Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Windows
Cara Mudah Mengganti Tampilan CMD Command Prompt di PC
Cara Mudah Mengganti Tampilan CMD Command Prompt di PC
Berikut ini adalah cara sederhana mengganti tampilan CMD Command Prompt di komputer. Dengan cara ini anda dapat merubah warna background cmd, merubah jenis huruf dan warna font di jendela command prompt di laptop atau pc anda. 

Yuk buat tampilan jendela cmd mu lebih menarik dan berbeda dari orang lain. Meskipun gak jago - jago amat pake command prompt, tetapi untuk tampilan harus maksimal ya, setidaknya buat teman mu yang lain merasa kesal karena tampilan cmd mereka biasa - biasa aja. hehe

Jangan khawatir, perubahan ini tidak akan berpengaruh ke sistem atau pengaturan lainnya di komputer anda. Murni hanya merubah tampilan jendela cmd saja, semua kode atau perintah tetap bisa dilakukan seperti sebelumnya.

Cara Sederhana Mengganti Tampilan CMD  Command Prompt

  1. Silahkan buka jendela cmd seperti biasa (Windows+R >ketik "CMD" >Enter)
  2. Lalu >klik kanan pada bagian 'header' atau bagian atas jendela command prompt. Hingga muncul menu pilihan
  3. Kemudian pilih >Properties
    Cara Mudah Mengganti Tampilan CMD Command Prompt di PC
  4. Pada jendela Properties anda akan melihat tab menu seperti Options, Font, Layout, Colors, dan Terminal. Saat ini kita akan fokus dulu di menu Font dan Colors, selanjutnya jika anda sudah mengerti bisa eksplorasi tab menu lainnya.
  5. Silahkan buka menu Font. Pada kolom pertama (Size) anda bisa merubah ukuran huruf yang ditampilkan di halaman cmd, silahkan sesuaikan sesuai keinginan anda (jika ingin dirubah). dan pada kolom kedua (Font) anda dapat merubah jenis huruf dengan beberapa font yang tersedia didalam daftar drop-down tersebut.
  6. Jika sudah selesai memilih silahkan klik tombol >OK. Atau jika ingin sekalian mengganti pengaturan di tab lain, jangan dulu klik tombol OK, lanjut dulu saja ke pengaturan di tab lain.
  7. Selanjutnya silahkan buka tab menu Colors. Silahkan klik atau aktifkan pilihan di >Screen Text kemudian silahkan pilih warna yang ingin digunakan untuk tulisan /text di cmd. Kemudian silahkan klik atau aktifkan pilihan >Screen Background lalu pilih warna yang diinginkan untuk merubah tampilan background di jendela command prompt anda. Hal  Silahkan lakukan hal yang sama pada pengaturan >Popup Text dan >Popup Background.
  8. Pada kolom terakhir di pengaturan Colors anda bisa mengatur >Opacity atau transparansi dari jendela CMD atau command Prompt di komputer anda. Silahkan kurangi Opacity untuk merubah jendela cmd anda menjadi lebih transparan.
  9. Jika sudah selesai merubah - rubah pengaturan tampilan cmd, jangan lupan untuk menekan tombol >OK.
    Cara Mudah Mengganti Tampilan CMD Command Prompt di PC
  10. Selesai. Tampilan cmd akan langsung berubah tampilan sesuai pengaturan yang anda inginkan.

Jika tampilan cmd masih belum berubah setelah anda melakukan perubahan, silahkan tutup (close) jendela cmd yang masih terbuka, kemudian buka jendela cmd yang baru. Seharusnya semua perubahan telah diterapkan di jendela command prompt cmd terbaru atau yang sudah di restart.

Baca juga: Cara blok aplikasi agar tidak terhubung ke internet di PC Windows

Kembali ke tampilan awal (default)

Untuk melihat pengaturan default dari tampilan CMD atau command prompt di komputer anda. Anda hanya perlu membukanya melalui >klik kanan pada bagian header cmd kemudian pilih >Defaults

Pada halaman defaults ini anda akan melihat semua pengaturan awal atau pengaturan default dari tampilan cmd di komputer anda. Namun anda tetap harus merubahnya melalui bagian properties.

Jaga - jaga anda bosan dan ingin kembali ke tampilan klasik, silahkan ingat - ingat atau catat semua pengaturan awal atau default yang ada di halaman defaults ini. Kemudian rubah dari halaman Properties seperti cara diatas.

Semoga tulisan mengenai cara mengganti tampilan CMD command prompt ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!