Cara Mematikan Auto Correct di Corel Draw - Merubah THE jadi TEH

Rindi Putra
6 Komentar
Beranda
Corel
Design
Tutorial
Cara Mematikan Auto Correct di Corel Draw - Merubah THE jadi TEH
Cara Mematikan Auto Correct di Corel Draw - Merubah THE jadi TEH

Berikut ini adalah cara mematikan auto correct di Corel Draw. Contoh yang paling umum adalah merubah penulisan The jadi Teh. Error atau masalah kecil ini sering muncul ketika kita sedang membuat desain untuk cafe atau menu di restoran. Lalu bagaimana cara agar tulisan kita tidak otomatis berubah di CorelDraw?

Bagaimana cara mematikan auto correct di corel draw seperti cara merubah the menjadi teh. Hampir di semua versi corel draw silahkan  buka bagian quick correct di menu writing tools kemudian silahkan matikan atau nonaktifkan bagian Replace text while typing

Saat ingin menulis Teh Manis, sistem akan "memperbaiki" tulisan tersebut menjadi The Manis. Hal ini terlihat benar dari sisi sistem koreksi di aplikasi CorelDraw karena pada dasarnya aplikasi tersebut menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa acuan jadi, didalam bahasa inggris ketika kita menulis "Teh" maka akan dianggap salah ketik dan 'dibantu' dirubah otomatis oleh sistem menjadi "The" (bahasa Inggris).

Kata "Teh" dalam Bahasa Indonesia

Sedangkan di Indonesia, kata Teh mempunyai arti sendiri, menurut KBBI Teh adalah pohon kecil, tumbuh di alam bebas, daunnya berbentuk jorong atau bulat telur, pucuknya dilayukan dan dikeringkan untuk dibuat minuman. Dan di kalangan desainer kata teh sering dijumpai saat membuat daftar menu atau poster makanan seperti Teh manis, Teh Tawar, Es Teh, dll.

Maka dari itu, kita sebagai pengguna CorelDraw di Indonesia perlu melakukan sedikit perubahan di bagian autocorrect di aplikasi tersebut. Untuk caranya atau tutorial lengkapnya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Cara Mematikan Auto Correct di Corel Draw - Merubah THE jadi TEH

Cara ini bisa diterapkan mulai dari Corel Draw versi 10 sampai versi terbaru seperti Corel Draw 2021 atau lebih baru lagi. Untuk Corel Draw dibawah versi 10 silahkan lihat tutorial di bawahnya. 

  1. Silahkan buka aplikasi Corel Draw seperti biasa
  2. Buka menu >Text hingga muncul menu tambahan
  3. Gerakan mous pada sub-menu >Writing Tools hingga muncul sub-menu baru
  4. Selanjutnya silahkan buka atau pilih >QuickCorrect hingga jendela pengaturan terbuka
  5. Silahkan Nonaktifkan atau matikan bagian "Replace text while typing" (uncheck atau hilangkan ceklis di pengaturan ini) kemudian klik tombol >OK.
    Cara Mematikan Auto Correct di Corel Draw - Merubah THE jadi TEH
  6. Selesai. Silahkan coba kembali tulis kata - kata yang akan mengaktifkan auto correct seperti menulis kata "Teh" kemudian klik Enter. Jika berhasil tulisan "teh" tersebut tidak akan berubah menjadi "the" seperti sebelumnya.

Bagaimana jika pengaturan QuickCorrect di CorelDraw tidak ada?

Di beberapa versi atau update mungkin anda tidak bisa menemukan pengaturan Quick Correct di sub-menu Text. Untuk cara alternatifnya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

  1. Buka menu >Tools hingga muncul menu tambahan
  2. Pilih >Options hingga jendela pengaturan terbuka (atau bisa langsung tekan Ctrl+J)
  3. Lanjut dengan pilih sub-menu >Text
  4. Klik panah kecil untuk memunculkan sub-menu di bagian Text kemudian pilih pengaturan >QuickCorrect
  5. Silahkan Nonaktifkan atau matikan bagian >"Replace text while typing" (uncheck atau hilangkan ceklis di pengaturan ini) kemudian klik tombol >OK.
  6. Selesai. Silahkan coba kembali tulis kata - kata yang akan mengaktifkan auto correct seperti menulis kata "Teh" kemudian klik Spasi atau Enter. Jika berhasil tulisan "teh" tersebut tidak akan berubah menjadi "the" seperti sebelumnya.

Cara alternatif mematikan auto correct di aplikasi Corel Draw versi 7, 8, 9, dan lainnya

  1. Buka menu >Text hingga muncul menu tambahan
  2. Pilih >Writting Tools 
  3. Lanjut dengan pilih sub-menu >Type Assists
  4. Silahkan Nonaktifkan atau matikan bagian >"AutoCorrect" (uncheck atau hilangkan ceklis di pengaturan ini) kemudian klik tombol >OK.
  5. Selesai. Bisa langsung dicoba tulis kata - kata yang akan mengaktifkan auto correct seperti menulis kata "Teh" kemudian klik Spasi atau Enter. Jika berhasil tulisan "teh" tersebut tidak akan berubah menjadi "the" seperti sebelumnya.

