Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows

Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
Berikut ini adalah cara mengatasi VGA error tidak bisa Install driver di Windows. Masalah pada graphic card atau VGA yang tidak dapat melakukan install driver atau tidak terdeteksi di komputer ini bisa diatasi dengan cara mudah dibawah ini.

Sudah install driver tetapi fitur dan fungsi dari VGA error yang tidak dapat diakses di komputer. Walaupun VGA terpasang dan gambar muncul di monitor tetapi kualitas dan resolusi layar masih rendah dan tidak dapat dinaikan lagi. Fix komputer anda mempunyai masalah pada drivernya.

Masalah ini biasanya dialami oleh VGA atau graphic card model lama yang kemungkinan sudah tidak dapat lagi menerima update software atau driver terbaru yang biasanya otomatis dilakukan. Masalah ini juga kami alami pada komputer yang menggunakan VGA Nvidia model lama (seri 500 kebawah).

Baca juga: Cara Nonaktifkan Antivirus di Windows 10


Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows

Sebelum ke langkah - langkah untuk mengatasi VGA error tidak bisa detect driver, pastikan kondisi fisik VGA anda baik - baik saja. Pastikan tidak ada goresan atau pin yang bengkok, atau cacat - cacat fisik lainnya.

Jika anda sudah yakin tidak ada masalah pada kondisi fisik VGA yang anda miliki, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini. 


  1. Buka jendela folder Explorer (Windows +E)
  2. Silahkan >Klik kanan pada bagian This PC sampai muncul menu popup kemudian pilih >Manage. Jendela Computer Management akan muncul
    Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  3. Pada jendela Computer Management silahkan buka bagian >Device Manager hingga muncul daftar device di bagian tengah
  4. Silahkan >Double click pada bagian Display Adapter hingga muncul sub menu
  5. Pada pilihan driver VGA external (pada contoh ini saya menggunakan VGA dari NVIDIA) silahkan klik kanan kemudian pilih >Uninstall Device
    Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  6. Tunggu beberapa menit sampai driver benar - benar terhapus (dalam beberapa kasus komputer bisa menjadi error, tidak masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya) 
  7. Silahkan Restart komputer
  8. Buka lagi bagian >Device Manager seperti diatas
  9. Pada bagian VGA external silahkan >klik kanan kemudian pilih menu >Update Driver
    Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  10. Kemudian silahkan klik tulisan >Browse my computer for driver software
  11. Kemudian klik tulisan >Let me pick from a list of available drivers on my computer. Sistem akan menunjukan beberapa driver yang tersedia untuk dipilih dan diinstall.
  12. Silahkan pilih driver eksternal sesuai type VGA anda dan versi yang tersedia. Kami sarankan untuk memilih versi yang lebih lama agar benar - benar support.
  13. Kemudian klik tombol >Next untuk menginstall versi driver yang dipilih.
    Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
  14. Lanjutkan proses install sampai selesai.
  15. Sistem akan meminta anda untuk melakukan restart komputer, silahkan lakukan restart komputer. Selesai.

Segera lakukan diagnosa

Setelah melakukan restart biasanya sistem akan langsung mendeteksi VGA error yang sudah terpasang dan tampilan kembali normal. Untuk memastikannya silahkan lihat pada pengaturan resolusi dan juga pada bagian diagnosis dengan menekan Windows +R kemudian ketik "dxdiag" dan klik >Enter.

Silahkan periksa pada tab Display, jika berhasil maka merek dan type VGA yang anda gunakan akan muncul. Di halaman tersebut juga akan memuat kapasitas memory yang tersedia berikut model dan versi driver yang digunakan. 

Semoga tulisan mengenai cara mengatasi VGA error tidak bisa detect driver di Windows ini bermanfaat. Jika anda mengalami masalah silahkan simpan pertanyaan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


COMMENTS

BLOGGER: 10
  1. Bang saya install driver r7 240 merrek effok, tapi gambar tidak jernih, apakah itu karena vganya? Saya installnya driver terbaru dari web AMD, kemudia beberapa pekan berikutnya pengaturan contras di driver gak bisa diatur, padahal sebelumnya bisa.. apakah permasalahan terdapat di driver yg sy Install apa ada hubungannya dengan os wnds 10nya mas?.. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya harus re-install driver nya. Bisa karena update windows atau yang lainnya. Coba saja di uninstall dulu drivernya, terus install lagi. Harusnya sih bisa ya

