Beranda
Corel
Design
Tips 'n Trick
Tutorial
Solusi Contour Offset too large di CorelDraw

Solusi Contour Offset too large di CorelDraw
Berikut ini adalah solusi masalah Contour offset too large di CorelDraw. Dengan cara ini anda dapat melakukan contour terhadap object yang sebelumnya error saat ditarik keluar (outward). Lalu bagaimana caranya agar contour tidak gagal?

Setelah melakukan tracing atau membuat sebuah object di CorelDraw terkadang kita juga ingin memberikan efek tebal atau berlapis pada object tersebut, nah disinilah fungsi dari Contour. Namun terkadang ada beberapa bentuk object yang 'ditolak' oleh sistem untuk diberikan contour, khususnya kontur keluar atau Outward contour.

Masalah ini juga saya alami ketika sedang membuat object pembalap - pembalap yang sedang berpose. Ada beberapa pembalap yang langsung berhasil di contour dan ada juga beberapa yang ditolak atau gagal (error) saat dilakukan contour.

Akhirnya saya mendapatkan beberapa solusi alternatif, ada yang hasil eksperimen ada juga yang hasil bertanya di beberapa komunitas. Salah satu cara dibawah ini saya dapatkan dari dari teman - teman di group Facebook Komunitas Pengguna CorelDraw Indonesia. 

Cara lainnya saya dapatkan dari hasil eksperimen sendiri. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Mematikan Auto Correct di Corel Draw - Merubah THE jadi TEH

Solusi Contour Offset too large di CorelDraw 

Cara pertama ini saya dapatkan dari mas Aruna Printing di group Komunitas Pengguna CorelDraw Indonesia. Pada cara ini saya praktekan di CorelDraw 2018, jika anda menggunakan versi lain juga tidak masalah yang penting langkah dan pemilihan menu nya sama.

  1. Pilih atau >aktifkan object yang sulit di contour
  2. Klik menu >Bitmaps hingga muncul menu selanjutnya
  3. Pilih >Convert to Bitmaps hingga menu popup convert muncul. Kemudian klik >OK
    Solusi Contour Offset too large di CorelDraw
  4. Pilih menu >Trace Bitmap hingga muncul menu berikutnya
  5. kemudian pilih >Quick Trace
  6. Terakhir, silahkan coba >Contour lagi seperti sebelumnya
    Solusi Contour Offset too large di CorelDraw

Cara ini sangat efektif dan langsung berhasil ketika saya mencobanya untuk pertama kali. Dan di percobaan selanjutnya juga tidak ada kendala. Yang penting langkah - langkahnya sesuai urutan dan tidak salah klik.

Baca juga: Cara Mudah Dark Mode di CorelDraw

Cara alternatif mengatasi error Contour offset too large

Cara alternatif ini adalah hasil eksperimen saya sendiri. Hasilnya akhirnya mungkin tidak 100 sama tapi waktu yang dibutuhkan lebih cepat 'sedikit' dari cara pertama. Kalau anda sudah nyaman menggunakan cara pertama diatas, di skip saja cara yang ini.

  1. Silahkan pilih /aktifkan object yang sulit di contour
  2. Aktifkan mode contour seperti biasa (jangan dulu klik di object /ditarik keluar)
  3. Zoom di salah satu bagian hingga anda dapat melihat garis luar lebih detail
  4. Silahkan tarik contour keluar hingga hasilnya mentok (garis berhenti membesar) atau sampai error. Ingat - ingat posisi tersebut.
  5. Ulangi proses contour dengan posisi garis di zoom. Kali ini contour keluar sedikit saja (berhenti sebelum "garis mentok" di langkah sebelumnya). Jika berhasil contour baru akan terbentuk tanpa muncul error contour offset too large.
    Solusi Contour Offset too large di CorelDraw
  6. Jika berhasil silahkan pilih /aktifkan garis luar, kemudian klik "Ctrl+K" untuk memisahkan object.
  7. Kemudian klik atau pilh garis dalam (garis original) kemudian hapus atau >Delete
  8. Selanjutnya anda bisa melakukan contour object baru tersebut tanpa masalah.

Langkahnya mungkin terlihat lebih panjang, tetapi jika sudah terbiasa waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat dari cara pertama. Sekali lagi, silahkan pilih cara atau langkah yang paling nyaman untuk anda gunakan.

Semoga tulisan mengenai solusi contour offset too large di corelDraw ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!