ex-Karyawan: Facebook melemahkan demokrasi dan berbahaya untuk anak - anak

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Facebook
News
ex-Karyawan: Facebook melemahkan demokrasi dan berbahaya untuk anak - anak

ex-Karyawan: Facebook melemahkan demokrasi dan berbahaya untuk anak - anak

Frances Haugen, saat ini sedang menjadi perbincangan karena dia bersedia mengungkapkan fakta dan dokumen rahasia tentang Facebook. Mantan karyawan facebook tersebut memberikan pernyataan dihadapan senat Amerika Serikat bahwa facebook berbahaya bagi mental anak dan tatanan masyarakat.

Di lansir dari laman BBC News, Haugen memberitahu kepada pihak CBS News pada hari Minggu bahwa dia telah mengirimkan beberapa dokumen internal milik Facebook kepada Wall Street Journal beberapa minggu kebelakang.

Pada agenda testimoni nya dengan para senat Amerika Serikat Haugen juga mengatakan bahwa para pemimpin perusahaan sebenarnya tahu cara untuk Facebook dan Instagram agar menjadi tempat yang lebih aman (bagi pengguna), tapi mereka tidak membuat perubahan yang seharusnya karena mereka lebih mengutamakan keuntungan perusahaan dibanding penggunanya.

Baca juga: Cara menggunakan HP Sebagai WebCam di PC

Haugen 'senang' saat Facebook down

Haugen juga menyinggung tentang "pemadaman (down)" yang terjadi beberapa hari lalu di Facebook dan Instagram (termasuk WhatsApp). Haugen memberikan komentar bahwa dia jelas tidak tahu apa penyebab facebook bisa down tetapi dia tahu bahwa selama lebih dari 5 jam tersebut facebook tidak mem
buat 'kerusakan' kepada masyarakat.

"Yesterday we saw Facebook taken off the internet," she said. "I don't know why it went down, but I know that for more than five hours, Facebook wasn't used to deepen divides, destabilise democracies and make young girls and women feel bad about their bodies." -Frances Haugen

Di sisi lain pihak Mark Zuckerberg (CEO Facebook) membuat sebuah tulisan (balasan) kepada tuduhan - tuduhan tersebut dan menurut James Clayton (reporter) tulisan tersebut menunjukan bahwa Mark terkesan sedikit terkejut mendengar pembahasan di sidang tersebut.

Baca juga: Status Pengajuan Menjadi "Ditarik Kembali" - HAKI Citayam Fashion Week Ditolak?

Zuckerberg berargumen bahwa dokumen yang dibahas telah disalahartikan oleh Haugen dan media, dia menganggap bahwa mereka hanya memilih - milih data untuk kepentingan mereka saja.

Semoga berita mengenai ex-Karyawan Facebook yang menjadi wishtleblower ini bermanfaat. Jika anda ingin memberikan pendapat silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!