Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Google
Tutorial
Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google
Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google

Berikut ini adalah cara ganti ke bahasa indonesia di semua akun google dengan mudah. Jika berhasil semua menu ataupun notifikasi akan dirubah ke bahasa Indonesia. Cara ini akan otomatis diterapkan di semua akun dan website google seperti gmail, youtube, google docs, google forms, dan semua layanan yang terhubung dengan akun Google.

Tutorial ini terinspirasi dari pengalaman saya membantu seorang guru yang ingin membuat soal di google form, beliau kesulitan untuk memilih menu dan jenis form karena semuanya menggunakan bahasa inggris. Setelah akun google nya dirubah bahasa, beliau jadi lebih mudah untuk mengoperasikan dan mengingat menu - menu di google form. Semoga tutorial ini juga dapat membantu anda.

Cara ini bisa dilakukan baik dari komputer maupun dari HP. Jika anda menggunakan HP saya sarankan anda juga membukanya di browser chrome agar tampilannya tidak ada yang berbeda dari tampilan di PC/laptop.

Umumnya semua akun google yang dibuat di Indonesia telah menggunakan bahasa Indonesia. Namun ada beberapa akun yang dibuat tetap menggunakan bahasa Inggris (English), hal ini wajar terjadi karena mungkin saat pembuatan akun menggunakan website/server global, jadinya disetting menggunakan bahasa Inggris secara default.

Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google

  1. Buka website gmail.com dan log in ke akun email/google anda
  2. klik bagian foto profil (kanan-atas) hingga muncul menu lanjutan
  3. silahkan pilih "Manage your Google Account". Atau bisa juga dengan langsung membuka link berikut ini: myaccount.google.com 
    Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google
  4. Pada halaman Google Account silahkan pilih "Data & Personalization"
  5. Selanjutnya silahkan scroll dan lihat bagian General preferences for the web kemudian pilih menu "Language"
    Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google
  6. Pada bagian Default Language >klik icon pensil untuk membuka pilihan bahasa 
  7. Silahkan >cari dan pilih bahasa Indonesia kemudian pilih >Select
    Cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google
  8. Selesai. Jika prosesnya benar maka semua bahasa yang di gunakan di semua akun google seperti email, youtube, docs, dll akan langsung berubah ke bahasa Indonesia.

Untuk  memastikannya silahkan coba buka website youtube dan klik tombol menu, jika berhasil semua bahasa akan berubah ke bahasa Indonesia mulai dari menu, notifikasi dan tampilan lainnya.

Tambahkan bahasa lain sebagai alternatif

Di bagian Language/bahasa anda juga dapat menambahkan bahasa lain yang anda mengerti. Jika anda sedikit - sedikit mengeri juga bahasa inggris, saya sarankan anda untuk menambahkan bahasa inggris di bagian "bahasa lain yang anda pahami".

Bahasa utama yang digunakan akan tetapa menggunakan bahasa Indonesia, tetapi tidak ada salahnya jika kita juga sedikit - sedikit membiasakan diri dengan bahasa inggris atau bahasa lainnya. 

Atau anda juga bisa pilih bahasa lain yang anda ketahui selain bahasa indonesia, seperti bahasa Jepang, bahasa Arab, dll. Anda juga bisa memilih beberapa bahasa daerah yang ada di Indonesia seperti bahasa bali, bahasa sunda, dll.

Semoga tulisan mengenai cara ganti ke bahasa Indonesia di semua akun google ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!