Bagaimana jika Menu Text tidak bisa di klik/dipilih?

Ada beberapa alasan kenapa sub-menu didalam Text tidak bisa dipilih. Salah satunya adalah karena tidak ada project atau lembar kerja yang dibuka.

Solusinya silahkan buka salah satu lembar kerja atau file corel draw yang telah ada. Jika salah satu project sudah terbuka silahkan buka kembali bagian menu text, jika berhasil semua pilihan atau sub-menu akan aktif dan bisa dipilih.

Untuk membuka salah satu project atau membuat project baru silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi Corel Draw 
  2. Klik menu >File
  3. Kemudian pilih menu >Open Recent hingga terbuka beberapa project atau file yang sebelumnya pernah dibuka. Silahkan klik / pilih salah satu file yang muncul tersebut. Tunggu hinga file terbuka sempurna
  4. Jika saat membuka menu Open Recent tidak ada file yang bisa dipilih, maka silahkan ganti ke >File >New. Tunggu hingga lembar kerja baru terbuka sempurna 
  5. Terakhir silahkan coba kembali membuka menu >Text

Bagaimana jika cara diatas tidak berhasil? Jika setelah membuka halaman kerja (project) di corel draw tetapi pilihan menu masih tidak bisa dipilih (buram), kemungkinan ada masalah di lisensi atau aktivasi.

Silahkan buka bagian akun (Account) dan periksa apakah aplikasi Corel Draw yang anda gunakan sudah di aktivasi atau belum. Jika disana disebutkan not-activated atau not registered, berarti anda harus melakukan aktivasi akun/aplikasi terlebih dahulu.

Sekarang kita tidak perlu lagi repot - repot membeli dengan kurs dollar ke website Corel di luar negeri, lisensi Corel sekarang sudah banyak di jual di toko online seperti Tokopedia dan Shopee, silahkan pilih jenis akun atau versi corel sesuai kebutuhan.

Bagaimana dengan aplikasi Corel Photo-paint atau aplikasi Corel lainnya?

Untuk aplikasi corel lainnya seperti Corel Photo paint, Corel Capture, Corel Connect, dan aplikasi keluarga Corel lainnya tidak perlu melakukan pengaturan apapun. Semua pengaturan AutoCorrect mengikuti pengaturan di aplikasi Corel Draw diatas.

Jadi jika kita sudah menonaktifkan fungsi auto correct di aplikasi Corel Draw, maka di aplikasi lain pun akan mengikuti untuk mematikan fungsi auto correct. Contohnya pada Corel Photo paint, Saya tidak menemukan fungsi auto correct bekerja dan tidak melakukan autocorrect ketika saya mengetik teh seperti diatas.

Sebenarnya saya pun sudah pernah menguji mengaktifkan auto correct di aplikasi Corel Draw dan mencoba menulis teh di aplikasi Corel photo-paint. Dan hasilnya, di aplikasi Photo-paint tidak ada sistem auto correct seperti di aplikasi Corel Draw. Jadi sebenarnya di aplikasi Corel Photo-paint tidak ada fitur auto correct. Setidaknya di Corel Draw versi 2018 yang saya gunakan ini.

Walaupun popularitas Corel tidak sebesar aplikasi Adobe namun kembali lagi ke preferensi masing - masing, karena sejatinya aplikasi hanyalah sebuah alat. Ide dan hasil sangat tergantung kepada pemakai (user). Dan sampai saat ini saya sendiri masih nyaman menggunakan aplikasi Corel untuk mengedit gambar atau poster.

Semoga tulisan mengenai cara mematikan auto correct di corel draw ini bermanfaat.  Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

6 komentar

  1. nobon
    nobon
    Rabu, Agustus 16, 2023
    masih sama mas, laptop sudah saya restart, masih tetap ketik teh, jadi the..
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Rabu, Agustus 16, 2023
      Sepertinya ada settings yang beda atau harus dirubah dulu tapi susah ketahuannya karena harus dicek satu2. Yang paling mudah sih coba install ulang aja aplikasi corel nya. Karena kita pakai versi yang sama dan harusnya bisa pakai cara diatas.
  2. nobon
    nobon
    Minggu, Agustus 13, 2023
    sudah saya ikuti sesuai arahan, dan sudah tekan tombol oke juga, tetapi masih tetap sama, tidak bisa berubah, saya pake coreldraw 2021, windows 11 home single language
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Minggu, Agustus 13, 2023
      Saya juga pakai Corel 2021 dan barusan saya coba lagi tutorial diatas (cara pertama) dan masih bisa. Coba restart dulu aja komputernya terus coba lagi tutorialnya. Semoga kali ini berhasil ya.
  3. Azka
    Azka
    Sabtu, Desember 03, 2022
    Sudah dicoba sesuai arahan, tapi tetep saja ngetik Teh, berubah sendiri menjadi The
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Sabtu, Desember 03, 2022
      Biasanya ada langkah yang terlewat. Pastikan juga di akhir pencet tombol OK ya. Kadang suka lupa pencet tombol OK untuk menyimpan pengaturan baru.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!