Data rahasia Twitch bocor ke publik - Pendapatan streamer dibongkar

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Crime
News
Security
Data rahasia Twitch bocor ke publik - Pendapatan streamer dibongkar

Data rahasia Twitch bocor ke publik - Pendapatan streamer dibongkar

Dilansir dari BBC News, platform streaming Twitch mengkonfirmasi bahwa telah terjadi kebocoran data rahasia perusahaan dan disana termasuk ada informasi pendapatan para streamer. Di dalam dokumen yang tersebar diketahui bahwa streamer top di platform tersebut bisa menghasilkan pendapatan sampai jutaan dolar dalam 2 tahun terakhir.

Pihak Twitch sendiri mengakui bahwa telah terjadi kebocoran data di perusahaannya dan sampai saat ini masih dalam status "working with urgency". Dalam berita lainnya, pihak Twitch berdalih bahwa kebocoran data ini diakibatkan oleh perubahan pada konfigurasi server (server configuration change) yang mengakibatkan beberapa data penting terekspos.

Dari sisi pengguna (streamer), seorang gamer yang biasa bermain Fortnite BBG Calc memberitahu pihak BBC bahwa jumlah pendapatan yang tersebar itu 100% akurat. Begitu juga dengan streamer lain, hampir semua mengatakan dengan nada yang sama bahwa informasi yang bocor tersebut sangat akurat, atau paling tidak sangat mendekati.

Baca juga: Ex-Karyawan: Facebook berbahaya bagi mental anak

Twitch sangat tertutup mengenai pendapatan para streamer

Di dalam dokumen yang tersebar itu diketahui pendapatan tersebut didapatkan dari Agustus 2019 sampai Oktober 2021. Jadi sepertinya wajar jika para streamer top bisa mendapatkan hingga jutaan dolar dalam kurun waktu 2 tahun tersebut.

Twitch dikenal sangat tertutup mengenai pendapatan para streamer, jadi kejadian ini seperti menampar langsung sikap kerahasiaan tersebut. Dengan begitu juga momen ini bisa dimanfaatkan oleh Youtube dan platform streaming lainnya untuk menyesuaikan pembayaran bagi para streamer di platform masing - masing agar bisa bersaing dengan Twitch.

Dalam statement nya di halaman Twitter, pihak Twitch mengatakan bahwa mereka akan secepatnya memberikan informasi kepada para pengguna begitu informasinya sudah lengkap. Semoga saja masalah ini bisa cepat diatasi ya, agar streamer dan para penontonnya juga lebih tenang.

Semoga tulisan mengenai data rahasia Twitch bocor ini bermanfaat. Jika ada pendapat silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga: Status Pengajuan Menjadi "Ditarik Kembali" - HAKI Citayam Fashion Week Ditolak?

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!