      Delete
  2. Mau tanya ni bro, kan aku ada kendala itu tiba" Layar ku ada garis putih seperti dead pixel nah itu awalny aku diemin tapi lama" Waktu aku pakai buat game performanya menurun seolah" Nggak pakai gtx 1050 (karena ada 2 vga yaitu intel uhd 630 dan 1050) dan akhirnya aku update driver, dan udah keupdate tipe yang terbaru, nah tapi sekarang malah brightnessnya nggak mau di naik atau turunin (seperti gejala tidak ada driver) nah padahal di device manager itu ada dan tanggalnya terbaru tapi waktu aku update auto itu dia mendownload dan bertuliskan terinstal tapi waktu aku restart pun dia tetep nggak bisa nurunin brightness dan waktu aku update driver via device manager dia ngulang kaya awal tadidan udah tak coba update manual via web pun dia sama waktu setelah restart wizard atau installernya tadi muncul seperti seolah" Gagal instal walaupun di device manager sudah terinstal, tolong bantuannya gan udah beberapa hari bingung ini udah aku reset pula tapi tetep seperti ini
    Laptop saya msi gl63 8rc 426

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih dead pixel sama vga gak ada hubungannya. Kalau masalah driver yang terus2an error kyknya windows nya ada masalah. Kalau bisa sih mending install ulang windows nya saja, kalau masih gak bisa berarti VGA nya masalah

      Delete
  3. Gan saya kan sebelumnya pake windows 8.1 semua normal saja cuma karna lemot jadi saya ganti ke windows 10 pro , tp kenapa VGA saya tidak terdeteksi iya ?? Saya udh bongkar dan juga bersihkan tp tetep tidak terdeteksi , mohon solusinya 🙏🙏 saya pake VGA type DDR3 4gbx2 ddr3-1600 c11 1.6v (avd3u16001104g-2cir)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba nyalain dulu tanpa VGA gan, coloknya ke VGA onboard dulu. Terus coba lagi pasang VGA eksternalnya.

      Delete
  4. Vga gt730 driver terpasang tapi error , sama resolusi gabisa disesuaikan
    Apakah indikasi kalo vga rusak gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sebelumnya normal sih bisa jadi karena error di koneksi aja. Coba bersihkan dulu bagian kuningannya terus coba pasang lagi.

      Delete
  5. gan mau tanya saya baru beli vga GT710 di official store, trus pas saya pasang tidak terdeteksi vganya, saya udah coba reset bios tetap sama, ada sarannya ga?
    Problem kemaren vga saya rusak karena overheat dan udah lama juga

    Mobo saya Harrison2 H61
    Windows10

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gitu sih enaknya coba dulu di komputer lain, jadi ketauan apakah VGA nya yang rusak tau mobonya yang bermasalah. Kalau ada sih numpang testing dulu VGA barunya nya di PC tetangga atau teman, biar ketauan yang mana yang rusak.

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,25,Design,6,Facebook,24,Finance,42,Formula 1,4,Games,34,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,244,OPPO,1,Peraturan,6,PlayStation,3,Productivity,31,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,252,Toko Online,43,Tutorial,280,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
Mengatasi VGA Error Tidak Bisa Detect Driver di Windows
Sudah install driver tetapi fitur dan fungsi dari VGA error yang tidak dapat diakses di komputer. Walaupun VGA terpasang dan gambar muncul di monitor tetapi kualitas dan resolusi layar masih rendah dan tidak dapat dinaikan lagi.
https://1.bp.blogspot.com/-I3UHNYWZOUE/Xhyzc_syQWI/AAAAAAAAHws/jQZSRvHe0fguWz5r7bJ8Mczl8_UUgAQ0QCLcBGAsYHQ/s640/Mengatasi%2BError%2BVGA%2BTidak%2BBisa%2BDetect%2BDriver%2Bdi%2BWindows%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I3UHNYWZOUE/Xhyzc_syQWI/AAAAAAAAHws/jQZSRvHe0fguWz5r7bJ8Mczl8_UUgAQ0QCLcBGAsYHQ/s72-c/Mengatasi%2BError%2BVGA%2BTidak%2BBisa%2BDetect%2BDriver%2Bdi%2BWindows%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/01/mengatasi-vga-error-tidak-bisa-detect-windows.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/01/mengatasi-vga-error-tidak-bisa-detect-windows.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content