua modem yang dipakai adalah Slim generasi 1, ini baru fair...Baik Bolt dan Semar semuanya jalan di freq. 2300Mhz. Hampir semua pengujian akan menunjukkan Semarlah yang menang.

      Delete
  5. Gan setelah di Unlock terus Jaringan 3G nya mampu berapa MB kecepatan Downloadsnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk kecepatan, tergantung provider yang digunakan dan kekuatan sinyal di lokasi masing2 gan,

      Delete
    2. Bantu jawab nih...Kalo pakai Bolt Slim generasi I, di Semarang sini bisa Dual-Carrier HSPA+ pakai oprt Indosat. Sebab jalan dua freq. yaitu 900 dan 2100MHz jar 3G. Speed bisa sampai 42 MB/s. Kalo Orion hanya bisa HSPA+ (maks 21 MB/s) sebab hanya di freq. 2100MHz. Jika BoltMF90 ane masih gakada info...

      Delete
  6. Gan, kan saya punya bolt mf90 nah kalau saya pake antena yagi apakah frekuensinya bisa berubah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak gan, soalnya antena seperti itu fungsinya untuk menguatkan sinyal, bukan pindah frekuensi.

      Delete
    2. kyknya harus pasang xtal untuk mengurangi dari 2300 mhz jadi 1800mhz ...

      Delete
  7. Gan nie saya bingung, pake modem bolt unlock all gsm, tpi pas di pake ko gk bisa ya, pdhal nama oprator, sinyal dan data juga terbaca, wifi masuk tpi menyambungkan terus, pdahal pake di hape normal tuh,, gimana ya.. Mhin bantu donk gann

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dipasangkan dahulu operator yang berbeda, selanjutnya pasang lagi kartu operator yang ingin digunakan.
      coba lakukan restart modem dengan cabut baterai,
      semoga membantu,

      Delete
  8. bolt nya perlu di unlock dulu atau tidak ya untuk penggunaan kartu smartfren nya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengetahuan saya tidak perlu, pastikan saja pengaturannya sesuai. selamat mencoba,

      Delete
  9. jika modemnya sudah terlanjur di unlock apakah tetap bisa memakai kartu smartfren?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurangtau juga nih gan, tapi klo kartu bolt masih bisa, gitu juga sama smartfren. karena sama2 CDMA

      Delete
  10. Gan saya pake mf 90 udah di unlock bisa pake jaringan 4G engga ya buat operator lain ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo type mf90 sepertinya belum bisa gan, masih termasuk generasi pertama.

      Delete