Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes

Pada pembukaan acara Apple WWDC 2020 Keynotes, Tim Cook sebagai CEO Apple mengangkat beberapa isu dunia seperti kasus rasisme dan tentunya kiris kesehatan yang tengah terjadi saat ini

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 | apple.com
Berikut ini adalah beberapa info menarik yang kami pilihkan untuk anda dari acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes. Acara ini diadakan pada tanggal 22 Juni 2020 waktu setempat dan diadakan secara online.

Ingat ya nama acara yang diselenggarakan oleh Apple ini berjudul Worldwide Developers Conference, yang memang khusus membahas produk dari sisi pengembang seperti pembaruan fitur dan software. Jadi, jangan harap anda melihat gadget atau produk baru dari Apple pada acara ini ya...

Tanpa penonton

Apple WWDC atau Worldwide Developers Conference tahun 2020 ini memang berbeda ya dari tahun – tahun sebelumnya. Acara WWDC sebelumnya selalu dihadiri oleh developers atau pengembang dari seluruh dunia, namun tahun ini berbeda.

Seperti perusahaan lainnya, ditengah suasana pandemic seperti ini, Apple tetap mengadakan acara tahunan namun kali ini tanpa audience. Walaupun di Youtube berstatus LIVE event, faktanya acara tersebut sudah melalui proses editing dan direkam sebelumnya atau pre-recorded.

Baca juga: Cara Agar File Microsoft Word bisa dibuka di Mac OS Apple

Isu - isu dunia

Pada pembukaan acara Apple WWDC 2020 Keynotes, Tim Cook sebagai CEO Apple mengangkat beberapa isu dunia seperti kasus rasisme terhadap orang kulit hitam di Amerika dan tentunya kiris kesehatan yang diakibatkan oleh virus COVID-19 yang juga dialami oleh hampir seluruh penduduk dunia.

Selain itu Apple juga memperlihatkan komitkennya dalam mendukung gerakan "Black Lives Matters". Apple mengumumkan bahwa mereka telah menyiapkan uang sebesar USD 100.000.000 (100 juta dollar) untuk mendukung gerakan kesetaraan dalam ketidak adilan sosial seperti pada kasus George Floyd yang telah ramai dibicarakan.

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes 


iOS 14 App Library & Widget

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Tampilan widget yang dapat diatur sesuai keinginan
Informasi pertama datang dari software iPhone terbaru, yaitu iOS 14. Dengan update terbaru ini beberapa pembaruan pun diperkenalkan. Pembaruan yang menjadi highlight di iOS 14 ini adalah sistem tampilan dan pengelompokan icon yang ada dihalaman utama iPhone.

Untuk sistem pengelompokan icon di halaman utama, Apple menyebutnya sebagai AppLibrary
Dimana system membuat satu buah halaman di home screen dan mengelompokan semua aplikasi yang telah diinstall ke beberapa kategori agar memudahkan anda menemukan aplikasi yang ingin digunakan.

Beberapa pengelompokan yang ditampilkan pada demo adalah “Suggestions, Recently Added, Arcade, Social, dll..

Selain itu pada tampilan dan peletakan widget juga sudah dapat dirubah sesuai keinginan,
Seperti di software Android, sekarang tampilan widget di iPhone juga dapat dirubah sesuai keinginan, mulai dari posisi, ukuran dan pengaturan lainnya.

iOS 14 Picture in Picture

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Video tetap berjalan saat membuka aplikasi lain
Saat anda menonton video atau saat sedang menggunakan videoCall di iPhone lalu menekan tombol Home, video yang sedang diputar akan otomatis menjadi jendela kecil dilayar dan video tetap berjalan dengan mode ‘floating’ atau mengambang.

Dengan begitu anda tetap tetap dapat menonton video sambil membuka aplikasi lain.
Bagi anda pengguna android mungkin fitur ini sudah tidak aneh ya, tetapi bagi anda pengguna iPhone pastinya fitur baru ini akan menambah kecintaan anda terhadap produk dari Apple ini.

iPad OS New Design & Scribble

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Tampilan sidebar baru dan fitur drop-down menu
Pada iPAD OS Apple memperkenalkan fitur sidebar baru. Pada fitur Sidebar ini anda akan menemukan beberapa menu utama yang biasa digunakan saat anda mencari file seperti foto atau video. Bagi anda pengguna computer atau laptop pastinya tidak asing dengan fitur ini.

Apple juga telah memperbaharui fitur search bar yang mereka miliki, dengan tampilan yang lebih ramping, anda dapat menggunakan fitur ini kapan saja. Jika anda memasukan alamat website pada kolom search bar maka system akan otomatis membuka aplikasi Safari dan membuka alamat website yang ingin dituju.

