Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Adobe
Premiere Pro
Tutorial
Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)
Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)

Berikut ini adalah cara menambahkan animasi audio equalizer di Premiere Pro atau biasa disebut audio spectrum. Dengan cara ini kita bisa menampilkan animasi audio atau frekuensi suara yang sedang diputar dengan berbagai macam kombinasi. Apakah cara ini membutuhkan aplikasi tambahan seperti Adobe After Effect? 

Ada banyak sebutan untuk efek ini, yang sering saya dengan adalah audio visualizer, equalizer, waveform, audiowave, dll. Di aplikasi Adobe sendiri efek ini disebut "Audio Spectrum". Jadi apapun sebutannya, semuanya sama - sama memvisualkan suara menjadi animasi bergerak seperti sinyal radio, detak jantung, dan sejenisnya.

Sebelum lanjut ke detail pembahasan pasti teman - teman disini ada yang bertanya, apakah bisa membuat efek audio spektrum ini tanpa aplikasi tambahan (selain Premiere Pro)? Jawabannya bisa. Faktanya sudah ada beberapa orang yang membuat tutorial memunculkan animasi equalizer ini tanpa aplikasi tambahan seperti Adobe After Effect.

Namun sayangnya untuk cara - cara tanpa aplikasi tambahan tersebut memiliki banyak keterbatasan yang saya sangat butuhkan. Maka dari itu, disini saya akan menggunakan cara 'normal' yaitu menggunakan bantuan aplikasi Adobe After Effect.

Jadi jika kamu belum punya aplikasi AE (After Effect) maka tutorial ini tidak cocok karena kita akan menggunakan aplikasi AE untuk membuat efek equalizer nya.

Jika aplikasi After effect sudah terinstall kita lanjut ke langkah - langkah menambahkan animasi audio equalizer di Premiere Pro.

Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)

  1. Silahkan masukan video atau audio yang ingin diberi efek animas audio spektrum di timeline seperti biasa.
  2. Jika file berupa video, silahkan ikuti langkah dibawah ini. Jika file sudah berupa audio silahkan lewati langkah dibawah ini dan langsung ke langkah selanjutnya.
  3. Jika file yang akan diberi efek berupa video, kita perlu melakukan export video tersebut namun hanya audio nya saja. Silahkan Export (Ctrl+M) dan di bagian Export settings silahkan hilangkan ceklis pada pilihan Export video, jadi yang diceklis hanya pilihan Export Audio nya saja. Pada bagian "Format" silahkan ganti menjadi >Waveform Audio. Bila perlu, silahkan ganti "output name" agar mudah dicari. Terakhir silahkan klik tombol >Export.
  4. Silahkan buat >Adjustment layer dan disimpan di timeline, diatas video. Dengan durasi yang sama seperti video yang ingin di beri efek.
  5. Selanjutnya silahkan >klik kanan di adjustment layer kemudian pilih >Replace with After Effects Composition. Aplikasi After Effect akan otomatis terbuka, tunggu hingga aplikasi AE terbuka sempurna.
    Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)
  6. Jika aplikasi AE telah terbuka silahkan masukan file audio yang telah kita buat di langkah sebelumnya, simpan di bagian timeline (dibawah adjustment layer)
  7. Pilih/klik timeline adjustmen layer (agar aktif) kemudian hapus/delete.
  8. Selanjutnya silahkan klik tombol >Layer >New >Solid kemudian klik tombol >OK hingga layer black solid muncul di bagain timeline.
    Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)
  9. Klik/aktifkan layer black solid kemudian pada bagian effect silahkan cari/ketik "Audio Spectrum". Silahkan tarik (drag-drop) efek audio spectrum ke layer black solid atau ke tampilan utama hingga muncul pengaturan Effect control di bagian kiri layar.
  10. Pada bagian effect control silahkan pada bagian "Audio Layer" >Rubah dari Black Solid menjadi File audio yang ingin kita beri efek equalizer atau spektrum.
  11. Selanjutnya silahkan rubah detail frekuensi dan lain - lain sesuai keinginan. Jika anda bingung bisa gunakan data dibawah ini. (Biasa saya gunakan untuk audio orang yang sedang berbicara, bukan musik)
    • Start Frequency: 1000
    • End Frequency: 8400
    • Frequency bands: 100
    • Maximum Height: 10000
    • Audio Duration: 100
    • Sisanya dibiarkan dalam pengaturan default (untuk warna, silahkan ganti sesuai yang diinginkan)
  12. Silahkan putar/Play untuk melihat hasilnya. Jika sudah cocok desainnya kita bisa lanjut ke langkah berikutnya.
    Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)
  13. Silahkan buka kembali aplikasi Premiere Pro. Jika berhasil animasi/ilustrasi audio sudah muncul di layar utama. Silahkan atur posisi audio spectrum yang sudah dibuat sesuai kebutuhan.
    Cara Menambahkan Animasi Audio Equalizer di Premiere Pro (Audio Spectrum)
  14. Selesai. Anda telah berhasil membuat animasi atau ilustrasi audio dalam bentuk audio spectrum di Premiere Pro.

Selanjutnya, untuk merubah posisi dan ukuran bisa langsung dari Premiere Pro, namun jika ingin merubah warna dan format spektrum silahkan edit dari aplikasi Premiere Pro.

Sentuhan terakhir dengan Drop Shadow (tidak wajib)

Ini adalah pengaturan lanjutan agar audio spectrum yang telah dibuat terlihat lebih stand-out dan agar tetap terlihat walapun dengan backgroun yang sama warnanya dengan warna audio spectrumnya. Namun jika anda rasa dengan cara diatas saja sudah cukup maka tidak perlu lakukan pengaturan lanjutan ini.

  1. Pada bagian Effect (di Premiere Pro) silahkan cari efek "Drop Shadow" dan tambahkan ke layer audio spectrum.
  2. Pada bagain "Effect control" Drop Shadow silahkan atur Opacity menjadi 100% dan Softness menjadi 10.0. Pengaturan ini juga tidak wajib silahkan sesuaikan jika memang kurang cocok dengan tampilan video secara keseluruhan.

Sekali lagi, jika ada pengaturan efek yang kurang nyaman silahkan rubah dan sesuaikan dengan kebutuhan, yang penting saat ini anda sudah tahu bagaimana caranya menambahkan animasi audio di aplikasi adobe premiere pro.

Menggunakan aplikasi After Effect versi Trial

Harga aplikasi After Effect sebenarnya tidak terlalu mahal karena pembeliannya itu bersifat kontrak atau sewa. Namun ada alternatif lain jika anda memang tidak memiliki budget untuk membeli lisensi aplikasi buatan Adobe ini.  

Jika dirasa teman - teman tidak akan menggunakan aplikasi AE sering - sering, saya sarankan untuk menggunakan aplikasi AE versi trial atau versi percobaan saja. Dan setelah menggunakannya kalian bisa langsung uninstall lagi aplikasinya, jadi tidak perlu beli atau bayar lisensi karena kita hanya butuh sekali saja. 

Kita diberikan waktu selama 7 hari untuk menggunakan versi trial, jadi saya rasa cukup kalau memang anda gunakan untuk satu projek ini saja. Setelah itu anda bisa uninstall dan tidak perlu membayar apa - apa.

Semoga tulisan cara menambahkan animasi audio equalizer di premiere pro ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!