Di iPad OS Apple juga memperkenalkan fitur Scribble, dimana anda dapat menggunakan Apple pencil untuk mengetik. Yup! Setiap tulisan yang anda buat menggunakan apple pencil, dapat otomatis dirubah menjadi text dengan fitur scribble ini.

Airpods Seamless Changes & Spatial Audio

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Airpods otomatis berpindah koneksi ke gadget yang dipakai
Airpod juga tidak ketinggalan dari pembaruan. Airpods yang sedang digunakan kini dapat berpindah gadget secara otomatis. Jadi jika anda berpindah dari iPhone ke iPad, maka Airpods juga akan otomatis berpindah mendengarkan suara yang dikeluarkan dari iPad, bukan lagi dari iPhone.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan fitur spatial audio pada airPod. Fitur ini dapat memberikan sensasi suara yang datang dari berbagai posisi, tidak hanya untuk bermain game, dengan fitur ini anda juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi saat mendengarkan music ataupun menonton film.

Apple Watch Sleep Tracking

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Fitur laporan kualitas tidur
Apple Watch juga mendapatkan update fitur baru. Salah satu fitur baru yang diperkenalkan adalah Sleep Tracking. Dengan fitur ini anda dapat memonitor kualitas tidur anda saat menggunakan Apple watch ini.

Saat terbangun anda juga akan mendapatkan informasi tentang bagaimana kualitas tidur anda pada malam tersebut. Dengan begitu kondisi kesehatan anda dapat terjaga dan juga dapat ditingkatkan dengan memperbaiki kualitas tidur.

MacOS New Sidebar Design & Control Center

Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Tampilan sidebar baru di MacOS 
Pada MacOS terdapat beberapa perubahan, salah satunya yaitu dari desain sidebar yang baru.
Desain sidebar ini juga diterapkan di semua aplikasi yang ada di MacOS, seperti di Mail, Photos, Calendar, Notes, Music, dan aplikasi lainnya.

Selain desain side bar, Apple juga merubah desain menu utama yang ada di Mac OS. Desain menu yang baru dibuat lebih transparan dari sebelumnya.

Selain itu, Mac OS juga mendapatkan fitur Control Center. Fitur ini memungkinkan anda merubah pengaturan langsung dari halaman utama tanpa perlu membuka – buka lagi halaman pengaturan.

Dan masih banyak lagi fitur – fitur baru yang diperkenalkan oleh Apple pada acara WWDC tahun ini.
Untuk pembahasan lengkapnya silahkan lihat video acara Apple WWDC 2020 di link dibawah ini.

Apple Event WWDC 2020 Special Event Keynotes

Semoga informasi mengenai rangkuman acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes ini bermanfaat. Bagaimana menurut anda? Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,31,Apps,14,ASUS,16,Automotive,13,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,10,Crime,22,Design,5,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,25,Google,23,HTML,5,Instagram,17,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,234,OPPO,1,Peraturan,3,PlayStation,3,Productivity,28,Review,52,Robot,1,Samsung,21,Security,42,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,Tips 'n Trick,232,Toko Online,38,Tutorial,259,Virtual Reality,1,WhatsApp,27,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,13,
ltr
item
Rindi Tech: Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Rangkuman Acara Apple WWDC 2020 Special Event Keynotes
Pada pembukaan acara Apple WWDC 2020 Keynotes, Tim Cook sebagai CEO Apple mengangkat beberapa isu dunia seperti kasus rasisme dan tentunya kiris kesehatan yang tengah terjadi saat ini
https://1.bp.blogspot.com/-L6U6nlNP-fA/XvOADwX0-mI/AAAAAAAAImM/fDpKCXIIK9YMLAEWOiYNLXKdiUTRrkUBQCLcBGAsYHQ/s640/Rangkuman%2BAcara%2BApple%2BWWDC%2B2020%2BSpecial%2BEvent%2BKeynotes%2B%252814%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-L6U6nlNP-fA/XvOADwX0-mI/AAAAAAAAImM/fDpKCXIIK9YMLAEWOiYNLXKdiUTRrkUBQCLcBGAsYHQ/s72-c/Rangkuman%2BAcara%2BApple%2BWWDC%2B2020%2BSpecial%2BEvent%2BKeynotes%2B%252814%2529.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/06/rangkuman-acara-apple-wwdc-2020-special-event-keynotes.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/06/rangkuman-acara-apple-wwdc-2020-special-event-keynotes.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content